Home Sports 5 Teknik Dasar Bola Voli yang Wajib Dikuasai Jika Ingin Menjadi Profesional

5 Teknik Dasar Bola Voli yang Wajib Dikuasai Jika Ingin Menjadi Profesional

by Erin Nuzulia
teknik dasar bola voli

Bermain voli memang terlihat mudah. Apalagi, jika mengetahui bahwa kita tidak harus banyak berlari pada permainan ini, tentu kita akan menganggap bahwa permainan ini tidak cukup melelahkan. Namun, kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Untuk bermain voli secara baik, terutama untuk lomba ataupun kompetisi, kita harus benar-benar bisa menerapkan teknik dasar bola voli. Teknik dasar bola voli memang cukup gampang dilihat, tetapi jika belum terbiasa, teknik termudah pun akan sulit dilakukan. Nah, dalam artikel ini akan dibahas teknik-teknik bola voli yang perlu kamu kuasai sebelum menjadi seorang pemain profesional.

teknik dasar bola voli

Pada dasarnya, teknik bola voli yang paling dasar itulah yang menjadi pembeda antara permainan bola voli dengan beberapa permainan bola yang menggunakan net. Teknik bola voli cukup unik. Tekniknya menggunakan tangan dan tidak boleh dilakukan dengan bantuan kaki. Hal ini tentunya berbeda dengan sebagian besar bola sepak yang justru tidak memperbolehkan menggunakan tangan.

Nah, ada beberapa teknik dasar yang bisa kita pelajari bersama. Teknik dasar tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

5 Teknik Dasar Bola Voli yang Wajib Dikuasai Jika Ingin Menjadi Profesional

 

Servis

Servis merupakan gerakan awal penanda memulainya pertandingan. Gerakan ini biasanya dilakukan dari luar lapangan (bagian belakang) dan dipukul melambung ke atas area lapangan lawan. Servis sendiri terbagi menjadi servis atas dan bawah. Perbedaannya adalah jika servis atas bola dipukul dari atas kepala, sedangkan servis bawah bola dipukul dari posisi rata perut dan dilambungkan tinggi ke area lapangan lawan. Servis yang mengenai net dan jatuh ke area lapangan tim sendiri akan dianggap gagal dan poin untuk tim lawan.

Passing Atas

Passing atas adalah salah satu teknik mengoper bola pada rekan satu tim dengan cara melambungkan bola dari atas kepala. Bola yang diterima akan dilambungkan atau dioper ke rekan untuk dipukul ke area lawan. Biasanya, passing atas lebih sering dan enak digunakan sebagai operan sebelum dilakukan smash. Posisi pemain yang biasanya sering menggunakan teknik passing atas adalah tosser.

Baca Juga:   Rahasia dan Khasiat Milagros bagi Tubuh

teknik dasar bola voli

Passing Bawah

Berbeda dengan passing atas, passing bawah adalah teknik yang biasanya dilakukan untuk menerima bola dari area lawan untuk dilambungkan ke tosser. Teknik ini menggunakan dua tangan atau satu tangan yang kuat dari posisi bawah. Biasanya bagian tangan yang digunakan adalah lengan. Berbeda dengan passing atas yang biasanya menggunakan tangan atau telapak.

Smash

Smash merupakan pukulan dengan kontak tangan secara penuh sehingga pukulan cucup kuat untuk mengentakkan bola dengan kencang ke area lawan. Teknik ini adalah teknik menyerang yang paling jitu dan banyak digunakan untuk mencuri poin dari tim lawan. Pukulan smash harus dilakukan dengan cepat, tepat, dan kencang. Ada 4 jenis smash yang ada, yakni frontal smash, frontal smash twist, dump, dan smash dari pergelangan tangan.

teknik dasar bola voli

Blok

Blok merupakan teknik menghadang bola, terutama bola dari pukulan smash, agar bola tidak masuk ke area tim. Blok ini efektif untuk membendung bola sebagai teknik bertahan paling awal dari smash. Ada beberapa teknik blok, seperti blok seorang, blok 2 orang, dan blok 3 orang. Ketiganya biasanya dilakukan tergantung kekuatan si pemukul smash dari tim lawan. Biasanya, semakin banyak blok akan semakin kuat tangkisan. Namun, hati-hati karena bisa saja tim malah kena tipu dengan dump smash.

Nah itulah tadi pemaparan mengenai teknik permainan bola voli yang bisa kita dalami dalam latihan untuk bisa menjadi seorang pemain voli profesional yang andal. Tentunya, tidak ada yang instan dalam keahlian. Kamu harus jatuh berulang kali untuk bisa kemudian mahir berdiri tegak, termasuk di atas sehelai benang pun. Jadi, pada intinya, kalau mau betul-betul menjadi seorang pemain bola voli yang baik, kamu pun harus banyak berlatih keras.

Baca Juga:   Rahasia dan Khasiat Milagros bagi Tubuh

Selamat berlatih!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More