Resep Aneka Soto Khas Nusantara, Pilih yang Mana?

Sudah bukan rahasia lagi, Nusantara kita yang kaya budaya ini memang punya banyak masakan khas bercita rasa istimewa. Untuk urusan soto saja, hampir setiap daerah di Indonesia punya resep dan ciri khas masakannya masing-masing. Sebut saja soto lamongan dengan rasa koya segar yang khas atau soto babat dengan rahasia istimewa pada racikan bumbunya. Nah, kamu yang sedang mencari resep soto babat bisa klik tautan ini https://review.bukalapak.com/food/resep-soto-babat-sedap-cuma-perlu-racikan-bumbu-ini-43573

Tentu, selain soto lamongan dan soto babat yang sudah terkenal itu, masih ada resep aneka soto khas Nusantara lainnya yang tak kalah nikmat dan menggoda. Buat kamu yang penasaran ingin membuatnya, yuk simak ulasan berikut.

Soto Ayam Betawi
Kamu si penyuka masakan berkuah kental dan gurih mungkin akan cocok dengan masakan khas Betawi yang satu ini. Dibandingkan kuah soto lainnya, kuah soto khas Betawi lebih kental karena dibuat dari susu atau santan.

Bahan. Untuk membuatnya, siapkan 1 kg daging sapi sengkel atau bagian lain yang memiliki kandungan lemak rendah, 1,5 liter susu cair atau bisa diganti dengan santan cair, 4—5 buah cengkeh ukuran sedang, 2 batang serai, 2 ruas lengkuas untuk dimemarkan, 2 buah kapulaga, 2 buah kayu manis, 3 batang daun bawang yang telah diiris tipis, beberapa lembar daun salam dan daun jeruk, 2 batang selederi, garam dan gula pasir secukupnya, 1,5 sdt kaldu instan, jeruk nipis segar, 2—3 buah kentang yang diiris tipis dan digoreng sebagai pelengkap, beberapa irisan tomat, dan margarin untuk meumis.

Cara Membuat. Masak air pada panci besar hingga mendidih. Masukkan daging sapi, masak selama 5 hingga 7 menit. Jika ada busa dan kotoran yang keluar, segera bersihkan buang. Selanjutnya, angkat dan potong daging sapi tersebut sesuai selera. Buang air pada panci, ganti dengan 1 liter air baru, rebus kembali daging yang telah dipotong hingga empuk.

Haluskan bumbu. Bumbu meliputi bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, jintan, kencur, ketumbar, dan jahe. Setelah itu, siapkan wajan, beri margarin atau minyak untuk menggoreng. Masukkan bumbu ke dalam wajan dan tumis hingga matang. Jika sudah,  masukkan bumbu tersebut ke dalam panci berisi potongan daging, masukkan pula air kaldu dan aduk hingga rata. Masukkan bahan-bahan lainnya.

Setelah daging benar-benar empuk, masukkan susu cair atau santan ke dalamnya, kemudian aduk hingga mendidih. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Tambahkan daun bawang dan daun selederi, kemudian angkat.

Soto Ayam Madura
Yup! Tak hanya Betawi, Madura pun punya soto kreasinya sendiri. Tak jauh berbeda dengan soto khas Betawi, soto ayam dari Madura ini juga khas dengan rasa gurihnya.

Bahan. Untuk membuatnya, siapkan ½ kg ayam, garam, gula, penyedap rasa, dan merica secukupnya, 3 lembar daun jeruk, serta 1 batang serai untuk digeprek. Untuk membuat bumbu halus, siapkan 7 siung bawang putih, 3 buah bawang merah, 1 ruas jahe, 2 cm kunyit bakar, 4 biji kemiri yang telah disangrai, ½ sdt merica, dan 1 sdm kecap manis.

Cara Membuat. Rebus ayam dalam air mendidih, angkat, dan sisihkan kaldunya. Kemudian, goreng ayam hingga matang, lalu suwir dagingnya. Haluskan bumbu, tumis hingga baunya harum, lalu masukkan serai dan daun jeruk. Masukkan bumbu ke dalam air kaldu, kemudian masak hingga mendidih. Tambahkan gula, garam, merica, penyedap rasa, dan kecap manis.

Siapkan pula bahan pelengkap di dalam mangkuk. Bahan pelengkap bisa meliputi kol rebus, telur rebus, jeruk nipis, irisan daun bawang dan daun selederi, bawang goreng, serta kecap manis. Jika sudah, tuang kuah ke dalam mangkuk tersebut. Sajikan selagi hangat bersama sambal pedas supaya makin mantap.

Bagaimana? Siap membuatnya?

Sumber gambar: Unilever Solutions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *