Home Food Menggugah Selera Makan Keluarga dengan Resep Nasi Kebuli Kambing!

Menggugah Selera Makan Keluarga dengan Resep Nasi Kebuli Kambing!

by Erin Nuzulia
nasi kebuli

Saat acara-acara besar adat Betawi, nasi kebuli agaknya jadi menu yang familiar. Selain enak, turunan dan filosofi budaya Arab yang melekat di dalamnya jadi hal yang seru untuk diperbincangkan. Ya, sebagai hidangan yang semua bermula dari negara Arab ini, nasi kebuli kemudian jadi resep turun-temurun yang saat ini bisa dibuat sendiri di rumah.

nasi kebuli

Selain bumbunya yang gurih, nasi kebuli terkenal dengan ciri khas kaldu daging yang menjadi dasar dari resep nasi kebuli itu sendiri. Perihal kaldu daging ini jadi penentu apakah nasi kebuli tersebut jadi nasi kebuli kambing atau nasi kebuli ayam. Namun biasanya, orang-orang yang sangat suka rasa dari nasi kebuli asli pasti akan lebih merekomendasikan nasi kebuli kambing. Hal ini dikarenakan nasi kebuli ayam sebenarnya untuk mereka yang tak menyukai daging kambing.

Penasaran dengan resep nasi kebuli kambing yang gurih dan nikmat? Yuk simak cara memasaknya berikut ini!

  • Menyiapkan bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan bahan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi kebuli kurang lebih ada 3 jenis yakni bahan dasar, bahan pelengkap dan bumbu yang dihaluskan.

Untuk bahan dasarnya sendiri, kamu harus menyiapkan 4 sendok makan margarin, 150 gram bawang Bombay, 10 cm kayu manis, ½ butir pala yang dimemarkan, 5 butir cengkeh, 8 butir kapulaga, 300 gram daging kamping yang telah dipotong dadu, 50 ml air, 1 kilogram beras dan 750 ml susu cair atau santan.

Sedangkan untuk bumbu pelengkapnya, yang harus disiapkan adalah bawang goreng dan kismis. Adapun untuk bumbu yang dihaluskan antara lain adalah 10 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 4 cm jahe, 1,5 sendok makan ketumbar, ¼ sendok merica dan 2 sendok teh garam.

  • Memasak bumbu

Langkah berikutnya untuk membuat nasi kebuli kambing adalah memasak bumbu nasi kebuli kambing. Pertama-tama, panaskan mentega hingga leleh lalu masukkan bumbu halus dan tumis hingga harum. Setelah itu, masukkan kayu manis, cengkeh dan kapulaga. Setelah itu, aduk-aduk bumbu hingga tercium aroma wangi.

Baca Juga:   Penuhi Kebutuhan Protein dengan mengonsumsi berbagai olahan Ayam

nasi kebuli 1

Selanjutnya masukkan daging kambing yang telah dipotong-potong, lalu aduk hingga matang. Tuangkan air dan masak daging kambing hingga matang sempurna. Matikan kompor saat daging kambing telah masak, sisihkan.

  • Menanak nasi

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah menanak nasi. Di sini kamu juga bisa menggunakan beras khusus untuk nasi kebuli ya. Namun jika memang adanya beras biasa, maka itu tak menjadi masalah.

Untuk tahap menanak nasi, kamu harus mengukus beras 1 kilogram yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah matang, angkat beras lalu aduk-aduk sebentar hingga uap panasnya sedikit menghilang. Setelah beras matang sempurna, sisihkan.

  • Membuat nasi kebuli

Setelah mendapatkan daging kambing dan beras yang matang, maka tahap selanjutnya adalah mencampurkannya. Mula-mula, tuang beras dalam panci lalu tambahkan susu atau santan dan masak hingga airnya mendidih.

Setelah itu, tuangkan daging kambing yang telah ditumis terlebih dahulu lalu aduk merata hingga air dalam panci hilang. Setelah itu, angkat nasi kebuli ke dalam wadah khusus lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Terakhir, kukus nasi kebuli tersebut di kukusan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, sajikan nasi kebuli dengan taburan bawang merah goreng dan kismis dan nasi kebuli kambing siap dihidangkan!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More