Aneka Olahan Tepung Kanji dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Bicara soal makanan khususnya jajanan, Indonesia memiliki jajanan rakyat yang sangat beragam. Ada gulali, cilok, harum manis, dan masih banyak lagi. Nah, kalau kalian berasal dari Jawa Barat, pasti tidak asing dong dengan berbagai olahan yang berasal dari aci seperti resep cimol misalnya? Aci sendiri merupakan adonan yang berasal dari tepung kanji. Ternyata, hasil olahan tepung kanji atau aci ini dapat dibuat berbagai macam olahan jajanan loh yang populer di kalangan masyarakat.

Baca di sini:

https://review.bukalapak.com/food/resep-cimol-satu-ini-gurih-dan-enaknya-pasti-bikin-ketagihan-26308

Apa saja sih? Contohnya seperti cilok, cireng, seblak, dan juga cilor. Bukan hanya sekadar rasa, nama-nama dari jajanan-jajanan tersebut juga unik ya. Seperti cilok misalnya. Sebenarnya, kepanjangan dari cilok adalah aci dicolok, sedangkan cireng itu aci digoreng, dan cilor itu kepanjangan dari aci dicampur telur.

Meskipun sangat populer, cara pembuatan masing-masing makanan yang berasal dari olahan aci ini tidaklah susah lho. Bahan-bahannya tidak terlalu susah juga untuk dicari di pasar.

Jajanan dari tepung kanji ini pada dasarnya cocok untuk dipadupadankan dengan bumbu dapur. Karena tepung kanji memiliki rasa dasar yang gurih. Teksturnya yang kesat dan cukup lengket saat tercampur air, ternyata membuat tepung kanji menjadi mudah dibentuk dan dikreasikan menjadi jajanan anak yang lucu.

Manfaat dari Jajanan Aci Khas Bandung

Tepung kanji atau juga disebut tepung tapioka, yang notabene adalah bahan dasar aci ini rupanya memiliki segudang manfaat loh. Apa saja manfaatnya? Berikut macam-macam manfaat tepung kanji.


1. Membuat Pencernaan Lebih Lancar

Kandungan serat yang cukup tinggi pada tepung kanji nyatanya mampu melancarkan pencernaan pada tubuh. Jadi, kalau kamu mengalami masalah saat sembelit, maka kamu bisa mengonsumsi jajanan aci khas Bandung. Hmm, fakta yang cukup menakjubkan bukan?

2. Membuat Aliran Darah dalam Tubuh Lancar

Tepung kanji juga mengandung zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan sel darah baru yang berfungsi untuk mencegah anemia serta melancarkan sirkulasi darah.  Jadi, kalau kamu sedang banyak kegiatan dan merasa lemas karena kekurangan zat besi, kamu bisa mencoba olahan tepung kanji ini ya.


3. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Pati kanji memiliki kandungan kalium yang dapat membantu mereduksi stres pada tubuh. Selain itu, juga mampu menenangkan tubuh melalui aliran darah yang lancar.  Wah, kalau kamu sedang banyak pekerjaan dan kamu butuh sedikit dukungan dari makanan, kamu bisa kok mengonsumsi pati kanji.


4. Membuat Tulang Menjadi Kuat

Kandungan zat besi, kalium, dan ditambah kandungan vitamin K pada tepung kanji terbukti dapat menguatkan tulang. Tidak percaya? Ya, sebagai salah satu sumber karbohidrat, terbukti bahwa jajanan-jajanan yang berasal dari tepung kanji ini memiliki kelebihan tersebut.


5. Mendukung Sistem Metabolisme

Tepung kanji juga mengandung protein nabati yang berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh. Sistem metabolisme haruslah didukung secara penuh supaya tubuh kita lebih lancar dalam melakukan segala aktivitas dan juga tidak terkena penyakit seperti maag misalnya. Selain itu, semakin baik metabolisme pada tubuh kita, semakin baik pula proses pembakaran lemak.

Itulah sekilas tentang jajanan dari tepung kanji dan juga manfaatnya. Bila kamu mengonsumsinya dalam porsi wajar, maka kamu pun akan merasakan berbagai manfaatnya. Namun, jangan konsumsi terlalu banyak karena tepung kanji juga dapat menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *