Category: Uncategorized

Butuh Resep Aneka Masakan Ayam? Resep Bakso Ayam Ini Wajib Kamu Coba

Tidak berlebihan kalau ada yang bilang ayam itu makanan favorit semua orang. Sebab, daging ayam bisa diolah menjadi berbagai masakan. Salah satunya adalah bakso ayam. Apalagi, cara membuat bakso ayam itu tidak terlalu sulit. Kamu tertarik membuat bakso ayam? Langsung saja, simak ulasan ini, ya!

Pertama, kita siapkan bahan-bahan membuat bakso ayam terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

  • 300 gram dada ayam giling yang masih benar-benar dingin, tetapi tidak beku
  • 4 kotak kecil es batu, hancurkan
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 1 butir telur, ambil putihnya saja
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • Kecap asin secukupnya

Selain bahan di atas, ada juga bahan-bahan untuk bumbu (dihaluskan):

  • 3 siung bawang merah, goreng utuh
  • 2 siung bawang putih, goreng utuh

Setelah semua bahannya siap, kita mulai proses membuat bakso ayam, ya. Langkah pertama, masukkan satu per satu seluruh bahan, kecuali kecap asin, ke dalam mangkuk yang cukup besar. Lalu, aduk hingga adonan tercampur rata.

Setelah rata, adonan harus dibanting-banting. Caranya, basahi tangan kamu dengan air, ambil seluruh adonan dengan tangan yang masih basah, kemudian banting adonan ke dalam mangkuk. Lakukan hal ini sebanyak 10 kali.

Selanjutnya, cicipi adonan bakso. Bila rasanya kurang pas, tambahkan bumbu sesuai selera. Bila rasanya sudah pas, kita lanjut ke langkah berikitnya, yaitu merebus adonan bakso. Caranya, siapkan air yang cukup banyak di dalam panci. Masak air hingga mendidih. Lalu, ambil sedikit adonan dan masukkan dalam air yang mendidih. Rebus adonan hingga mengapung. Jangan lupa, cicipi rasanya. Lagi-lagi, kamu bisa menambahkan kecap asin bila kurang asin, atau bumbu lainnya sesuai selera. Selanjutnya, aduk rata kembali. Setelah direbus, kini adonan bakso siap untuk dicetak.

Namun, sebelum itu, matikan api yang dipakai untuk merebus air terlebih dahulu, ya. Sebab, adonan bakso yang telah dicetak nantinya akan dimasukkan ke dalam air panas (tanpa api) terlebih dahulu, baru setelah itu direbus.

Kembali ke proses mencetak adonan bakso, ambil adonan secukupnya menggunakan tangan kiri yang telah dibasahi. Lalu, kepalkan tangan hingga adonan keluar dari atas kepalan. Setelah itu, ambil adonan menggunakan sendok basah. Kemudian, masukkan perlahan ke dalam air panas.

Setelah adonan habis atau panci sudah cukup penuh, masak adonan menggunakan api kecil. Pada awal merebus, ingat untuk selalu aduk perlahan bagian bawah bakso agar bakso yang menempel pada panci dapat terlepas. Rebus bakso hingga mengembang dan air rebusan mulai mendidih, tetapi tidak sampai bergolak-golak, ya.

Setelah mengembang, angkat bakso yang telah matang lalu masukkan dalam air es. Setelah bakso dingin, tiriskan airnya. Nah, kini bakso ayam pun siap disajikan bersama pelengkapnya atau dimasak menjadi hidangan lain. Mudah, kan?

Bila kamu berniat menyimpan bakso ayam ini dalam waktu yang cukup lama, masukkan dalam wadah tertutup lalu simpan di dalam freezer, ya.

Untuk kamu yang berniat mempraktikkan resep ini, ada sedikit tips, nih. Padasaat membuat adonan bakso, daging ayam giling harus dalam keadaan dingin, ya. Bila daging ayam yang kamu gunakan telah dibekukan, kamu bisa melunakkannya terlebih dahulu di dalam chiller. Namun, ingat untuk mulai membuat adonan bakso pada saat daging ayam tersebut belum lunak sepenuhnya. Jadi, masih ada sedikit bagian daging yang masih beku atau dengan kata lain suhu daging ayam masih dingin.

Soal banting-membanting, adonan bakso ayam harus dibanting sebelum dibentuk dengan tujuan agar hasil baksonya lebih kenyal. Jadi, bila kamu ingin hasil bakso buatanmu kenyal, jangan lewatkan tahapan ini, ya.

Nah, itulah resep bakso ayam yang bisa kamu coba. Baca juga https://review.bukalapak.com/food/cara-membuat-bakso-ayam-berikut-ini-dijamin-antirepot-dan-rasanya-pasti-enak-14388 untuk tahu aneka masakan ayam lainnya, ya.

Selamat mencoba!

Sumber gambar: kukukaki

Mengenal Bolu Gulung, Mulai dari Sejarah Hingga Resepnya

Saat ini, berbagai jenis kue, mulai dari kue tradisional khas Nusantara hingga kue modern, bisa dengan mudah ditemui di pasaran. Salah satu kue tradisional yang masih digemari hingga saat ini adalah kue lapis. Kalau kamu penasaran dengan cara membuat kue lapis, kamu bisa temukan resepnya dengan mengklik tautan ini: https://review.bukalapak.com/food/perlu-trik-ini-untuk-bisa-bikin-resep-kue-lapis-yang-cantik-27610.

Nah, jika jenis kue tradisional punya kue lapis sebagai primadona, jenis kue modern punya bolu gulung. Makanan berbahan dasar tepung terigu ini dikenal juga dengan nama swiss roll. Jangan salah, meski dalam namanya terkandung kata Swiss, bolu yang berasal dari Inggris dan mulai dikenal pada abad ke-19 ini sama sekali tak ada hubungannya dengan Kota Swiss.

Di Amerika, bolu ini dikenal pula dengan nama jelly roll. Berdasarkan catatan sejarahnya, bolu gulung menyebar ke dataran Eropa karena pengaruh para penjelajah. Saat ini, tentu, bolu ini tidak lagi hanya menyebar di Eropa. Di Indonesia, kamu pun bisa menemukan bolu ini di pasaran.

Dari hari ke hari, kreasi bolu gulung yang disesuaikan dengan cita rasa Indonesia pun terus bermunculan. Well, tak puas hanya mencoba mencicipinya, kamu pun mungkin ingin mencoba membuat jenis bolu yang satu ini. Tak perlu takut gagal, membuat bolu ini tak sesulit yang dibayangkan, kok. Buat kamu yang penasaran, yuk cek resep dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan Bolu
Untuk membuat sebuah gulungan bolu gulung, siapkan 7 butir kuning telur, 2 butir putih telur, 50 gram gula pasir, 40 gram tepung terigu, ½ sendok teh baking powder atau soda kue, 50 gram margarin yang telah dicairkan, 1 sendok makan susu kental manis, 1 sendok makan rhum, dan 1 sendok makan madu.

Bahan Buttercream
Selain bolu, di dalam bolu gulung juga ada krim yang turut menjadi kunci kenikmatan jenis makanan ringan yang satu ini. Untuk membuat krim tersebut, siapkan 100 gram margarin, 100 gram gula halus, dan ½ butir kuning telur. Setelah semua bahan siap, kocok bahan-bahan tersebut hingga mengembang dan berwarna putih menyerupai krim. Masukkan sedikit essence moka, cokelat, atau bubuk teh hijau. Essence yang dimasukkan ke dalam krim ini bisa kamu pilih sesuai selera.

Cara Membuat
Pertama, pecahkan telur, lalu pisahkan kuning telur dari putihnya. Kocok telur dan gula pasir yang telah disiapkan menggunakan mixer hingga keduanya tercampur rata dan mengembang. Masukkan rhum, susu, dan madu, kemudian aduk sampai rata. Selanjutnya, masukkan tepung terigu yang telah dicampur dengan soda kue.

Aduk campuran tersebut menggunakan spatula atau sendok ukuran besar.Jika sudah, masukkan margarin cair, kemudian aduk sebentar. Tuangkan adonan ke dalam loyang dangkal. Jangan lupa olesi loyang dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu sebelum digunakan. Panggang adonan di dalam oven dalam panas 220 derajat Celcius selama kurang lebih 10 menit. Usahakan bolu tidak sampai terlalu kering saat dipanggang. Sebab, bolu yang terlalu kering akan mudah patah saat digulung.

Jika sudah, angkat bolu dari oven dan keluarkan dari loyang. Letakkan di atas alas kertas roti. Olesi bolu dengan selai atau butter cream yang telah disiapkan. Sebelum mengolesinya, pastikan bolu sudah agak dingin agar krim yang dioleskan tidak meleleh. Terakhir, gulung bolu perlahan-lahan supaya tidak sampai patah. Iris bolu gulung dengan ukuran sesuai selera. Bagaimana? Sudah siap membuat bolu gulung kreasimu?

Sumber gambar: Resep Hari Ini

5 Makanan Dari Aci yang Bikin Ketagihan

Sebagian orang mungkin sudah familiar dengan kata aci. Aci merupakan endapan sari pati yang berasal dari umbi akar ketela pohon, yaitu singkong. Dari sebuah singkong, diekstrak hingga diperoleh patinya dalam bentuk tepung/bubuk. Aci banyak dimanfaatkan dalam membuat makanan tradisional, khususnya oleh masyarakat Sunda. Beberapa makanan yang terbuat dari aci yang cukup terkenal adalah cireng, cilor, dan cimol. Buat kamu yang masih asing dengan kata aci, berikut rangkuman beberapa makanan dari aci yang pasti bikin kamu ketagihan.

  • Cireng

Nama cireng merupakan singkatan dari: aci digoreng. Cara membuat cireng sangat mudah. Cukup campurkan aci, daun bawang yang telah diiris, bumbu penyedap rasa seperti garam dan bawang putih dalam air hangat. Setelah itu, tinggal dibentuk sesuai keinginan. Diamkan adonan cireng yang telah dibentuk di dalam kulkas selama sekitar 15 menit. Kemudian, goreng adonan tersebut dalam minyak panas. Taraa… cireng siap disantap.

Kini, cireng tidak hanya disajikan di rumah tapi sudah menjadi salah satu komoditi dalam bisnis kuliner. Maka dari itu, saat ini cireng hadir dengan beragam variasi. Tidak bahan dasar seperti yang disebutkan di atas, namun diisi dengan berbagai bahan mulai dari sosis, daging ayam, bahkan ada juga yang diisi dengan keju loh. Selain itu, ada juga varian cireng yang masuk kategori frozen food, yakni cireng rujak. Jadi, cireng yang telah digoreng dimakan dengan tambahan bumbu rujak. Rasa gurih-gurih pedas bikin siapa pun ketagihan.

cilok rujak
  • Cilok

Diambil dari singkatan aci dicolok, jadilah cilok! Bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilok tidak jauh berbeda dengan bahan untuk membuat cireng. Perbedaan terletak pada proses pembuatan dan bentuknya. Umumnya, cilok berbentuk bulat. Dan cara membuatnya tidak digoreng, tapi direbus.

Bulatan adonan yang telah dibentuk dimasukkan ke dalam air yang mendidih. Jika ingin rasa cilokmu semakin kuat, kamu bisa menggunakan air rebusan kaldu. Tunggu beberapa menit sampai cilok mengambang di permukaan dan kemudian tiriskan. Cilok biasanya disantap dengan cocolan bumbu kacang.

  • Cimol

Cimol merupakan singkatan aci digemol. Bentuknya bulat seperti cilok, tapi ukuran cimol umumnya lebih kecil daripada cilok. Untuk membuat cimol, tambahkan campuran tepung terigu ke dalam adonan. Selanjutnya, adonan cimol yang telah dibentuk bulat akan melalui tahap penggorengan. Namun, jangan langsung nyalakan api. Biarkan cimol terendam di dalam minyak goreng, baru kemudian nyalakan kompor. Tujuannya untuk menghindari timbulnya letupan. Bubuhkan bubuk perasa seperti keju atau barbeque di atas cimol yang telah digoreng tersebut.

  •  Cilor

Nama cilor merupakan singkatan dari aci telor. Berbeda dengan cimol dan cilok, adonan cilor awalnya dibentuk bulat memanjang. Adonan tersebut kemudian direbus hingga matang. Namun, tahapan pembuatan cilor belum selesai di situ. Selanjutnya, adonan aci yang telah direbus kemudian dipotong dadu kecil-kecil, lalu dicampurkan dengan telor. Biasanya, cilor digoreng dalam wajan dengan beberapa bentuk bulatan kecil. Panaskan wajan, lalu tuang campuran tersebut.

Resep lengkap cilor beserta step to step pembuatannya bisa kamu lihat di sini ya >> https://review.bukalapak.com/food/resep-cilor-jajanan-sedap-yang-bisa-dibuat-dalam-setengah-jam-41341

proses menggoreng cilor dalam wajan dengan bulatan-bulatan kecil
  • Batagor

Bakso tahu goreng, disingkat menjadi batagor. Lalu di mana acinya? Hehe.. Namanya memang tidak mengandung kata aci. Kamu tentu pernah melihat tahu yang memiliki isian lengket saat berada di tukang batagor, bukan? Nah, isian tersebut berbahan campuran aci dengan tepung terigu, telur dan bumbu-bumbu. Untuk menambah cita rasa, kamu bisa tambahkan hancuran ikan tenggiri ke dalam adonan. Kemudian masukkan adonan ke dalam tahu. Goreng hingga berwarna kecokelatan dan jadilah bakso tahu goreng.

Aneka Olahan Tahu yang Dijamin Siap Membuat Lidah Bergoyang, Cobain Yuk!

Wah, bukan orang Indonesia namanya kalau enggak kenal dengan si makanan serba bisa bernama tahu. Tahu memang siap disantap dengan cara apa saja, mulai dari disantap langsung setelah digoreng hingga dibuat aneka olahan tahu, misalnya tahu gejrot yang sedang populer belakangan ini. Tak heran, resep tahu gejrot pun seolah sudah menjadi rahasia umum. Well, kalau mau tahu lebih lanjut soal resep tahu gejrot, klik laman ini: https://review.bukalapak.com/food/dalam-waktu-kilat-resep-tahu-gejrot-ini-sudah-bisa-disantap-27772.

Namun, kalau sudah mulai bosan dengan olahan tahu yang hanya itu-itu saja, ini saatnya kamu mencoba aneka olahan tahu baru. Butuh referensi alias inspirasi? Yuk, coba simak aneka olahan tahu berikut ini.

#1 Tahu bakso: meski sederhana, enaknya tetap juara
Tahu bakso memang sudah bukan lagi pendatang baru. Meski sederhana dan sudah dikenal sejak lama, tahu bakso tetap memiliki tempat di hati penggemarnya. Tahu isi bakso pun masih bisa dengan mudah kamu temui di pasaran. Jika ingin mencoba membuatnya sendiri, kamu pun cukup menyiapkan tahu goreng—kamu juga bisa menggantinya dengan tahu pong atau tahu sumedang. Siapkan pula bumbu-bumbu dan isian tahu. Karena dimasak dengan cara direbus, tahu ini bebas dari minyak berlemak.

#2 Bukan hanya dari daging, steak juga bisa kok dibuat dari tahu
Yup! Siapa sih yang tak suka makan daging yang kaya protein dan punya tekstur empuk itu? Sayangnya, harga daging terkadang tak bersahabat dengan kantong. Daripada menguras kantong habis-habisan demi makan daging, coba deh berkreasi sendiri membuat tahu menjadi makanan mewah layaknya steakdaging. Jangan salah, tahu juga bisa lho diolah menjadi steak.

Caranya, siapkan tahu, jinten, lada, cabai bubuk, bawang putih, garam, minyak, kecap hoisin dan kecap asin, selederi, serta daun bawang. Ulek jinten, lalu campur dengan bumbu yang telah disiapkan. Selanjutnya, oleskan campuran jinten pada tahu. Panaskan minyak pada wajan, lalu masak tahu hingga masing-masing sisi berwarna kecokelatan. Jangan lupa taburi dengan selederi dandaun bawang. Wah, sedap!

#3 Tahu dijadikan pizza? Siapa bilang enggak bisa?
Bukan hanya dimasak seperti steak, tahu juga bisa dimasak menjadi pizza. Caranya, siapkan 100 gram tahu yang sudah dipotong dadu, 30 gram bawang bombay, 20 gram paprika merah dan paprika hijau, 10 gram tepung tapioka, 200 gram telur, 50 mL susu cair segar, 150 gram keju parut, 1 bungkus kaldu ayam, dan 30 gram mentega.

Campurkan telur, tepung tapioka, susu segar, dan bumbu penyedap atau kaldu ayam. Kocok semuanya hingga merata. Panaskan mentega pada panci, kemudian tambahkan campuran telur yang telah dikocok tadi. Masak dengan api kecil, lalu masukkan tahu, paprika merah dan hijau, serta bawang bombai. Tutup panci dan tunggu sampai adonan benar-benar matang. Jika sudah, taburkan keju parut di atasnya. Bagaimana? Siap menikmati pizza tahu yang satu ini?

#4 Sup tahu miso, santap saat masih hangat supaya makin nikmat
Saat udara dingin, makan sup bersama nasi hangat bisa jadi pilihan paling nikmat. Kalau tertarik, sup tahu miso bisa kamu buat sendiri di rumah. Cukup siapkan 200 gram tahu yang telah dipotong kecil, 3 sdm minyak goreng, 1 liter kaldu dashi, 150 gram miso, dan 200 gram bayam. Bungkus tahu menggunakan kain bersih, tekan hingga airnya, lalu potong kecil-kecil. Panaskan minyak pada wajan untuk menumis tahu. Jangan lupa rebus kaldu dan masukkan tofu. Cairkan miso dengan sedikit kaldu, kemudian masukkan miso tersebut ke dalam kaldu. Tambahkan bayam, masak hingga matang. Bagaimana? Mudah bukan?

Sumber gambar: Royal Tumpeng

Resep Masakan Daging Kambing Dijamin Nagih

Hallo semuanya, sekarang cuaca lagi enak banget yak untuk makan sejenis sop-sopan gitu yang hangat-hangat. Kali ini mimin ingin share bagaimana mengolah daging kambiang. Daging kambing ini punya banyak peminatnya juga loh. Bukan hanya saat-saat idul adha saja. Terbukti dari banyaknya penjual tongseng kambing atau ada juga soto kambing atau ada juga sate kambing. Tidak akan habis-habis deh kalau ngobrol olahan makanan daging kambing. Jadi ngiler sendiri akhirnya. Well, mimin ingin coba share  bagaimana cara membuat soto daging. Dagingnya khusus loh ya daging kambing. Supaya mimin ga lama-lama curhat langsung aja cek gengs.

Siapkan dulu bahan-bahannya, yaitu:

  1. Daging kambing uyeye
  2. Daun bawang 1 batang
  3. Tauge atau kecambah satu mangkok
  4. Salam 2 lembar
  5. Sereh 1 batang
  6. Lengkuas 1 ruas untuk digeprek
  7. Kunyit 1 ruas  untuk digeprek
  8. Daun jeruk 3 lebar, disobek-sobek
  9. Jeruk nipis 1 buah
  10. Air

Bumbu halus :

  1. Bawang merah 8 Siung
  2. Bawang putih 5 Siung
  3. Ketumbar 1/2 sendok makan
  4. Merica 1/2 sendok teh

Bahan sambal :

  1. Bawang putih 1 Siung
  2. Cabe rawit, mimin sarankan 6 tapi bisa kurang atau lebih ya
  3. Cuka 1/2 sendok teh, ini optional tidak harus ada

Oke lanjut ke proses pembuatan resep masakan daging ini kuy,

  1. Panaskan air sampai mendidih
  2. Rebus daging kambing dengan daun salam, serai, lengkuas dan daun jeruk.
  3. Tumis bumbu halus sampai tercium aroma wangi dan masukan ke rebusan daging
  4. Tunggu sampai bumbu meresap
  5. Siapkan tauge dalam mangkok
  6. Siram tauge dalam mangkok dengan kuah dan soto kambing
  7. Untuk penyedap tambahkan sambel. Uleg dulu ya sambelnya
  8. Sambelnya juga boleh di tumis sebentar sampai wangi atau dibuat sambal mentah dengan aroma cabai yang mantap juga sip.

Berhubung masakan yang kita buat hari ini adalah soto daging. Mimin juga ingin cerita sedikit nih soal makanan yang satu ini. Kalo dilihat-lihat menu soto itu ada dari sabang sampai merauke loh. Tapi di setiap daerahnya selalu ada ciri khasnya sendiri. Ada daerah yang menamai coto seperti Makassar. Atau ada yang menamainya soto seperti biasa tai ditambah dengan akhiran nama daerahnya. Seperti soto bandung, soto betawi dan soto-soto yang lain. Dari soto-soto itu juga bumbunya berbeda-beda ada kah yang berwarna kuning ada yang berwarna kuning dengan minyak cukup banyak atau ada yang benar-benar bening dan gurih.

Mimin ingin rekomendasikan nih untuk readers semua kalau ingin jajan soto khas Boyolali bisa datang ke beberapa outlet di bawah.

  •  Boyolali di Jl. Pandanaran 279 Banaran Boyolali.
  •  Klaten 1 di Jl. KS Tubun No. 2 (Sebelah Selatan Alun-alun) Klaten.
  •  Klaten 2 di Jl. Merbabu, Gayamprit (Samping RS. Cakra Husada) Klaten.
  •  Solo JL RM Said 131 Pasar Nongko (Depan Batik Semar) Surakarta.
  •  Pekalongan di Jl. KH. Mansyur No. 73 Bendan (Selatan perlintasan kereta api).
  •  Kota Tegal di Jl. Jend. Sudirman No. 27 (Samping Hotel Pramesthi) Kota Tegal.
  •  Pemalang di Jl. Urip Sumoharjo 182 Pelutan (Sebelah Utara SPBU Alun-alun) Pemalang Kota.
  •  Cibubur Jakarta di Jl. Jambore Raya No. 8 (Depan SMP Al Azhar 19) Cibubur, Jakarta TImur, DKI Jakarta

Terus kenapa sih mimin rekomendasiin tempat ini pasti ada banyak tempat makan soto lain di Indonesia, tapi rasa soto yang satu ini cukup khas loh. Tidak bisa disamakan dengan soto biasanya.

https://review.bukalapak.com/food/resep-soto-daging-bening-ini-simple-tapi-rasanya-tak-terlupakan-11286

Sumber gambar: dapurablett.wordpress.com

Resep Kue Bolu Pelangi Simpel

Happy rainbow day! Hari ini cukup cerah ya readers. Sekarang sedang musim apa yah? Musim pelangi! Loh emang ada musim pelangi? Ada dong musim kue bolu pelangi. Ini sudah mau akhir tahun ni readers sudah menyiapkan apa saja untuk perayaan akhir tahun yang meriah nanti? Kudapan-kudapan ringan, petasan dan kumpul-kumpul kecil bersama kerabat dan sahabat-sahabat dekat pasti sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Atau jangan-jangan readers sudah menyiapkan perayaan akhir tahun di tempat-tempat pariwisata dan sudah booking tiket serta penginapan? Jangan lupa untuk siapkan kudapan selama perjalanan ya readers. Bisa sih kita pesan atau beli makanan di jalan. Tapi kalau bikin sendiri akan lebih banyak hal positif yang kita dapat. Seperti mendapat kuantitas yang lebih banyak juga menjamin makanan kita tidak ditambah dengan bahan-bahan pengawet yang kurang baik. Kali ini mimin ingin share resep kue lapis pelangi. Atau kalau sebutan kerennya rainbow cake. Kue bolu pelangi yang ingin mimin share ini simpel banget deh cara bikinnya, selain itu proses memasaknya dikukus readers. Jadi bisa lebih sehat dong.

Kue pelangi mulai populer sejak tahun 2009. Seorang wanita berkebangsaan Amerika bernama Kaithlin Planery merancang dan membuat kue untuk diberikan kepada sahabatnya yang berencana untuk pindah rumah. Kaithlin membuat rainbow cake dalam rangka farewell party. Teman dari Kaithlin adalah seorang yang menyukai pelangi dan sangat periang sehingga Kaithlin ingin membuat sebuah kue yang berwarna-warni dan memiliki rasa yang segar. Kemudian, dia mencoba membuat makanan yang dapat menggambarkan hal tersebut ke dalam sebuah kue. Kaithlin seorang yang menyukain menulis, fotografi, dan memasak sehingga, setelah membuat rainbow cake tersebut. Kaithlin membagikan resep dan pengalamannya pada blog pribadinya. Ia banyak menerima tanggapan positif. Banyak komentar dan pertanyaan sehingga rainbow cake menjadi topik yang hangat diantara para pencinta kuliner. Hingga seorang host dalam acara memasak di salah satu TV Amerika bernama Martha Stewart mendengar informasi tersebut. Kemudian, diundanglah Kaithlin ke acara Martha dan menjelaskan bagaimana cara membuat Rainbow Cake ini.

Informasi mengenai rainbow cake ini tidak hanya tersebar di Amerika saja, pada akhirnya menyebar ke berbagai belahan dunia lain termasuk Indonesia. Karena resepnya sudah sampai di Indonesia. Mimin akan share bagaimana cara membuat kue bolu pelangi ini. Dijamin nagih deh, selain itu tidak akan gosong-gosongan. Karena kita akan membuat bolunya dengan dikukus. Pertama-tama siapkan alat dan bahanya terlebih dahulu, seperti:

  • Tepung Terigu (125 Gram)
  • Telur Ayam (4 Butir)
  • Gula Pasir (150 Gram)
  • Santan Kental (50 Ml)
  • Mentega (50 Ml) Yang Di Cairkan
  • Emulsifier (1 Sendok Makan)
  • Baking Powder (1/2 Sendok Teh)
  • Garam (1/2 Sendok Teh)
  • Pewarna Makanan (Merah, Jingga, Kuning, Hijau sesuaikan dengan selera reders ya)

Langkah untuk membuatnya adalah:

  1. Kocok bahan-bahan dasar seperti telur, gula pasir, dan emulsifier menggunakan mixer hingga mengembang dan warnanya memucat.
  2. Masukan tepung terigu, baking powder, dan garam ke dalam adonan bahan-bahan dasar. Tambahkan sedikit-sedikit hingga tercampur rata. Selama menambahkan tepung adonan tetap diaduk menggunakan spatula.
  3. Masukan santan. Aduk hingga rata.
  4. Bagi adonan ke dalam tiga wadah berbeda. Kemudian warnai setiap adonan menggunakan pewarna yang sudah disiapkan.
  5. Didihkan air untuk mengukus.
  6. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan minyak.
  7. Tunggu air hingga mendidih.
  8. Masukan adonan warna pertama ke dalam loyang yang telah diolesi minyak tadi kemudian tunggu 5 menit.
  9. Ulang langkah ke 8 pada warna kedua dan ketiga.
  10. Setelah seluruh adonan masuk ke dalam kukusan kukus kue bolu pelangi selama 25-30 menit.
  11. Angkat bolu dan dinginkan sebentar.

Paling enak kalau makan kue bolu gandengan dengan teh atau susu pasti mancap banget. Silakan mencoba readers.

https://review.bukalapak.com/food/perlu-trik-ini-untuk-bisa-bikin-resep-kue-lapis-yang-cantik-27610

Gambar oleh: resepaneka99.blogspot.com

Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Murah dan Hemat Listrik dari Sharp

Saat ini kulkas merupakan barang elektronik yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan kita. Kulkas bukan hanya berfungsi untuk menaruh berbagai jenis makanan, namun berfungsi untuk menaruh kosmetik atau bahan-bahan kimia lainnya jika dibutuhkan. Dengan adanya kulkas membuat kita lebih mudah untuk mengawetkan makanan tanpa perlu khawatir akan cepat basi. Hingga sekarang banyak merek kulkas yang ditawarkan dengan berbagai fitur dipasaran seperti Panasonic, Sharp, Samsung dan merek-merek lainnya. Dari segi teknologi, kulkas telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Produsen-produsen elektronik yang menawarkan kulkas merancang berbagai kelebihan dari kulkas. Sehingga, seringkali kita bingung untuk memilih kulkas yang paling cocok untuk kebutuhan kita. Harga kulkas Sharp, Samsung dan Panasonic cukup bersaing di Indonesia.

Kulkas yang umum saat ini digunakan adalah model kulkas dengan 1 hingga 2 pintu. Karena kebanyakan keluarga Indonesia memiliki jumlah anggota yang sedikit sehingga yang dirasa pas adalah kulkas dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Di balik perhatian tersebut,Baik kulkas satu atau dua pintu tentu mempunyai keunggulannya masing-masing terutama dari segi kuantitas. Biasanya kulkas dua pintu memiliki kualitas yang lebih baik dari kulkas dua pintu.

Sharp memang dikenal dengan kualitas dari alat-alat elektronik rumah tangganya seperti kulkas dengan 2 pintu. Kulkas Sharp ini memang menjadi andalan para ibu rumah tangga untuk menyimpan berbagai kebutuhan makanan maupun obat dan kosmetiknya. Karena harganya yang tergolong murah, kapasitasnya juga dinilai lega serta kualitasnya yang tidak perlu diragukan. Bisa merasakan fitur-fitur dengan kualitas dan kemewahan yang dihadirkan oleh produsen pada produk lemari pendingin ini. Jika saat ini ada yang berencana untuk mengganti atau membeli kulkas di rumahnya dengan kulkas model 2 pintu bisa cek daftar harga kulkas 2 pintu.

 

  1. Sharp SJ-235 MD

Kulkas keluaran Sharp ini dibanderol dengan harga terjangkau. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 2,8 jutaan. Kulkas ini memiliki segudang kelebihan, seperti memiliki fan cooling system dan dilengkapi dengan freezer ukuran besar. Kemudian, kulkas cantik nan elegan ini merupakan kulkas dua pintu dengan lampu LED dan Ice twist. Dengan harga segitu, bisa dijadikan salah satu pilihan.

  1. Sharp SJ-235MF-US

Kalau kulkas yang satu ini memiliki Fan cooling system sehingga menjamin seluruh bagian kulkas akan mendingin secara merata. Kulkas ini memiliki daya 100 watt dan volume 205 Liter. Selain itu, kita tidak akan sulit untuk mencuci bagian-bagian dari kulkas ini Karena dilengkapi dengan Washable Basket. Harga yang ditawarkan memang sedikit lebih mahal dari Sharp SJ-235 MD tapi sesuai lah dengan kelebihannya. Kulkas ini dibanderol dengan Rp 2.850.000,-.

  1. Sharp SJ-195MD-FW

Untuk kulkas yang satu ini Sharp mendesain tampilannya dengan warna merah muda dan ornament bunga yang elegan. Kulkas ini dilengkapi dengan rak kaca yang mampu menampung berat lebih banyak dari rak-rak plastic. Selain itu kulkas ini memiliki Box buah-buahan yang besar. Kapasitas dari kulkas yang satu ini adalah 172 liter. Harga yang ditawarkan cukup miring yaitu Rp 2,4 jutaan.

  1. Sharp SJ-195MD-US

Kulkas yang satu ini dilengkapi dengan 2 pintu dan kapasitas 172 liter. Daya dari kulkas ini cukup hemat yaitu 100 watt. Kulkas ini juga cukup hemat energy dengan fitur Low wattage and extra low voltage. Jadi tidak perlu khawatir tagihan listrik membengkak karena kulkas baru. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau yaitu Rp 2,4 jutaan

Nah demikianlah rekomendasi kulkas 2 pintu murah dan hemat listrik untuk kaka dan bunda-bunda sekalian. Sudah kah menentukan pilihan kulkasnya?

Sumber gambar: beli.com bukalapak.com elevania.co.id

Barang-Barang yang Dibawa ke Pertunjukan Musik

Padatnya kegiatan yang harus kamu lakukan tak jarang membuat kamu merasakan kebosanan dalam hidup. Untuk mengatasi rasa bosan itu, setiap orang memiliki caranya masing-masing. Salah satunya adalah dengan menonton pertunjukan musik dari penyanyi atau band favorit.

zetizen.com

Selama menonton konser musik tersebut, tentunya kamu ingin melakukannya secara maksimal, bukan? Karena, menonton konser bukanlah hal yang dapat dilakukan sesuka hati. Belum tentu penyanyi atau band favorit kamu mengadakan konser dalam waktu dekat. Belum tentu juga kamu berhasil mendapatkan tiket konser idola kamu. Oleh sebab itu, gunakan kesempatan menonton konser itu dengan baik dan semaksimal mungkin.

Nah, agar dapat mengikuti konser dengan maksimal, hal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan segala barang yang harus dibawa ketika menonton konser. Lantas, apa saja barang-barang yang harus dibawa ketika menonton konser?

Simak uraiannya berikut ini!

 

Tiket Konser

Jika diibaratkan rumah, tiket adalah kunci rumah. Jika tidak memiliki kunci, tentunya kamu tidak bisa masuk ke rumah. Begitu pula tiket konser. Tiket inilah yang akan menjadi kunci untuk menonton pertunjukan musik tersebut. Bayangkan jika kamu sudah jauh-jauh datang ke lokasi, tetapi tidak membawa tiket. Nyesek, kan? Jadi, sehari sebelum konser, siapkan tiket tersebut baik-baik. Jangan sampai ketinggalan!

idseducation.com

Uang

Di dalam suatu pertunjukan musik, biasanya tidak diperbolehkan untuk membawa makanan atau minuman dari luar. Tentunya tidak enak, kan, kalau menonton konser dalam kondisi perut yang lapar atau haus?

Oleh sebab itu, untuk mengatasi rasa lapar atau rasa haus yang sewaktu-waktu dapat muncul ketika kamu sedang menonton konser adalah dengan membawa uang secukupnya. Dengan uang tersebut, kamu dapat membeli makanan atau minuman dalam arena konser sehingga haus dan lapar dapat teratasi dan Kamu pun dapat melanjutkan menonton konser dengan khidmat.

Tas Kecil

Gunakanlah tas kecil yang bisa memuat dompet, handphone, tisu, parfum, maupun kunci kendaraan. Penggunaan tas yang kecil ini dapat membuat kamu dapat menikmati konser dengan leluasa karena barang yang kamu bawa tidak banyak sehingga tidak merepotkan.

Kamera atau Gawai

Momen yang tentu tidak ingin kamu lewatkan ketika menonton konser adalah mengabadikannya, bukan? Jadi, agar kamu dapat mengabadikan atau merekam idola kamu ketika konser adalah dengan membawa kamera. Setiap aturan dalam konser berbeda-beda, ada yang memperbolehkan menggunakan kamera digital, ada pula yang melarangnya.

Nah, jika ternyata kamu dilarang menggunakan kamera digital, cara lainnya adalah dengan menggunakan gawai atau handphone. Pastikan memori pada gawai kamu memiliki ruang yang banyak sehingga kamu dapat bebas mengabadikan momen konser tersebut. Jangan lupa pula untuk mengisi baterai dan membawa power bank sehingga hp akan bertahan lama.

Bawalah Handuk atau Tisu

Hal yang tak terhindarkan ketika menonton konser adalah kondisi badan yang berkeringat. Oleh sebab itu, bawalah handuk atau tisu untuk mengelap keringat sehingga kamu dapat menonton konser dengan nyaman. Jangan lupa pula untuk membawa parfum sehingga bau badan yang disebabkan oleh keringat tersebut dapat teratasi.

Gunakan Atribut yang Berkaitan dengan Sang Idola

Salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kamu adalah penggemar yaitu dengan menggunakan atribut yang berkaitan dengan sang idola. Atribut ini terdiri atas berbagai berbentuk, misalnya baju, lightstick, gelang, topi, dan sebagainya. Penggunaan atribut ini juga dapat membuat momen ketika menonton konser lebih berarti.

Jas Hujan

Jika konser musik yang kamu kunjungi berada di luar ruangan, ada baiknya kamu membawa jas hujan. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi turunnya hujan. Jangan sampai turunnya hujan membuat Kamu gagal menonton konser dan membuat kamu basah kuyup.

Itulah beberapa barang yang perlu kamu bawa ketika menonton konser musik. Jangan lupa pula untuk makan terlebih dahulu sebelum menonton konser.

Ngomongin konser musik, pernahkah kamu bayangkan, meriahnya berbagai genre musik disatukan dalam sebuah pentas musik yang besar?

Kalau kamu penasaran, samperin aja Synchronize Fest 2018 Bukalapak! Acaranya dihelat tanggal 5—7 Oktober 2018 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta.

Acara ini bakal seru banget karena berbagai seniman musik Indonesia unjuk gigi, menandakan kualitas musik bangsa kita yang semakin sadis! Karena itu, jangan sampai kehabisan tiket Synchronize Fest 2018 Bukalapak, ya. Dijamin puas!

Makanan Cepat Saji yang Tidak Menyehatkan

Makanan Cepat Saji yang Tidak Menyehatkan

Mengonsumsi makanan cepat saji atau biasa dikenal dengan fast food merupakan tradisi masyarakat urban di era modern seperti saat ini. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan seperti ini tidak baik untuk kesehatan Anda.

Namun, sayangnya hal seperti ini tampaknya tidak diperhatikan sama sekali dan tetap saja masih banyak masyarakat yang sering mengonsumsinya. Berikut ini jenis makanan cepat saji yang ternyata dapat memicu terjadinya pembentukan kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Makanan Cepat Saji yang Tidak Menyehatkan

  • Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan salah satu makanan ringan yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tetapi, makanan satu ini dianggap tidak baik jika orang terlalu sering mengonsumsinya. Jenis makanan apapun yang digoreng dengan minyak sayur akan berdampak buruk bagi kesehatan. Karena akan mengandung lemak tak jenuh ganda, yang menyebabkan radikal bebas kanker dalam tubuh.

  • Hot Dog

Hot Dog merupakan salah satu makanan cepat saji yang tidak menyehatkan karena secara langsung berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kanker, diabetes, dan jantung. Bukan daging yang terdapat di hot dog yang menjadi masalah, namun tingginya garam dan pengawet yang sering digunakan.

  • Donat

Donat yang memiliki banyak varian rasa dan mengandung gula memiliki kalori tinggi dibanding dengan donat polos. Hal ini tentunya akan membahayakan jika Anda mengonsumsinya terlalu berlebihan hingga dua sampai tiga buah.

  • Es Krim

Es krim mengandung banayak gula dan kalori yang tidak kalah banyaknya dari sebotol minuman soda. Makanan cepat saji ini berbahaya jika dicampurkan dengan susu dan dijadikan milkshake karena Anda sama saja mengonsumsi sekitar 1000 kalori.

  • Stick Keju

Keju sendiri sebenarnya tidak begitu membahayakan bagi kesehatan, tetapi akan menjadi masalah jika keju ini sudah dicampurkan dengan tepung roti dan digoreng. Sehingga, di dalam stick keju mengandung sodium dan lemak yang sangat tinggi, dan tentunya sangat berbahaya untuk tubuh.

  • Burger

Kandungan gizi yang terdapat di hamburger sangatlah sedikit, dan sarat dengan segala sesuatu yang buruk bagi kesehatan. Burger tersedia direstoran cepat saji pun telah dikaitkan dengan penyakit jantung, obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

  • Pizza

Pizaa merupakan makanan makanan cepat saji yang mengandung 600 kalori yang dicampurkan dengan banyak keju, saus, daging, dan bahan lainnya. Sebab, pizza ini mengandung lemak jenuh, karbohidrat tinggi, dan sodium.

  • Nugget Ikan

Nugget ikan tidak baik jika sering dikonsumsi, jika ingi sehat makanlah daging ikan yang masih fresh dan hindari memilih ikan yang sudah diolah seperti ini. Ingat, ikan yang sudah diolah rata-rata mengandung banyak bahan pengawet.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

Jika Anda ingin hidup sehat, makan hindarilah mengonsumsi makanan cepat saji seperti yang telah disebutkan diatas. Sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung banyak vitamin dan protein guna menyehatkan tubuh Anda agar terhindar dari bebrapa penyakit yang mematikan.

Beberapa Tipe Gaya Fashion Terkini

Dunia fashion saat ini terus mengalami perkembangan dengan munculnya beberapa item fashion dengan berbagai jenis model baik pakaian atau aksesoris lainnya. Fashion modern atau yang terbaru biasa disebut dengan fashion terkini yang tentunya terus mengalami perkembangan dan perubahan yang begitu menarik.

Model Baju Muslim Pria Koko Lengan Pendek Terbaru

Bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan jaman dalam berpenampilan, sebaiknya Anda harus mengetahui apa saja fashion terkini yang wajib Anda coba dan miliki. Berikut ini beberapa item fashion terbaru yang sangat populer dikalangan masyarkat baik anak-anak, remaja maupun dewasa.

Bohemian

Bohemian memiliki gaya begitu artistik tetapi dengan gaya ini terdapat perbedaan dengan gaya arty. Karena bohemian cenderung fokus pada corak dan tekstur yang eksotis. Bohemian memiliki ciri-ciri yang terletak pada poa mereka yang rumit, blus ala gadis desa yang sangat khas, semacam jilbab, aneka rantai serta jeans ketat yang bercorak. baca juga Tips Mengikuti Trend Lifestyle Dalam Bidang Fashion

Arty

Fashion terkini yang kedua yaitu gaya arty yang tertuju bagi mereka yang memiliki jiwa seni dan kreatif. Tak ayal jika pemakainya sering menunjukkan sisi artistik di setiap penampilannya. Mereka biasanya lebih mendahulukan sesuatu yang unik daripada konvesional. Tidak heran jika mereka menyukai kerajinan tangan.

Chic

Chic merupakan gaya fashion yang sangat populer. Orang seringkali menyamakan istilah chic dengan gaya fashionable atau trendy. Namun gaya chic ini berarti pakaian yang dikenakan memiliki warna yang kuat, tetapi tidak terlalu mencolok. Para peminat gaya ini cenderung menyukai desain yang stylish, klasik, cerdik dan terkesan istemewa. Aksesorisnya tidak sembarangan serta jahitan pakainnya sangat rapi.

Klasik

Gaya klasik merupakan salah satu fashion terkini yang mengutamakan kenyamanan. Tetapi sebenarnya gaya ini sangat fokus pada kualitas dan style yang sangat populer. Misalnya seperti boots dari kulit, alas kaki teplek, blus dengan kancing vertical dan celana lebar.

Eksotis

Dilihat dari namanya saja sudah eksotis, sehingga penampilannya tentu unik atau berbeda dari yang sudah umum. Dapat dilihat dari seorang petualang yang baru pulang dari tanah eksotis, yang menghasilkan kesan misterius tetapi menumbuhkan daya tarik tersendiri. Pola outfinya biasanya menggunakan bodril, berbentuk ala mozaik, cukup colorful dan perhiasan yang mengkilap.

Flamboyan

Gaya flamboyan ini menunjukkan aura supel dan energik. Terlihat dari karakteristiknya yang menyilaukan dan mencolok dengan sifat asimetris, cukup ramai, warna-warni dan memiliki pinggiran serta lipatannya terkesan berlebihan.

Glamour

Fashion terkini dengan gaya glamour yaitu gaya yang mengutamakan kesan mewah. Selain mewah, gaya ini juga mirip flamboyan yang memperlihatkan sisi dramatis dan seksi. Tampilannya yang selalu cemerlang selalu berhasul menarik perhatian bagi yang memandangnya.

Nah, itulah beberapa item fashion terkini yang tentunya wajib Anda coba guna menunjang penampilan Anda dalam kehidupan sehari-hari. Pilihlah gaya-gaya diatas sesuai dengan acara Anda agar tidak dikatakan salah kostum.

Navigation