5 Masakan Jawa Paling Nikmat, Sudah Pernah Mencobanya?

Setiap daerah di Nusantara kita memang punya keunikannya masing-masing. Tak terkecuali daerah Jawa. Tak hanya terkenal dengan petuah-petuah bijaknya, Jawa juga terkenal dengan masakan-masakan khas nikmatnya. Sebut saja urap sayur. Meski sederhana dan resep urap sayur tergolong mudah dipraktikkan, masakan tersebut tetap jempolan dan selalu sukses merajai meja makan. Nah, kamu yang ingin tahu cara membuat urap sayur bisa mendapatkan resepnya dengan mengklik tautan berikut ini:  https://review.bukalapak.com/food/makan-sayur-sehat-tapi-tetap-nikmat-dengan-resep-urap-sayuran-sedap-ini-34855.

Tentu saja, urap sayur hanyalah satu di antara sekian banyak masakan Jawa yang sedap dan merakyat. Selain urap sayur, 5 masakan berikut juga dijamin tak kalah nikmat. Mau mencobanya?

1. Lontong Balap
Pernah dengar nama makanan yang satu ini? Lontong balap merupakan salah satu masakan khas dari Jawa Timur. Lontong balap merupakan lontong yang disajikan dengan tauge, lenthok, kecap, bawang goreng, tahu goreng, sambal, serta siraman kuah dengan rasa asin, gurih, dan manis yang amat khas. Konon, makanan ini dinamai lontong balap karena pada zaman dulu, di Jawa Timur, penjual makanan ini biasanya membawa dagangannya berkeliling; mereka berjalan lebih kencang dibandingkan dengan penjual makanan lainnya.

2. Tahu Petis
Jika lontong balap termasuk kelas makanan berat, tahu petis tergolong camilan alias makanan ringan. Makanan ini berasal dari Semarang. Saat ini, tahu yang digoreng dan disajikan bersama siraman saus hitam bernama petis ini bisa dengan mudah ditemui di berbagai wilayah. Perlu kamu tahu, petis dibuat dari rebusan udang atau ikan yang dimasak terus-menerus hingga mengental. Jadi, selain nikmat, tahu petis pun dijamin kaya kandungan vitamin.

3. Tahu Tek
Satu lagi olahan tahu khas dari Jawa, mulai dari Jawa Tengah, JawaTimur, hingga Jawa Barat. Tahu tek dibuat dari tahu goreng, disajikan bersama lontong, tauge, kentang goreng, timun, kerupuk, telur, dan siraman bumbu tahu tek yang super nikmat. Bumbu tahu tek dibuat dari petis, kecap, bawang putih, kacang goreng, dan tambahan cabai merah. Kalau urusan nama, konon, penjual tahu tek biasanya berkeliling sambil mengetukkan garpunya ke penggorengan sehingga muncul bunyi “tek-tek-tek-tek”. Penamaan yang unik, ya. Namun yang jelas, tahu tek punya rasa super mantap.

4. Nasi Gandul
Makanan khas yang satu ini terdiri dari nasi putih, daging sapi, telur, dan kuah santan bumbu kuning. Tak lupa, kerupuk kriuk-kriuk juga turut menyempurnakan hidangan khas dari daerah Pati ini. Dalam penyajiannya, nasi gandul menggunakan daun pisang. Meski menggunakan piring, daun pisang tetap digunakan: diletakkan di atas piring sebagai alas nasi gandul ini. Tentu, penggunaan daun pisang sekaligus bisa menambah cita rasa khas dari makanan satu ini.

5. Rujak Cingur
Makanan yang sudah populer ini berasal dari Jawa Timur. Kata cingur sendiri memiliki arti ‘mulut sapi’. Sesuai namanya, rujak cingur terdiri dari potongan berbagai buah-buahan yang disajikan bersama cingur atau mulut sapi, tahu, sayur-mayur, dan bumbu rujak yang super sedap dan mantap. Bumbu rujak ini dibuat dari cabai merah, petis, bawang putih, kacang goreng, dan tambahan gula merah. Semua bahan diulek, kemudian disiramkan di atas cingur dan buah-buahan. Kerupuk juga tak ketinggalan ikut menyempurnakan sajian yang satu ini. Wah, sepertinya sangat lezat, ya?

Itu dia 5 masakan khas dari berbagai daerah di Jawa. Sudah pernah mencobanya?

Sumber gambar: SuaraWajarFm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *