Mengenal Bolu Gulung, Mulai dari Sejarah Hingga Resepnya

Saat ini, berbagai jenis kue, mulai dari kue tradisional khas Nusantara hingga kue modern, bisa dengan mudah ditemui di pasaran. Salah satu kue tradisional yang masih digemari hingga saat ini adalah kue lapis. Kalau kamu penasaran dengan cara membuat kue lapis, kamu bisa temukan resepnya dengan mengklik tautan ini: https://review.bukalapak.com/food/perlu-trik-ini-untuk-bisa-bikin-resep-kue-lapis-yang-cantik-27610.

Nah, jika jenis kue tradisional punya kue lapis sebagai primadona, jenis kue modern punya bolu gulung. Makanan berbahan dasar tepung terigu ini dikenal juga dengan nama swiss roll. Jangan salah, meski dalam namanya terkandung kata Swiss, bolu yang berasal dari Inggris dan mulai dikenal pada abad ke-19 ini sama sekali tak ada hubungannya dengan Kota Swiss.

Di Amerika, bolu ini dikenal pula dengan nama jelly roll. Berdasarkan catatan sejarahnya, bolu gulung menyebar ke dataran Eropa karena pengaruh para penjelajah. Saat ini, tentu, bolu ini tidak lagi hanya menyebar di Eropa. Di Indonesia, kamu pun bisa menemukan bolu ini di pasaran.

Dari hari ke hari, kreasi bolu gulung yang disesuaikan dengan cita rasa Indonesia pun terus bermunculan. Well, tak puas hanya mencoba mencicipinya, kamu pun mungkin ingin mencoba membuat jenis bolu yang satu ini. Tak perlu takut gagal, membuat bolu ini tak sesulit yang dibayangkan, kok. Buat kamu yang penasaran, yuk cek resep dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan Bolu
Untuk membuat sebuah gulungan bolu gulung, siapkan 7 butir kuning telur, 2 butir putih telur, 50 gram gula pasir, 40 gram tepung terigu, ½ sendok teh baking powder atau soda kue, 50 gram margarin yang telah dicairkan, 1 sendok makan susu kental manis, 1 sendok makan rhum, dan 1 sendok makan madu.

Bahan Buttercream
Selain bolu, di dalam bolu gulung juga ada krim yang turut menjadi kunci kenikmatan jenis makanan ringan yang satu ini. Untuk membuat krim tersebut, siapkan 100 gram margarin, 100 gram gula halus, dan ½ butir kuning telur. Setelah semua bahan siap, kocok bahan-bahan tersebut hingga mengembang dan berwarna putih menyerupai krim. Masukkan sedikit essence moka, cokelat, atau bubuk teh hijau. Essence yang dimasukkan ke dalam krim ini bisa kamu pilih sesuai selera.

Cara Membuat
Pertama, pecahkan telur, lalu pisahkan kuning telur dari putihnya. Kocok telur dan gula pasir yang telah disiapkan menggunakan mixer hingga keduanya tercampur rata dan mengembang. Masukkan rhum, susu, dan madu, kemudian aduk sampai rata. Selanjutnya, masukkan tepung terigu yang telah dicampur dengan soda kue.

Aduk campuran tersebut menggunakan spatula atau sendok ukuran besar.Jika sudah, masukkan margarin cair, kemudian aduk sebentar. Tuangkan adonan ke dalam loyang dangkal. Jangan lupa olesi loyang dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu sebelum digunakan. Panggang adonan di dalam oven dalam panas 220 derajat Celcius selama kurang lebih 10 menit. Usahakan bolu tidak sampai terlalu kering saat dipanggang. Sebab, bolu yang terlalu kering akan mudah patah saat digulung.

Jika sudah, angkat bolu dari oven dan keluarkan dari loyang. Letakkan di atas alas kertas roti. Olesi bolu dengan selai atau butter cream yang telah disiapkan. Sebelum mengolesinya, pastikan bolu sudah agak dingin agar krim yang dioleskan tidak meleleh. Terakhir, gulung bolu perlahan-lahan supaya tidak sampai patah. Iris bolu gulung dengan ukuran sesuai selera. Bagaimana? Sudah siap membuat bolu gulung kreasimu?

Sumber gambar: Resep Hari Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *