Home Food 5 Takjil Buka Puasa Pinggir Jalan yang Sehat dan Penuh Nutrisi

5 Takjil Buka Puasa Pinggir Jalan yang Sehat dan Penuh Nutrisi

by Erin Nuzulia

Bulan Ramadan sebentar lagi. Tidak hanya menyiapkan mental, persiapan fisik dengan memastikan kamu tetap sehat juga penting. Saat menjalankan ibadah puasa, adakalanya kamu sudah memastikan ingin takjil buka puasa apa yang dimakan untuk membatalkan puasa. Di Indonesia sendiri, sudah menjadi rahasia umum saat bulan puasa, ada banyak tukang jajan pinggir jalan yang menjual takjil buka puasa yang bisa bikin badanmu kembali segar setelah sehari penuh melaksanakan puasa.

Meski begitu, kamu tidak boleh sembarangan memilih takjil buka puasa agar kamu bisa tetap sehat saat puasa berlangsung. Kamu bisa memilih takjil yang mengandung buah-buahan segar di dalamnya. Selain buah, kamu juga bisa memilih varian yogurt sebagai salah satu menu takjil buka puasa. Yogurt dikenal memiliki kandungan bakteri baik yang membuat pencernaan kita akan lebih lancar saat menjalani puasa sehingga tidak mengalami begah. Konsumsi yogurt juga bisa dibarengi dengan buah dan kurma loh!

Takjil pilihan kamu juga harus mengandung serat dan protein, lantaran kedua kandungan tersebut mudah dicerna oleh tubuh dan akan membuat sistem pencernaan kita sehat. Serat dan protein yang tinggi di dalam takjil kamu akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu selama berpuasa.

5 Takjil Buka Puasa Pinggir Jalan yang Sehat dan Penuh Nutrisi

  1. Es Kelapa Muda

Kelapa muda sejak dulu dikenal memiliki banyak nutrisi seperti vitamin B, C, dan kalium. Banyaknya vitamin ini membuat es kelapa muda menjadi menu andalan yang bisa menyegarkan tubuh selepas berpuasa seharian. Air kelapa muda juga berfungsi sebagai cairan elektrolit yang dalam menggantikan cairan tubuh yang hilang selama puasa. Kamu bisa menemukan penjual es kelapa dengan mudah di pinggir jalan. Harganya pun murah.

  1. Sop Buah atau Es Buah

Manis dan menyegarkan tentu menjadi pilihan utama saat memilih menu takjil yang cocok setelah berpuasa seharian. Banyaknya variasi buah yang ada di dalam sop buah, membuat siapa pun tak akan bisa menolak kesegarannya. Masing-masing nutrisi yang terdapat pada buah tersebut bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang pas berpuasa seharian.

  1. Es Pisang Hijau

Kandungan dasar es ini adalah pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Pisang dipercaya kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin A, B, C, protein, serat, kalsium, lemak, dan karbohidrat. Penyajian pisang pada es pisang hijau ini membuat pisang semakin lebih nikmat saat disantap, apalagi saat berbuka puasa.

  1. Es Cincau

Cincau yang serupa dengan agar-agar ini sesungguhnya berasal dari dedaunan  dari spesies mesona. Es Cincau biasanya berwarna hijau atau hitam. Daun cincau dipercaya mengandung vitamin C yang kaya akan antioksidan. Cincau dapat membantu memulihkan radang lambung, menguatkan dinding lambung, hingga membunuh bakteri jahat yang ada di dalam lambung. Selain segar, konsumsi es cincau sebagai menu takjil juga menyehatkan, kan?

  1. Kacang Hijau

Menu takjil yang satu ini adalah pilihan sehat yang bisa kamu pilih saat berbuka puasa. Kacang hijau kaya akan serat makanan dan pati yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kacang hijau juga mampu memberikan nutrisi baik yang ada di usus atau saluran cernamu loh. Kacang hijau juga mengandung lemak yang rendah dan antioksidan fitosterol yang tinggi sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kacang hijau ini bisa kamu konsumsi sebagai bubur ataupun es kacang hijau saat berbuka puasa.

Baca Juga:   Lengkapi Waktu Santai dengan Kue Kering tanpa oven

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More