Home Food Inspirasi Menu Sahur dan Berbuka Mudah Berbahan Ayam, Ada Ayam Penyet Khas Surabaya Juga!

Inspirasi Menu Sahur dan Berbuka Mudah Berbahan Ayam, Ada Ayam Penyet Khas Surabaya Juga!

by Erin Nuzulia
ayam penyet

Memasuki bulan suci Ramadhan, selain disibukkan dengan aktivitas ibadah, kita pasti juga akan lebih mempersiapkan menu untuk sahur dan berbuka. Salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan dan diolah adalah ayam. Namun sering kali kita kehabisan ide untuk mengolah ayam. Agar Anda tidak mati gaya, berikut kami berikan rekomendasi olahan ayam yang enak dan mudah membuatnya. Salah satunya adalah ayam penyet. Membuat ayam penyet yang enak tidak hanya dari bumbu ayamnya, namun juga dari sambalnya. Nah, apa saja menu olahan ayam yang cocok dipakai sahur dan berbuka? Simak artikel ini sampai selesai!

Inspirasi Menu Sahur dan Berbuka Mudah Berbahan Ayam, Ada Ayam Penyet Khas Surabaya Juga!

Ayam Katsu

Menu ayam katsu ini sangat mudah dan praktis untuk disantap sahur dan berbuka. Selain itu, Anda juga bisa menyimpannya di kulkas dengan cara dibekukan di freezer sehingga bisa tahan hingga 1 bulan ke depan. Cara membuatnya mudah, bahan yang Anda butuhkan hanya daging dada ayam tanpa tulang, tepung terigu, telur, tepung panir, garam, lada dan bawang putih bubuk.

Cara membuatnya adalah potong dada ayam tipis berbentuk kotak. Kemudian baluri dengan garam, lada dan bawang putih secukupnya, simpan di kulkas bagian chiller selama kurang lebih setengah jam. Kemudian, kocok lepas telur. Setelah itu, ayam yang telah dimarinasi dikeluarkan dan balurkan tepung terigu asal rata, celupkan ayam ke kocokan telur dan terakhir gulingkan ke tepung roti hingga merata. Simpan kembali di kulkas atau freezer selama kurang lebih setengah jam agar tepung roti menempel sempurna. Terakhir, goreng hingga berwarna coklat keemasan. Jika Anda ingin menyimpan di freezer, maka cukup digoreng jangan terlalu coklat. Namun pastikan ayam telah matang sempurna.

Baca Juga:   Menggugah Selera Makan Keluarga dengan Resep Nasi Kebuli Kambing!

ayam penyet

Chicken Blackpepper

Rekomendasi olahan ayam selanjutnya adalah chicken blackpepper alias ayam lada hitam. Menu masakan ini memiliki cita rasa pedas gurih dengan sedikit rasa pedas dari lada hitam. Sangat cocok dikonsumsi untuk sahur dan berbuka puasa. Adapun bahan yang Anda butuhkan adalah daging ayam tanpa tulang (bisa bagian dada atau paha) potong dadu namun jangan terlalu kecil, bawang putih, bawang bombai, kecap manis, kecap asin, saus tiram dan lada hitam serta sedikit minyak untuk menumis.

Caranya, marinasi ayam dengan kecap manis, kecap asin dan saus tiram selama minimal setengah jam. Kemudian tumis bawang putih dan bawang bombai hingga harum, masukkan marinasi ayam ke dalam wajan masak hingga matang. Tambahkan lada hitam bubuk sesuai selera. Sajikan selagi hangat.

Ayam Penyet

Bicara soal ayam penyet, salah satu daerah yang legendaris untuk menu makanan yang satu ini adalah Surabaya. Sangat mudah menemukan warung yang menjual ayam penyet di Surabaya. Yang membuat menu ini terkenal bukan hanya soal bumbu di ayam gorengnya, melainkan juga cita rasa sambal yang gurih pedas.

Adapun  resep ayam penyet sebenarnya sama seperti ayam goreng pada umumnya,  yakni ayam yang telah dipotong, diungkep menggunakan bumbu dasar kuning dan garam. Rahasia ayam penyet yang enak adalah dengan cara menggorengnya. Caranya adalah goreng ayam di wajan berisi minyak panas yang banyak dan sebentar saja. Hasilnya, ayam krispi di luar dan juicy di dalam.

Adapun untuk resep sambal ayam penyet, biasanya terdiri dari cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan juga tomat. Semua bahan sambal digoreng hingga setengah matang, kemudian panas panas dihaluskan dengan ditambahkan garam dan gula sesuai selera.

Baca Juga:   Legendaris! Ini Daftar Kuliner Semarang yang Wajib Coba

ayam penyet

Ayam Bakar Madu

Untuk membuat ayam bakar madu, Anda bisa mengungkep ayam terlebih dahulu dengan bumbu untuk ayam goreng seperti biasanya. Kemudian, siapkan bumbu olesan untuk membakar ayam. Adapun bumbu olesan tersebut antara lain, kecap manis, minyak, dan saus sambal. Nah, sembari membakar ayam di atas bara api atau teflon, Anda bisa mengolesi ayam dengan bumbu olesan yang telah dipersiapkan. Sangat mudah bukan?

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More