5 Makanan Dari Aci yang Bikin Ketagihan

Sebagian orang mungkin sudah familiar dengan kata aci. Aci merupakan endapan sari pati yang berasal dari umbi akar ketela pohon, yaitu singkong. Dari sebuah singkong, diekstrak hingga diperoleh patinya dalam bentuk tepung/bubuk. Aci banyak dimanfaatkan dalam membuat makanan tradisional, khususnya oleh masyarakat Sunda. Beberapa makanan yang terbuat dari aci yang cukup terkenal adalah cireng, cilor, dan cimol. Buat kamu yang masih asing dengan kata aci, berikut rangkuman beberapa makanan dari aci yang pasti bikin kamu ketagihan.

  • Cireng

Nama cireng merupakan singkatan dari: aci digoreng. Cara membuat cireng sangat mudah. Cukup campurkan aci, daun bawang yang telah diiris, bumbu penyedap rasa seperti garam dan bawang putih dalam air hangat. Setelah itu, tinggal dibentuk sesuai keinginan. Diamkan adonan cireng yang telah dibentuk di dalam kulkas selama sekitar 15 menit. Kemudian, goreng adonan tersebut dalam minyak panas. Taraa… cireng siap disantap.

Kini, cireng tidak hanya disajikan di rumah tapi sudah menjadi salah satu komoditi dalam bisnis kuliner. Maka dari itu, saat ini cireng hadir dengan beragam variasi. Tidak bahan dasar seperti yang disebutkan di atas, namun diisi dengan berbagai bahan mulai dari sosis, daging ayam, bahkan ada juga yang diisi dengan keju loh. Selain itu, ada juga varian cireng yang masuk kategori frozen food, yakni cireng rujak. Jadi, cireng yang telah digoreng dimakan dengan tambahan bumbu rujak. Rasa gurih-gurih pedas bikin siapa pun ketagihan.

cilok rujak
  • Cilok

Diambil dari singkatan aci dicolok, jadilah cilok! Bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilok tidak jauh berbeda dengan bahan untuk membuat cireng. Perbedaan terletak pada proses pembuatan dan bentuknya. Umumnya, cilok berbentuk bulat. Dan cara membuatnya tidak digoreng, tapi direbus.

Bulatan adonan yang telah dibentuk dimasukkan ke dalam air yang mendidih. Jika ingin rasa cilokmu semakin kuat, kamu bisa menggunakan air rebusan kaldu. Tunggu beberapa menit sampai cilok mengambang di permukaan dan kemudian tiriskan. Cilok biasanya disantap dengan cocolan bumbu kacang.

  • Cimol

Cimol merupakan singkatan aci digemol. Bentuknya bulat seperti cilok, tapi ukuran cimol umumnya lebih kecil daripada cilok. Untuk membuat cimol, tambahkan campuran tepung terigu ke dalam adonan. Selanjutnya, adonan cimol yang telah dibentuk bulat akan melalui tahap penggorengan. Namun, jangan langsung nyalakan api. Biarkan cimol terendam di dalam minyak goreng, baru kemudian nyalakan kompor. Tujuannya untuk menghindari timbulnya letupan. Bubuhkan bubuk perasa seperti keju atau barbeque di atas cimol yang telah digoreng tersebut.

  •  Cilor

Nama cilor merupakan singkatan dari aci telor. Berbeda dengan cimol dan cilok, adonan cilor awalnya dibentuk bulat memanjang. Adonan tersebut kemudian direbus hingga matang. Namun, tahapan pembuatan cilor belum selesai di situ. Selanjutnya, adonan aci yang telah direbus kemudian dipotong dadu kecil-kecil, lalu dicampurkan dengan telor. Biasanya, cilor digoreng dalam wajan dengan beberapa bentuk bulatan kecil. Panaskan wajan, lalu tuang campuran tersebut.

Resep lengkap cilor beserta step to step pembuatannya bisa kamu lihat di sini ya >> https://review.bukalapak.com/food/resep-cilor-jajanan-sedap-yang-bisa-dibuat-dalam-setengah-jam-41341

proses menggoreng cilor dalam wajan dengan bulatan-bulatan kecil
  • Batagor

Bakso tahu goreng, disingkat menjadi batagor. Lalu di mana acinya? Hehe.. Namanya memang tidak mengandung kata aci. Kamu tentu pernah melihat tahu yang memiliki isian lengket saat berada di tukang batagor, bukan? Nah, isian tersebut berbahan campuran aci dengan tepung terigu, telur dan bumbu-bumbu. Untuk menambah cita rasa, kamu bisa tambahkan hancuran ikan tenggiri ke dalam adonan. Kemudian masukkan adonan ke dalam tahu. Goreng hingga berwarna kecokelatan dan jadilah bakso tahu goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *