Home Hobbies 6 Jenis Ikan Laut Cantik yang Dapat Anda Pelihara

6 Jenis Ikan Laut Cantik yang Dapat Anda Pelihara

by Erin Nuzulia
ikan laut

Memelihara ikan merupakan salah satu hobi yang dapat membuat rileks seseorang. Selain itu, hobi unik yang satu ini memiliki beragam manfaat lain, seperti memberikan rasa damai, baik untuk kondisi kesehatan jiwa, serta dapat menjernihkan pikiran. Pada umumnya, ikan yang menjadi peliharaan adalah ikan jenis air tawar. Namun, selain ikan tawar, ikan laut pun dapat dijadikan sebagai peliharaan. Lalu, jenis ikan laut apa saja yang dapat dijadikan peliharaan? Berikut kami sajikan 6 ikan laut yang dapat Anda pelihara di rumah.

 

6 Jenis Ikan Laut Cantik yang Dapat Anda Pelihara

 

  1. Clown Fish

Clown Fish merupakan ikan laut yang biasa disebut dengan julukan ikan badut. Ikan ini merupakan jenis ikan yang beberapa waktu lalu dijadikan tokoh utama sebuah film, yaitu Nemo dalam film yang berjudul “Finding Nemo.” Ikan  badut ini memiliki ciri khas yang unik, yaitu warna oranye cerah dan loreng putih dengan pola garis hitam seperti badut. Ikan laut jenis ini sebenarnya lebih suka hidup di bawah laut. Namun, bukan berarti hal itu membuat Anda tidak dapat memelihara ikan ini. Anda dapat memelihara ikan ini dengan menyediakan terumbu karang di dalam akuarium sehingga ikan tersebut akan merasa seperti berada di bawah laut.

 

ikan laut

 

  1. Blue Tang

Jika Anda dapat menemukan Nemo di film “Finding Nemo”, maka Anda juga dapat menemukan Dory di film tersebut. Dory adalah ikan dengan jenis Blue Tang. Ikan ini memiliki ciri khas warna biru pada tubuhnya. Selain itu, kekhasan lainnya adalah ekornya yang merupakan perpaduan dua warna, yaitu kuning dan hitam. Ikan laut ini memiliki tubuh yang bulat dan ramping, seperti menyerupai angka 6. Saat berusia anak, ikan ini memakan plankton di dalam laut sedangkan saat dewasa ikan ini memakan plankton dan algae.

Baca Juga:   Lengkapi Waktu Santai dengan Kue Kering tanpa oven

 

  1. Firefish

Ikan hias air laut yang satu ini memiliki ciri khas bentuknya yang memanjang dan runcing di bagian kepala. Sesuai dengan namanya, ikan ini mirip dengan bentuk roket sehingga banyak orang mengenalnya dengan nama ikan roket merah. Ikan ini sangat gesit dan aktif. Meskipun begitu, firefish bukan tipe ikan yang konfrontatif sehingga dapat disatukan dengan ikan lainnya di akuarium yang sama.

 

ikan hias air laut

 

  1. Mandarin Fish

Mandarin fish merupakan ikan hias air laut yang juga dikenal dengan sebutan Naga Cina. Ikan ini berbentuk kecil dam mungil dan memiliki corak cerah berwarna-warni. Ikan ini hanya memiliki panjang 6 cm. Corak ikan ini tampak seperti batik yang bergaris warna hijau, jingga, kuning, dan biru yang terdapat pada seluruh bagian tubuhnya. Ikan hias air laut ini hanya keluar dari karang di pagi dan malam hari, khusus untuk mencari makan.

 

  1. Anglefish

Ikan hias air laut lainnya adalah angelfish. Ikan ini berbeda dengan angelfish air tawar. Anglefish ini merupakan salah satu ikan hias air laut yang memiliki keunikan warna wajah yang lebih cerah daripada warna tubuhnya. Anglefish juga merupakan ikan kuat yang dapat bertahan hidup dalam waktu yang relative lama jika dirawat dengan apik. Keunikan lain pada ikan ini adalah pada masa awal ia berstatus sebagai betina dan saat mencapai ukuran tertentu ia akan berubah menjadi jantan. Luar biasa ya!

 

  1. Lion Fish

Ikan hias air laut yang terakhir adalah Lion Fish. Ikan ini memiliki duri beracun pada sirip yang mengembang ketika ia merasa terancam. Duri inilah yang menjadi daya tarik ikan hias air laut ini.

Baca Juga:   Penuhi Kebutuhan Protein dengan mengonsumsi berbagai olahan Ayam

 

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More