Alternatif Bumbu Kacang Sate Kambing

Biasanya, daging kambing ini jadi momok untuk mereka yang punya beberapa penyakit seperti hipertensi, jantung, kolesterol, dan diabetes. Tidak dimungkiri bahwa daging yang sangat lezat ini memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Tapi, walau menjadi momok, tapi penggemar daging kambing ini tetap banyak kok. Karena, selain ketakutan pada makanan ini, kandungan gizinya lebih banyak. Tapi, untuk readers yang punya penyakit tertentu tetap mimin sarankan untuk berhati-hati ya. Kalau dimakan dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan, daging kambing mampu memberikan manfaat untuk kesehatan untuk readers loh. Bumbu sate kambing biasanya ada yang pakai bumbu kacang. Ada juga yang lebih senang dengan resep bumbu yang tanpa kacang atau bumbu kecap.

Kembali ke masalah manfaat, daging kambing mampu menjadi sumber energi yang cukup besar. Karena memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi jadi walaupun beraktivitas seharian, kita akan terbantu karena menerima banyak energi. Kemudian, daging kambing bagus untuk mencegah anemia dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Walaupun termasuk sumber energi hewani, rupanya dagi kambing juga mampu menjadi sumber antioksidan. Karena, daging kambing mengandung selenium sebanyak 54% untuk kebutuhan harian. Kandungan pada 100 gram daging kambing juga mampu menjaga kesehatan mata. Ada lagi manfaatnya, yaitu menjaga kesehatan mental. Kandungan B12 yang cukup tinggi mampu menjaga dan sistem saraf yang baik untuk kesehatan mental.

Masalah utama dari mengolah daging kambing adalah terkadang kurang empuk atau masih tercium aroma prengus. Pasti banyak cara untuk menghilangkan aroma prengus dan membuat daging kambing lebih empuk. Tapi, biasanya dilakukan dengan cara terpisah. Misalnya, untuk membuat daging kambing empuk bisa menggunakan tepung kanji atau dibungkus dengan daun pepaya. Dibungkus dengan daun pepaya merupakan resep yang sampai saat ini paling ampuh loh, sedangkan jika tidak ada waktu untuk membuat daging kambing empuk dan tidak beraroma prengus dalam waktu bersamaan bisa menggunakan air kelapa. Sebelum mengolah daging kambing, apabila dagingnya direndam dengan air kelapa akan membantu mengurangi aroma prengus dan membuat dagingnya empuk dalam waktu bersamaan. Jadi, hemat waktu kan.

Setelah mimin kasih tips dan manfaat kesehatan, kita langsung saja praktik yuk membuat sate kambing bumbu kecap. Siapkan bahan-bahan untuk membuatnya.

Bahan Utama:

  • Daging Kambing 1/2 kg 

Bumbu marinasi sate kambing:

  • Bawang putih halus 10-12 siung
  • Bawang merah 4 siung
  • Gula merah 250 gr
  • Kemiri 10 butir
  • Ketumbar 1 sdm
  • Kecap manis
  • Garam
  • Kecap asin ½ sdm 

Bumbu pelengkap:

  • Kubis rajang
  • Tomat
  • Merica bubuk
  • Cabai rawit

Langkah-langkah membuat sate kambing:

  1. Potong daging kambing berbentuk persegi panjang kecil.
  2. Haluskan bumbu sate kambing.
  3. Setelah daging kambing dipotong-potong, marinasi daging kambing dengan bumbu tersebut selama 10-15 menit. Jangan terlalu lama.
  4. Setelah selesai, tusuk daging kambing dengan tusukan sate.
  5. Perhatikan dalam tusukan agar tidak terlalu rapat dan terlalu banyak agar daging kambing matang merata dan empuk.
  6. Bakar sate sambil sesekali diolesi kecap manis secukupnya karena jika terlalu banyak, daging kambing bagian luarnya akan mudah gosong.
  7. Siapkan bumbu pelengkap ditambah dengan kecap.
  8. Sate kambing yang sudah selesai dibakar, siap disajikan dengan bumbu kecap.

Mudah kan? Selain itu, jika melalui tahapan membungkus dengan daun pepaya atau direndam di air kelapa, pasti dagingnya akan empuk dan nagih hihi. Oke, itulah share resep olahan daging kambing dari mimin hari ini. Selamat mencoba! https://review.bukalapak.com/food/resep-sate-kambing-dan-3-cara-lain-mengolah-daging-kambing-yang-tak-kalah-sedap-47322

Gambar oleh pixabay.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *