Intip Cara Mengolah Ayam Jadi Kari dengan Mudah

Resepmakanansedap

Sudah bukan hal baru lagi jika daging ayam adalah olahan paling ragam untuk masakan lokal Nusantara. Baik itu digoreng, diopor, salad, dipanggang, dibuat menjadi isian kudapan, sampai diolah menjadi masakan kaya rempah seperti resep kari ayam. Hampir seluruh umat manusia menyukai menu masakan ayam, bukan? Apakah Anda termasuk salah satunya?


Banyak sekali alasan mengapa orang–orang suka mengonsumsi daging ayam. Mulai dari aroma yang dihasilkan oleh kombinasi ayam dan rempah–rempah, cita rasa kulit ayam yang renyah, sampai bumbunya yang mudah meresap sempurna ke dalam daging ayam.


Dari segi manfaat, tidak ada sedikitpun hal yang mengecewakan dari daging ayam. Daging ayam sendiri mengandung vitamin B6 yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit jantung. Apalagi, akhir–akhir ini penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di dunia, ‘kan? Jantung koroner contohnya. Syukurnya, kandungan vitamin B6 di dalam daging ayam bisa mengurangi plak di dinding arteri sehingga meminimalisasi serangan jantung tiba–tiba yang disebabkan susahnya darah beroperasi di dalam jantung.


Mengingat betapa pentingnya menjadikan ayam sebagai menu makanan pada siklus menu setiap Minggu, maka perlu untuk Anda membuat beberapa hidangan dari daging ayam yang pas untuk disantap bersama keluarga. Bagaimana kalau membuat kari ayam untuk menu masakan Minggu ini? Sepertinya ide bagus.

Baca di sini: https://review.bukalapak.com/food/resep-kari-ayam-ini-punya-cita-rasa-rempah-yang-sulit-ditolak-10989

Nah, kami ada resep cara mengolah ayam menjadi kari nih untuk Anda. Jangan ke mana–mana! Baca artikel ini sampai selesai ya supaya tidak ada langkah yang terlewat.


Pertama, siapkan terlebih dahulu bahan–bahan seperti: setengah kilo gram daging ayam, 2 buah kentang, 1 buah wortel, buncis seperlunya, setengah buah kelapa untuk dibuat santan, serai, kayu manis, dan minyak goreng secukupnya.


Jangan lupa siapkan juga bumbu yang akan dihaluskan seperti 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 6 buah cabai merah, 1 ruas kunyit, 3 biji kemiri yang telah disangrai, 2 ruas jahe, 1 sendok teh jinten, 1 sendok teh ketumbar, garam, dan gula secukupnya atau sejumput.


Untuk langkah–langkah membuat kari ayam sendiri, rebus ayam sampai setengah matang. Selanjutnya, haluskan bumbu–bumbu di atas, kemudian panaskan minyak goreng di atas wajan, tumis bumbu halus tadi. Tambahkan kayu manis dan serai geprek ke dalamnya, tumis lagi sampai mengeluarkan aroma harum.


Ketiga, iris wortel dan kentang menjadi dadu, lalu masukkan ke dalam wajan. Tambahkan air santan encer, lalu masak hingga setengah matang.
Langkah selanjutnya, masukkan bahan dasar andalan, yaitu ayam, jangan lupa masukkan juga buncis setelahnya.


Langkah terakhir, siramkan air santan kental, lalu tunggu sampai matang. Oh ya, jangan lupa cicipi terlebih dahulu, siapa tahu kurang asin atau malah keasinan.


Untuk cita rasa seperti tingkat kepedasan, bisa disesuaikan dengan selera Anda. Jika Anda suka pedas, bisa tambahkan jumlah cabai dan bawang merah maupun bawang putih. Jika tidak, bisa dikurangi saja untuk jumlah bumbu halusnya.


Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat kari ayam yang super enak? Sebagai ibu rumah tangga, masakan Anda adalah favorit keluarga lho, terutama si buah hati. Ketika sang anak sedang tidak berselera makan, sepertinya masakan kari ayam akan berhasil menggugah nafsu makan si buah hati sehingga sang anak bisa lebih bersemangat untuk makan. Selamat mencoba ya Moms! Good job!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *