Home Others Fakta dan Manfaat Kunyit Putih

Fakta dan Manfaat Kunyit Putih

by Erin Nuzulia
kunyit putih

Kunyit putih adalah salah satu dari sekian banyak jenis empon-empon yang memiliki banyak kegunaan. Tanaman rimpang asli Indonesia dan India ini bisa digunakan untuk memasak macam-macam hidangan dan mengobati beragam penyakit. Berbagai manfaat kunyit putih dan cara mengolahnya, bisa Anda cek di sini.

Fakta dan Manfaat Kunyit Putih

Tanaman

Kunyit putih dikenal dengan berbagai nama, seperti kunir putih, temu poh, temu putih, dan koneng bodas. Dalam bahasa Malaysia disebut dengan temu pauh, sedangkan di Thailand dikenal dengan kha min khao. Kunyit putih juga dikenal dengan nama temu mangga karena memiliki aroma mangga.

Kunyit putih memiliki nama latin Curcuma mangga Val.van Zip. Tanaman obat ini adalah salah satu spesies dari keluarga Zingiberaceae. Kita bisa menemukan tanaman ini di Indo-Cina, Thailand, Taiwan, daerah Pasifik, sampai Australia Utara. Kunyit putih sudah dibudidayakan di Eropa dan Amerika Serikat. Pertama kali dibawa pedagang Arab ke Eropa sekitar abad keenam.

Sejarah

Kunyit putih diperdagangkan bersama rempah-rempah lainnya selama abad pertengahan. Kunyit putih menjadi komoditas yang unik karena aromanya kombinasi antara mangga, kunyit, dan jahe. Tanaman ini juga disebut dalam puisi abad ke-13 Roman de la Rose, dan dipuji oleh Nicolas Culpeper, seorang dukun abad ke-17. Pujian ini tidak lain karena kunyit putih dapat melawan racun, mengusir angin, membunuh cacing, dan membantu meredakan nyeri saat menstruasi.

Kegunaan

Kunyit putih bisa digunakan sebagai makanan dan obat herbal Di Indonesia, bubuk kunyit putih sering ditambahkan ke masakan kari. Di India, kunyit putih yang segar dipakai untuk hidangan populer. Beda lagi dengan Thailand, kunyit putih segar diiris dan digunakan sebagai bahan tambahan dalam salad.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Film Islami Indonesia Terbaik yang Mampu Memeriahkan Ramadanmu

Dibandingkan untuk makanan, kunyit putih lebih populer digunakan sebagai obat. Kunyit putih kaya akan kandungan tanin, kurkumin, gula, minyak atsiri, damar, flavonoid, dan protein toksis yang dapat menghambar pertumbuhan sel kanker. Kunyit putih juga diyakini bermanfaat untuk pengobatan gejala radang sendi, asma, anti rematik, dan obat diuretik. Manfaat kunyit putih untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi.

Manfaat untuk Kesehatan

kunyit putih

1. Antimikroba dan Antijamur

Kunyit putih dapat mengurangi jumlah mikroba dalam mulut dengan hasil yang sama seperti produk obat kumur di pasaran. Kunyit putih juga bisa menghambat jamur dalam tubuh manusia. Kunyit putih mampu melawan infeksi jamur seperti Candida dan Aspergillus. Selaint itu, ekstrak kunyit putih juga dapat melawan beberapa jenis bakteri seperti E. coli yang menyebabkan gangguan pencernaan dan Staphylococcus aureus yang menyebabkan bisul.

2. Antioksidan

Seperti manfaat rempah-rempah lain, kunyit putih juga bagus untuk menangkal radikal bebas karena bersifat antioksidan. Dengan mengonsumsi kunyit putih secara rutin, kita bisa menjaga sel kulit tubuh agar terhindar dari penyakit kanker.

3. Anti-alergi

Kandungan curcumin pada kunyit putih juga berfungsi sebagai anti-alergen yang dapat mencegah reaksi alergi yang berhubungan dengan kulit akibat pelepasan senyawa kimia di tubuh. Curcumin juga dapat menghambat aktivitas protein inflamasi penyebab alergi.

4. Anti-inflamasi

Lagi-lagi, senyawa curcumin dalam kunyit putih dapat membantu menghilangkan rasa sakit, bahkan lebih baik dibandingkan dengan aspirin. Senyawa curcumin dan dihydrocurdione berkontribusi pada aktivitas analgesiknya.

5. Antitoksik

Ekstrak kunyit putih juga bisa menjadi penawar racun, termasuk racun ular.

6. Antikanker

Kunyit putih juga berperan penting dalam menghambat penyebaran kanker dari suatu organ ke organ lain. Namun, efektivitasnya untuk mengobati kanker secara menyeluruh masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga:   6 Rekomendasi Film Islami Indonesia Terbaik yang Mampu Memeriahkan Ramadanmu

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More