Home Others 6 Rekomendasi Film Islami Indonesia Terbaik yang Mampu Memeriahkan Ramadanmu

6 Rekomendasi Film Islami Indonesia Terbaik yang Mampu Memeriahkan Ramadanmu

by Erin Nuzulia

Saat Ramadan tiba, kita akan mengisi dengan banyak aktivitas yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah. Namun pada Ramadan kali ini, di tengah pandemi Covid-19, kita tidak bisa mengadakan kegiatan-kegiatan di luar rumah, ada baiknya jika waktu yang digunakan untuk kegiatan tersebut dialokasikan untuk menonton film islami yang bisa membangkitkan semangat berislam. Menonton film islami selama Ramadan juga bisa membuat kita mendapatkan banyak hikmah yang terselip dari film-film tersebut.

6 Rekomendasi Film Islami Indonesia Terbaik yang Mampu Memeriahkan Ramadanmu

 

  1. Mencari Hilal (2015)

Alur ceritanya yang sederhana tidak membuat film ini lantas membosankan. Film ini justru diisi dengan konflik yang sederhana. Pembahasan isu sosial yang banyak terjadi di masyarakat Indonesia, terutama mengenai perbedaan pola pikir antara anak dengan orangtua dalam memandang Islam menjadi sorotan utama di Film ini.

Perbedaan pola pikir ini kemudian membuat mereka sering bertengkar mengenai tradisi, budaya, dan sosial. Pemeran Ayah dalam film ini adalah Aktor senior Deddy Sutomo. Ia memerankan sosok ayah yang sangat taat beragama dan kolot. Sedangkan pemeran anak pada film ini adalah Bayu Oktara. Ia memerankan sosok anak yang keras kepala, tetapi gaul. Film ini bisa membuka mata Anda mengenai Islam dari kacamata yang berbeda.

  1. Haji Backpaker (2014)

Film ini berkisah tentang pemuda (diperankan oleh Abimana) yang patah hati karena ditinggal nikah mempelai wanitanya yang kabur saat pernikahan. Pemuda tersebut pun marah kepada Allah dan pergi dari rumah tanpa tujuan.

Di perjalanan ia semakin jauh dari Tuhan dan ajaran agamanya. Ia pun hidup dalam kecemasan dan selalu dihantui mimpi buruk. Hingga akhirnya pemuda tersebut menyadari bahwa ia tetap dilindungi oleh Allah meskipun kehidupannya jauh dari ajaran agama.

  1. Hafalan Shalat Delisa (2011)

Film yang diangkat dari novel karya Tere Liye ini bercerita mengenai Delisa yang selamat dari musibah Tsunami. Seluruh keluarganya tewas dan Delisa mesti kehilangan kaki kanannya. Delisa kemudian diselamatkan prajurit Amerika yang kemudian ingin mengadopsi Delisa. Akhirnya Delisa mampu berjumpa dengan ayahnya yang saat itu bertugas di kapal tanker perusahaan minyak dengan sangat mengharukan.

  1. Sang Pencerah (2010)

Film yang menceritakan pahlawan nasional K.H. Ahmad Dahlan ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Ahmad Dahlan diperankan oleh Lukman Sardi. Film ini menceritakan kisah hidup Ahmad Dahlan dalam mendirikan Muhammadiyah dan juga mengajarkan arti perjuangan, kesabaran, dan ketaatan pada Allah.

  1. Ketika Cinta Bertasbih (2009)

Film tentang Islam yang satu ini menyajikan kehidupan percintaan di kalangan mahasiswa Indonesia yang ada di Kairo. Pencarian cintanya untuk mendapatkan wanita yang didambakannya menemui banyak sekali rintangan. Tidak hanya ujian, berbagai masalah pun hadir pada tokoh utama hingga akhirnya dipersatukan oleh pujaan hatinya yang sejak dulu diidam-idamkan.

  1. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Film ini merupakan film fenomenal yang meraih 5 penghargaan di Festival Film Bandung. Cerita mengenai drama percintaan ini sangat menguras emosi penonton. Film ini berkisah mengenai Fahri yang akan mempersunting gadis yang akan dinikahinya, namun berbagai masalah hadir menjumpai hidupnya. Ia bahkan harus rela mendekam di penjara karena tuduhan atau fitnah yang dilakukan tetangganya sendiri.

Baca Juga:   Fakta dan Manfaat Kunyit Putih

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More