Resep Bolu Tape, Kue Basah yang Mudah Kamu Buat

Apa teman aktivitas sore yang paling nikmat? Jawabannya pasti bervariasi, tapi salah satunya adalah sepiring kue basah yang lezat. Yep, ada berbagai jenis kue basah yang bisa kamu coba dan tentu saja akan menggugah seleramu. Nah, dari sekian banyak kue basah itu, pernahkah kamu mencicipi bolu tape? Apalagi, resep bolu tape mudah kamu temukan di internet. Bila belum pernah mencobanya, bikin sendiri, yuk?

Ulasan ini akan memberitahumu cara membuat bolu tape yang lezat. Simak, ya!

Resep Bolu Tape #1

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah:

  • 200 gram tepung terigu
  • 400 gram tape singkong manis
  • 8 butir telur
  • 200 ml santan kental
  • 1 sendok makan emulsifier
  • 50 gram keju cheedar parut
  • 225 gram gula kastor
  • 50 ml minyak goreng

Setelah semua bahannya siap, kita mulai proses memasak bolu tape, ya. Pertama, hancurkan tape singkong sampai lembut, lalu campur dengan santan. Aduk sampai tape dan santan tercampur merata, lalu sisihkan. Selanjutnya, kocok telur bersama dengan gula pasir dan emulsifier sampai kental dan mengembang. Lalu, tambahkan tepung terigu yang sudah diayak halus ke dalam adonan. Aduk adonan sampai tercampur merata. Kemudian, tambahkan tape singkong dan minyak goreng. Aduk lagi sampai tercampur merata.

Selanjutnya, siapkan cetakan muffin yang sudah diisi cup paper atau loyang tulban. Kemudian, tuang adonan ke dalamnya dan beri taburan keju parut di atasnya. Bila kamu menggunakan loyang tulban, oven adonan dengan suhu 160°C selama lebih kurang 25 menit atau sampai terlihat kuning keemasan. Namun, bila kamu menggunakan cetakan muffin, adonan dioven dalam suhu 180°C selama lebih kurang 25 menit sampai menguning. Setelah matang, keluarkan loyang atau cetakan dari oven, lalu dinginkan sejenak. Setelah dingin, potong-potong sesuai selera. Nah, sekarang, bolu tape singkong pun siap disajikan.

Gimana, mudah, kan? Masih butuh referensi resep bolu tape lainnya? Coba baca juga resep ini, ya.

Resep Bolu Tape #2

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 400 gram tape singkong manis

Ingat, buang sumbu yang ada di bagian tengahnya, ya.

  • 225 gram gula kastor
  • 200 gram tepung terigu kunci biru
  • 50 gram keju cheedar parut untuk taburan

Bahan ini optional, ya. Bila tidak menyukai taburan keju, kamu bisa meniadakannya atau menggantinya dengan bahan lain.

  • 200 ml santan kental (kara)

Kamu bisa juga mengganti santan dengan susu kental manis, kok.

  • 50 ml minyak goreng, bisa merek apa saja
  • 8 butir telur
  • 1 sendok makan emulsifier

Setelah semua bahan disiapkan, kita mulai proses membuat bolu tape singkongnya, ya.Pertama, hancurkan tape singkong sampai lembut. Lalu, campur tape yang sudah dihancurkan dengan santan. Aduk hingga rata, lalu sisihkan. Selanjutnya, kita beralih ke bahan lain.

Kocok telur bersama dengan gula pasir dan emulsifier sampai mengembang dan mengental. Lalu, masukkan terigu sembari diayak di atas adonan, ya. Aduk campuran itu hingga rata. Selanjutnya, masukkan campuran tape singkong dan santan yang telah disiapkan di awal tadi. Aduk bahan-bahan itu hingga merata. Terakhir, masukkan pula minyak goreng dan kembali aduk hingga merata, ya.

Setelah semua bahan tercampur hingga rata, tuang adonan ke loyang tulban atau cetakan muffin yang telah diisi cup paper. Bila kamu suka, taburi adonan dengan keju parut. Setelah itu, masukkan adonan ke oven. Bila kamu menggunakan loyang tulban, atur oven dengan suhu 160o C selama lebih kurang 25 menit atau sampai menguning. Sementara itu, bila kamu pakai cupcake, atur oven dengan suhu 180o C, ya. Setelah matang, angkat dan sajikan bersama minuman favoritmu. Tidak sulit, bukan?

Dua resep bolu tape masih tidak cukup? Baca juga resep kue basah lainnya di https://review.bukalapak.com/food/resep-bolu-tape-singkong-ini-sederhana-tapi-bikin-ngeteh-sore-jadi-luar-biasa-26470 supaya eksperimenmu nanti berhasil.

Selamat mencoba!

Sumber gambar: jitunews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *