Aneka Olahan Tahu yang Dijamin Siap Membuat Lidah Bergoyang, Cobain Yuk!

Wah, bukan orang Indonesia namanya kalau enggak kenal dengan si makanan serba bisa bernama tahu. Tahu memang siap disantap dengan cara apa saja, mulai dari disantap langsung setelah digoreng hingga dibuat aneka olahan tahu, misalnya tahu gejrot yang sedang populer belakangan ini. Tak heran, resep tahu gejrot pun seolah sudah menjadi rahasia umum. Well, kalau mau tahu lebih lanjut soal resep tahu gejrot, klik laman ini: https://review.bukalapak.com/food/dalam-waktu-kilat-resep-tahu-gejrot-ini-sudah-bisa-disantap-27772.

Namun, kalau sudah mulai bosan dengan olahan tahu yang hanya itu-itu saja, ini saatnya kamu mencoba aneka olahan tahu baru. Butuh referensi alias inspirasi? Yuk, coba simak aneka olahan tahu berikut ini.

#1 Tahu bakso: meski sederhana, enaknya tetap juara
Tahu bakso memang sudah bukan lagi pendatang baru. Meski sederhana dan sudah dikenal sejak lama, tahu bakso tetap memiliki tempat di hati penggemarnya. Tahu isi bakso pun masih bisa dengan mudah kamu temui di pasaran. Jika ingin mencoba membuatnya sendiri, kamu pun cukup menyiapkan tahu goreng—kamu juga bisa menggantinya dengan tahu pong atau tahu sumedang. Siapkan pula bumbu-bumbu dan isian tahu. Karena dimasak dengan cara direbus, tahu ini bebas dari minyak berlemak.

#2 Bukan hanya dari daging, steak juga bisa kok dibuat dari tahu
Yup! Siapa sih yang tak suka makan daging yang kaya protein dan punya tekstur empuk itu? Sayangnya, harga daging terkadang tak bersahabat dengan kantong. Daripada menguras kantong habis-habisan demi makan daging, coba deh berkreasi sendiri membuat tahu menjadi makanan mewah layaknya steakdaging. Jangan salah, tahu juga bisa lho diolah menjadi steak.

Caranya, siapkan tahu, jinten, lada, cabai bubuk, bawang putih, garam, minyak, kecap hoisin dan kecap asin, selederi, serta daun bawang. Ulek jinten, lalu campur dengan bumbu yang telah disiapkan. Selanjutnya, oleskan campuran jinten pada tahu. Panaskan minyak pada wajan, lalu masak tahu hingga masing-masing sisi berwarna kecokelatan. Jangan lupa taburi dengan selederi dandaun bawang. Wah, sedap!

#3 Tahu dijadikan pizza? Siapa bilang enggak bisa?
Bukan hanya dimasak seperti steak, tahu juga bisa dimasak menjadi pizza. Caranya, siapkan 100 gram tahu yang sudah dipotong dadu, 30 gram bawang bombay, 20 gram paprika merah dan paprika hijau, 10 gram tepung tapioka, 200 gram telur, 50 mL susu cair segar, 150 gram keju parut, 1 bungkus kaldu ayam, dan 30 gram mentega.

Campurkan telur, tepung tapioka, susu segar, dan bumbu penyedap atau kaldu ayam. Kocok semuanya hingga merata. Panaskan mentega pada panci, kemudian tambahkan campuran telur yang telah dikocok tadi. Masak dengan api kecil, lalu masukkan tahu, paprika merah dan hijau, serta bawang bombai. Tutup panci dan tunggu sampai adonan benar-benar matang. Jika sudah, taburkan keju parut di atasnya. Bagaimana? Siap menikmati pizza tahu yang satu ini?

#4 Sup tahu miso, santap saat masih hangat supaya makin nikmat
Saat udara dingin, makan sup bersama nasi hangat bisa jadi pilihan paling nikmat. Kalau tertarik, sup tahu miso bisa kamu buat sendiri di rumah. Cukup siapkan 200 gram tahu yang telah dipotong kecil, 3 sdm minyak goreng, 1 liter kaldu dashi, 150 gram miso, dan 200 gram bayam. Bungkus tahu menggunakan kain bersih, tekan hingga airnya, lalu potong kecil-kecil. Panaskan minyak pada wajan untuk menumis tahu. Jangan lupa rebus kaldu dan masukkan tofu. Cairkan miso dengan sedikit kaldu, kemudian masukkan miso tersebut ke dalam kaldu. Tambahkan bayam, masak hingga matang. Bagaimana? Mudah bukan?

Sumber gambar: Royal Tumpeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *