Home Gaya Hidup Sehat Jangan Sembarangan, Pastikan Memilih Suplemen Herbal dengan Cara yang Benar!

Jangan Sembarangan, Pastikan Memilih Suplemen Herbal dengan Cara yang Benar!

by Erin Nuzulia

Indonesia amat kaya akan tanaman-taman yang memiliki khasiat dan manfaat yang besar bagi kesehatan dan imunitas tubuh. Warisan turun temurun dari leluhur Indonesia ini tidak terlihat ditinggalkan masyarakat, justru terus dilestarikan. Hal ini menyebabkan banyak pengusaha mengambil peluang dari keadaan ini. Begitu banyak suplemen herbal beredar di Indonesia demi memenuhi kebutuhan pasar, mulai dari berbentuk ramuan yang diseduh atau direbus, kapsul, pil, tablet, bubuk, hingga suplemen herbal dalam bentuk cair yang bisa langsung diminum.

Di tengah pandemi virus corona ini, banyak masyarakat yang beralih mengonsumsi suplemen herbal agar mendapatkan imunitas yang tinggi dan terhindar dari tertular virus corona. Alih-alih mengonsumsi obat-obatan kimia, masyarakat Indonesia justru gemar untuk kembali ke alam. Tidak jarang, ada orang yang menyandarkan pengobatannya justru dengan obat-obatan herbal, di samping juga melakukan pengobatan medis modern.

Meski berasal dari alam dan bukan dari bahan-bahan kimia yang memiliki efek samping tertentu bagi tubuh, pemilihan suplemen herbal untuk dikonsumsi juga harus berhati-hati. Suplemen herbal juga mampu menimbulkan kontra indikasi dan menyebabkan permasalahan-permasalahan pada tubuh, seperti:

  • Semua ramuan herbal pasti memiliki efek samping pada tubuh. Konsepnya adalah semua hal yang cukup kuat memberikan hasil yang positif, pasti juga cukup kuat memberikan risiko yang tidak diinginkan.
  • Konsumsi suplemen herbal mampu berinteraksi dengan pengobatan tertentu yang mungkin akan mengurangi kerja obat, memperbesar kemungkinan efek samping, atau bahkan bisa mengganggu metabolisme obat yang dikonsumsi tubuh.
  • Sayangnya tidak semua suplemen atau obat herbal terdaftar dan tersertifikasi BPOM.
  • Uji klinis dari obat-obatan herbal biasanya sangat terbatas dan belum banyak dilakukan.

Melihat berbagai potensi masalah yang mungkin ditimbulkan, ada baiknya jika sebelum mengonsumsi suplemen atau obat herbal untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Konsultasikan pilihan Anda untuk mengonsumsi suplemen herbal pada dokter Anda.
  • Cek sertifikasi suplemen herbal yang akan Anda minum pada BPOM, apakah terdaftar atau tidak.
  • Cek secara teliti bagaimana perusahaan pembuat suplemen herbal tersebut, termasuk klaim yang ingin mereka buktikan.
  • Periksa dengan pasti apakah produk tersebut telah melalui uji klinis resmi secara tepat.
  • Lihat pada kemasan suplemen herbal mengenai label informasi bahan baku, efek samping, formula yang digunakan, petunjuk pengonsumsian, hingga peringatan penggunaan. Pastikan semua ada secara jelas.
  • Lihat pada kemasan apakah ada kontak perusahaan yang terdaftar sehingga Anda sebagai konsumen mampu mendapatkan informasi lebih banyak tentang suplemen tersebut.
  • Jika memutuskan untuk mengonsumsi suplemen herbal, ikuti petunjuk penggunaan dan konsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.
  • Perhatikan efek sampingnya yang terjadi pada diri Anda, segera hubungi dokter jika terjadi reaksi alergi.
  • Jika mengonsumsi obat lain, konsultasikan pada dokter Anda. Mengingat bahan aktif dari suplemen herbal bisa saja berinteraksi dengan obat lain dan mempengaruhi sistem kerja obat lain tersebut pada tubuh.
  • Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang serius, sedang hamil atau menyusui, akan menjalani operasi, lansia, anak-anak, atau memiliki riwayat alergi pastikan dokter mengetahui suplemen herbal yang Anda konsumsi.
Baca Juga:   Berita Gaya Hidup Mewah Syahrini

Meskipun dianggap relatif aman dalam penggunaannya, konsumsi suplemen herbal harus sangat hati-hati agar tidak terjadi masalah serius di kemudian hari.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai suplemen herbal yang bisa digunakan untuk mencegah penularan virus corona, silakan baca selengkapnya di https://review.bukalapak.com/others/suplemen-herbal-untuk-tingatkan-daya-tahan-tubuh-111477.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More