Butuh Resep Aneka Masakan Ayam? Resep Bakso Ayam Ini Wajib Kamu Coba

Tidak berlebihan kalau ada yang bilang ayam itu makanan favorit semua orang. Sebab, daging ayam bisa diolah menjadi berbagai masakan. Salah satunya adalah bakso ayam. Apalagi, cara membuat bakso ayam itu tidak terlalu sulit. Kamu tertarik membuat bakso ayam? Langsung saja, simak ulasan ini, ya!

Pertama, kita siapkan bahan-bahan membuat bakso ayam terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

  • 300 gram dada ayam giling yang masih benar-benar dingin, tetapi tidak beku
  • 4 kotak kecil es batu, hancurkan
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 1 butir telur, ambil putihnya saja
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • Kecap asin secukupnya

Selain bahan di atas, ada juga bahan-bahan untuk bumbu (dihaluskan):

  • 3 siung bawang merah, goreng utuh
  • 2 siung bawang putih, goreng utuh

Setelah semua bahannya siap, kita mulai proses membuat bakso ayam, ya. Langkah pertama, masukkan satu per satu seluruh bahan, kecuali kecap asin, ke dalam mangkuk yang cukup besar. Lalu, aduk hingga adonan tercampur rata.

Setelah rata, adonan harus dibanting-banting. Caranya, basahi tangan kamu dengan air, ambil seluruh adonan dengan tangan yang masih basah, kemudian banting adonan ke dalam mangkuk. Lakukan hal ini sebanyak 10 kali.

Selanjutnya, cicipi adonan bakso. Bila rasanya kurang pas, tambahkan bumbu sesuai selera. Bila rasanya sudah pas, kita lanjut ke langkah berikitnya, yaitu merebus adonan bakso. Caranya, siapkan air yang cukup banyak di dalam panci. Masak air hingga mendidih. Lalu, ambil sedikit adonan dan masukkan dalam air yang mendidih. Rebus adonan hingga mengapung. Jangan lupa, cicipi rasanya. Lagi-lagi, kamu bisa menambahkan kecap asin bila kurang asin, atau bumbu lainnya sesuai selera. Selanjutnya, aduk rata kembali. Setelah direbus, kini adonan bakso siap untuk dicetak.

Namun, sebelum itu, matikan api yang dipakai untuk merebus air terlebih dahulu, ya. Sebab, adonan bakso yang telah dicetak nantinya akan dimasukkan ke dalam air panas (tanpa api) terlebih dahulu, baru setelah itu direbus.

Kembali ke proses mencetak adonan bakso, ambil adonan secukupnya menggunakan tangan kiri yang telah dibasahi. Lalu, kepalkan tangan hingga adonan keluar dari atas kepalan. Setelah itu, ambil adonan menggunakan sendok basah. Kemudian, masukkan perlahan ke dalam air panas.

Setelah adonan habis atau panci sudah cukup penuh, masak adonan menggunakan api kecil. Pada awal merebus, ingat untuk selalu aduk perlahan bagian bawah bakso agar bakso yang menempel pada panci dapat terlepas. Rebus bakso hingga mengembang dan air rebusan mulai mendidih, tetapi tidak sampai bergolak-golak, ya.

Setelah mengembang, angkat bakso yang telah matang lalu masukkan dalam air es. Setelah bakso dingin, tiriskan airnya. Nah, kini bakso ayam pun siap disajikan bersama pelengkapnya atau dimasak menjadi hidangan lain. Mudah, kan?

Bila kamu berniat menyimpan bakso ayam ini dalam waktu yang cukup lama, masukkan dalam wadah tertutup lalu simpan di dalam freezer, ya.

Untuk kamu yang berniat mempraktikkan resep ini, ada sedikit tips, nih. Padasaat membuat adonan bakso, daging ayam giling harus dalam keadaan dingin, ya. Bila daging ayam yang kamu gunakan telah dibekukan, kamu bisa melunakkannya terlebih dahulu di dalam chiller. Namun, ingat untuk mulai membuat adonan bakso pada saat daging ayam tersebut belum lunak sepenuhnya. Jadi, masih ada sedikit bagian daging yang masih beku atau dengan kata lain suhu daging ayam masih dingin.

Soal banting-membanting, adonan bakso ayam harus dibanting sebelum dibentuk dengan tujuan agar hasil baksonya lebih kenyal. Jadi, bila kamu ingin hasil bakso buatanmu kenyal, jangan lewatkan tahapan ini, ya.

Nah, itulah resep bakso ayam yang bisa kamu coba. Baca juga https://review.bukalapak.com/food/cara-membuat-bakso-ayam-berikut-ini-dijamin-antirepot-dan-rasanya-pasti-enak-14388 untuk tahu aneka masakan ayam lainnya, ya.

Selamat mencoba!

Sumber gambar: kukukaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *