3 Resep Masakan Ikan Laut Paling Nikmat, Mau Coba Membuatnya Sendiri?

Wah, malam-malam begini, kamukah itu yang sedang sibuk mencari resep masakan ikan laut? Memang, selain memikat dari segi rasa, ikan laut juga memiliki berbagai kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Nah, bicara soal masakan ikan laut, resep udang saus Padang adalah sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan di belakang—kamu bisa mengklik tautan berikut untuk menemukan resep istimewanya: https://review.bukalapak.com/food/butuh-20-menit-saja-membuat-resep-udang-saus-padang-ini-jadi-nyata-41008.

Namun, tentu saja, udang saus Padang hanyalah satu dari sekian banyak masakan ikan laut. Buat kamu yang sedang penasaran dan ingin mencoba membuat masakan ikan laut, yuk coba simak resep-resep berikut ini.

1. Ikan Laut Jangki Kuah Kuning
Tak selamanya ikan laut harus dimasak dengan cara digoreng atau dibakar, lho! Dijadikan masakan berkuah pun tak salah dan rasanya tak akan kalah. Coba deh masak ikan laut jangki dengan resep berikut ini.

Bahan. Untuk membuat 4 porsi masakan ini, siapkan 4 ekor ikan laut jangki, 4 butir telur kukus, dan 2 bungkus santan kara. Sementara itu, untuk membuat bumbu halus, siapkan 5 buah bawang merah, 4 siung bawang putih, cabai rawit sesuai selera, kemiri, kunyit, ketumbar, lengkuas, sereh geprek, daun jeruk, daun salam, gula, garam, dan penyedap rasa secukupya.

Cara Membuat. Pertama, cuci dan bersihkan ikan menggunakan jeruk nipis. Penggunaan jeruk nipis dimaksudkan untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Jika sudah dicuci bersih, goreng ikan. Sementara menggoreng, haluskan semua bumbu yang telah disiapkan untuk membuat bumbu halus. Kemudian, panaskan wajan dan masukkan santan serta air secukupnya. Tambahkan bumbu halus ke dalamnya, masukkan pula garam dan penyedap rasa. Masukkan ikan yang telah digoreng dan telur rebus ke dalamnya. Sajikan dengan tambahan bawang goreng supaya makin sedap.

2. Ikan Laut Penyet Kemangi Pedas
Kamu si penyuka pedas sepertinya wajib mencoba resep yang satu ini. Rasa ikan laut dengan wangi dan rasa daun kemangi yang khas dijamin akan menjadi paduan yang pas.

Bahan. Siapkan sekitar 250 gram ikan laut kecil, segenggam daun kemangi, ½ bungkus bumbu ikan goreng, 3 buah cabai merah dan cabai rawit sesuai selera, ½ buah tomat, serta garam, gula, terasi, dan minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat. Goreng ikan yang telah dibumbui dengan bumbu ikan goreng. Ulek cabai, garam, gula, terasi, dan tomat. Ulek hingga halus dan pastikan semuanya punya paduan yang tepat supaya menjadi sambal yang sedap. Tambahkan daun kemangi dan tekankan ke dalam sambal. Jika ikan yang digoreng telah matang, letakkan di atas sambal sambil dipenyet. Selesai! Sajian ikan laut penyet kemangi siap dihidangkan.

3. Ikan Laut Labu Kuning
Satu lagi masakan ikan laut berkuah yang harus kamu coba.

Bahan. Siapkan 2 ekor ikan laut ukuran sedang hingga besar, 250 gram labu kuning, serta ebi dan daun sawi secukupnya. Untuk membuat bumbu, siapkan 2 buah bawang merah dan 2 siung bawang putih, 3 butir kemiri, kunyit, garam, penyedap rasa, dan gula secukupnya, 1 batang serai, 2 lembar daun jeruk, serta 2 gelas air.

Cara Membuat. Ulek semua bumbu yang telah disiapkan hingga halus, kemudian tumis hingga harum. Jika sudah, tambahkan 2 gelas air, lalu masukkan ikan dan labu kuning. Masak keduanya hingga matang. Tambahkan pula ebi dan sawi. Tunggu hingga semuanya matang dengan sempurna. Sebelum diangkat, cicipi terlebih dulu dan pastikan masakan punya rasa yang pas. Bagaimana? Mau mencoba membuat salah satunya?

Sumber gambar: Info Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *