Home Mom 5 Perubahan Bentuk Tubuh ini Adalah Ciri-Ciri Hamil, Apakah Anda Merasakannya?

5 Perubahan Bentuk Tubuh ini Adalah Ciri-Ciri Hamil, Apakah Anda Merasakannya?

by Erin Nuzulia
ciri-ciri hamil

Kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar pasangan. Bukan hanya pasangan yang sudah lama menikah, pasangan muda yang baru menikah pun sebagian besar mendambakan kehadiran sang buah hati. Namun, banyak pasangan yang belum tahu bagaimana ciri-ciri hamil sehingga merasa kaget dan bingung ketika tanda-tandanya datang. Bahkan, tak jarang, tanda-tanda kehamilan tersebut dianggap sebagai gangguan kesehatan.

Salah satu ciri-ciri hamil adalah dengan adanya perubahan bentuk tubuh. Oleh karena itu, seseorang perlu lebih peka terhadap perubahan bentuk tubuhnya ketika sedang merencanakan kehamilan. Sebab, jika seseorang tersebut mengalami perasaan yang kurang sehat, kemudian ia memutuskan minum obat tanpa tahu bahwa sebenarnya ia sedang hamil, tentu hal tersebut dapat membahayakan kehamilannya. Berikut beberapa ciri kehamilan yang biasanya dialami dan perlu Anda ketahui.

5 Perubahan Bentuk Tubuh ini Adalah Ciri-Ciri Hamil, Apakah Anda Merasakannya?

  1. Terlambat menstruasi

Ciri-ciri kehamilan yang biasanya terjadi pertama kali adalah terlambatnya haid atau menstruasi. Dibuahinya sel telur oleh sperma di dalam rahim mengakibatkan tidak terjadinya menstruasi. Bagi wanita yang memiliki jadwal menstruasi teratur, tentunya hal ini dapat diprediksi dengan mudah sebelum memutuskan untuk mengecek kehamilan menggunakan testpack ataupun dengan alat pemeriksaan USG di dokter kandungan. Namun, bagi wanita yang memiliki jadwal menstruasi tidak teratur, hal ini dapat disiasati dengan cara menunggu jeda waktu antara 7-14 hari sebelum melakukan pengecekan kehamilan menggunakan test pack.

  1. Payudara yang Mengencang

Selain menstruasi, ciri-ciri kehamilan selanjutnya adalah payudara yang terasa lebih kencang. Perubahan tubuh ini dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah faktor perubahan hormon. Pada wanita hamil, beberapa hormon menjadi meningkat dan menyebabkan adanya perubahan bentuk tubuh. Seiring dengan berjalannya waktu kehamilan, payudara tidak hanya akan terasa mengencang, namun juga menjadi lebih besar. Di waktu mendekati persalinan, biasanya payudara sudah dapat memproduksi ASI.

  1. Sering Buang Air Kecil dan Konstipasi

Perubahan tubuh lain yang mencari ciri-ciri kehamilan adalah sering buang air kecil. Apalagi, seiring dengan berjalannya waktu kehamilan, seseorang akan cenderung lebih sering ingin buang air kecil. Hal tersebut dikarenakan, rahim yang membesar menekan kandung kemih sehingga muncul rasa ingin buang air kecil terus-menerus. Selain itu, orang yang sedang hamil biasanya mengalami konstipasi atau sulit buang air besar.

  1. Mual dan Muntah

Ciri-ciri hamil muda yang biasanya terjadi adalah mual dan muntah. Ciri-ciri kehamilan yang satu ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon kehamilan atau yang biasa disebut Human Chorionic Gonadotropin. Sebagian wanita hamil mengalami mual dan muntah di trimester awal kehamilan, meskipun sebagian yang lain terus merasakannya hingga akhir kehamilan. Salah satu cara agar tidak lemas akibat mual dan muntah adalah dengan mengonsumsi makanan sedikit tapi sering. Anda juga dapat mengonsumsi buah-buahan segar untuk menghilangkan rasa mual yang Anda alami.

Baca Juga:   Lengkapi Waktu Santai dengan Kue Kering tanpa oven

 

 

ciri-ciri hamil muda

 

  1. Kelelahan

Banyak wanita hamil yang mengeluh kelelahan selama masa kehamilan. Hal ini bukan menandakan bahwa wanita hamil jadi malas ya! Namun, lebih disebabkan karena wanita hamil membutuhkan energi yang lebih banyak untuk menjaga janin di dalam kandungannya agar lebih aman. Apalagi, di trimester akhir kehamilan, banyak wanita yang lebih cepat lelah dibandingkan biasanya. Oleh karena itu, hindari aktivitas fisik berat pada wanita hamil agar tetap dapat sehat dan bugar.

Itu tadi adalah 5 ciri-ciri kehamilan yang perlu Anda ketahui. Jangan panik dan segera hubungi dokter kandungan jika Anda mulai menemukan tanda ketidaknormalan pada tubuh Anda.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More