Home Food Legendaris! Ini Daftar Kuliner Semarang yang Wajib Coba

Legendaris! Ini Daftar Kuliner Semarang yang Wajib Coba

by Erin Nuzulia

 

Pesona kota Semarang terkenal karena wisata kota tua. Ada banyak bangunan lawas yang ikonik dan menarik untuk disinggahi. Mulai dari Lawang Sewu hingga Gereja Blenduk. Namun tidak hanya itu, wisata kuliner Semarang pun tidak boleh dilewatkan.  Kuliner Semarang sangat khas dan hanya bisa Anda dapatkan di Semarang. Penasaran apa saja kuliner yang lezat dan legendaris di Semarang? Berikut daftarnya.

Legendaris! Ini Daftar Kuliner Semarang yang Wajib Coba

Soto Bangkong

Soto bangkong khas Semarang ini berbeda dengan soto ayam pada umumnya. Soto bangkong disajikan di mangkok kecil yang berisi nasi, sedikit suwiran ayam dan diguyur kuah kaldu ayam yang segar. Sebagai pelengkap lauk, terdapat piring yang menyajikan aneka lauk yang bisa Anda pilih sendiri. Antara lain sate ayam, sate telur puyuh, sate kerang, perkedel, tempe goreng dan lain sebagainya. Uniknya, sebagian penikmatnya menambahkan kuah dari rendaman sate ke dalam mangkok soto mereka. Cita rasa akhir dari soto bangkong ini pun berubah menjadi sedikit manis karena kuah dari sate tadi memang bumbu rempah dan kecap manis.

Otak Otak Bandeng

Ke Semarang tidak lengkap rasanya jika belum mencoba otak otak bandeng. Makanan ini terbuat dari daging ikan bandeng yang dipisahkan dari kulit ikannya. Kemudian daging ikannya diolah bersama berbagai bumbu rempah dan kemudian dikembalikan atau dimasukkan lagi ke dalam kulit ikan. Setelah itu, untuk penyajiannya, ikan digoreng sebentar. Hasilnya, meski dari luar masih tampak berupa ikan bandeng utuh, nyatanya ketika Anda belah, Anda akan mendapati olahan daging bandeng dengan cita rasa manis, pedas dan gurih. Tentunya, hal ini sangat praktis karena Anda tidak perlu repot dengan duri bandeng yang banyak jumlahnya.

Baca Juga:   Inspirasi Menu Sahur dan Berbuka Mudah Berbahan Ayam, Ada Ayam Penyet Khas Surabaya Juga!

Mie Kopyok

Menu makanan mie kopyok ini sangat khas dan hampir tidak ditemui di daerah lain kecuali Semarang. Memang biasanya mie kopyok ini dijual di warung atau gerobak dorong, namun kelezatannya tidak perlu diragukan. Makanan ini adalah sajian mie kuning rebus yang diberi kuah air bawang dengan tambahan cuka dan cabai. Sebagai pelengkap, ada potongan tahu, bakwan dan tauge. Di atasnya diberi taburan daun bawang dan remasan kerupuk karak dan diberi kecap sedikit. Dijamin ketagihan!

Wingko Babat

Untuk kudapan, Semarang terkenal dengan jajanan wingko babat. Wingko babat dibuat dari parutan kelapa asli yang dicampur dengan gula, kemudian dipanggang hingga agak kering. Tekstur wingko babat ini kenyal di dalam dan kering di luar. Rasanya manis legit dan gurih khas kelapa. Saat ini banyak yang memodifikasi wingko dengan menambahkan berbagai rasa yang menambah varian wingko babat. Ada rasa coklat, stroberi, nangka dan bahkan durian.

kuliner semarang

Lumpia

Siapa pun pasti setuju kalau lumpia adalah kuliner legendaris dari Semarang. Jajanan ini adalah hasil akulturasi budaya peranakan Tiongkok dan kearifan lokal Semarang. Lumpia sendiri adalah jajanan yang terbuat dari bahan dasar rebung yang dibalut dengan adonan kulit tepung. Rebung yang dimasak adalah rebung muda dan diiris tipis memanjang seperti stik. Dengan berbagai olahan bumbu, hasil akhir isian rebung memiliki cita rasa manis gurih tanpa ada aroma rebung yang menyengat. Kemudian untuk kulit pembungkusnya terbuat dari tepung terigu dan cukup tipis hasilnya. Setelah itu, isian rebung digulung di kulit pembungkusnya dan setelah itu bisa langsung disajikan atau digoreng terlebih dahulu. Lumpia biasanya disajikan dengan saus cocolan dan daun bawang mentah.

Baca Juga:   Infinix Note 4: Gadget Kelas Besar Untukmu Yang Punya Kebutuhan Besar!

kuliner semarang

Itu dia lima makanan khas Semarang yang wajib Anda coba jika singgah ke Semarang. Untuk lokasi tempat yang legendaris, Anda bisa cari tahu dan baca lebih lanjut di sini.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More