Home Fashion Memilih Jam Tangan Pria? Ikuti 4 Tips Ini!

Memilih Jam Tangan Pria? Ikuti 4 Tips Ini!

by Erin Nuzulia
jam tangan pria

Mau tampil lebih maskulin dengan menggunakan jam tangan pria, tetapi kebanyakan bingung saat memilihnya. Hal ini karena banyaknya pilihan model mulai dari ukuran, model kasual, sporty, elegan, serta pilihan penggerak jam tangan.

Sebenarnya jam tangan pria dibuat berdasarkan kebutuhan dan karakter pribadi. Jangan sampai menyesal karena salah beli yang tidak sesuai dengan karakter pribadi kamu. Maka dari itu, kamu harus simak 4 tips memilih jam tangan pria ini. Semoga bisa membantumu dalam memilih dan membeli jam tangan pria yang pas ditangan kamu.

  • Sesuaikan dengan Pergelangan Tangan

Langkah pertama untuk memilih jam tangan pria adalah menyesuaikan dengan pergelangan tangan. Jangan sampai terlalu ketat maupun longgar. Pergelangan tangan pria pasti berbeda-beda, kamu harus memperhatikan ini agar jam dapat fit dengan pergelanganmu. Jangan ragu untuk mengukur terlebih dahulu. Kamu juga bisa meminta ganti tali jam tangan bila diperlukan kepada penjual, baik pembelian secara online maupun offline.

jam tangan pria

Untuk memilihnya, Kamu bisa mengacu pada panduan untuk lebar pergelangan tangan yakni 15-17 cm, lebar 19-20 cm dan lebar 20 cm. Masing-masing ukuran tersebut nantinya akan menentukan bentuk dan karakter jam yang akan kamu pilih.

  • Berat

Beberapa pria mungkin menyukai jam tangan yang memiliki berat ringan, tetapi kamu harus tahu bahwa jam tangan bisa ditentukan kualitasnya dari beratnya. Hal ini dikarenakan bahan stainless steel yang baik terbuat dari logam murni yang memiliki berat yang relatif tidak ringan. Jika jam tangan kamu ringan, bisa jadi dibuat dari besi campuran atau hollow. Nah kalo kamu suka jam tangan yang ringan, disarankan memilih yang terbuat dari bahan titanium. Tentunya harganya akan lebih mahal, tetapi memiliki kualitas yang baik.

  • Jenis Movement

Kamu juga bisa memilih jam tangan berdasarkan tiga jenis movement atau penggerak pada jam tangan yang ada. Yang pertama adalah jenis quartz. Jenis ini notabenenya memiliki daya baterai yang berfungsi mengantarkan sinyal elektrik melalui kristal kuarsa. Jenis ini banyak digunakan karena cenderung lebih murah dan awet.

Baca Juga:   Uniknya Pakaian Adat Sunda

jam tangan pria 1

Yang kedua adalah jenis Mechanical. Jam jenis ini punya pergerakan yang diukur dengan mekanisme semi-driven. Maksudnya adalah dalam jam tangan ini terdapat per di dalamnya yang harus disinggungkan secara periodik agar waktu dalam jam tangan selalu bergerak. Biasanya jam tangan ini nilainya mahal dan menjadi buruan para kolektor. Kamu bisa bergaya lebih mewah dengan jenis ini.

Yang terakhir adalah jenis Automatic. Sistem pada jenis ini tidak memanfaatkan tenaga baterai, sama dengan mechanical. Jam tangan bermesin otomatis menggunakan gerak dari tangan si pengguna sebagai daya geraknya.

  • Pahami Karakter Dirimu

Tiga tips di awal merupakan hal eksternal dalam diri kamu. Karakter diri kamu adalah hal utama dan terakhir yang harus kamu pahami dalam memilih jam tangan terutama untuk menentukan merk jam tangan pria terbaik. Jika kamu suka beraktivitas berat, seperti olahraga, dan aktivitas outdoor lainnya, kamu bisa membeli jam dengan tipe sporty.

Kalau kamu harus berpenampilan rapi karena kantoran, tipe jam yang cocok untuk kamu adalah jam dengan tipe kasual. Kamu juga bisa pilih tipe klasik jika merasa suka dengan gaya-gaya tua dan mewah. Sebenarnya kamu bisa saja membeli semua tipe jam tangan pria, asalkan disesuaikan dengan event yang ada.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More