Aneka Resep Kue Arisan Yang Murah Meriah

Arisan sudah seperti kegiatan rutin bagi sebagian besar wanita, setidaknya sekali dalam sebulan. Frekuensinya bisa jadi lebih sering dengan semakin beragam jenis arisan. Arisan keluarga, arisan RT, arisan anggota PKK, dan sebagainya. Biasanya, lokasi arisan berpindah-pindah, siapa yang mendapat arisan pada bulan sebelumnya, akan menjadi tuan rumah bagi acara arisan selanjutnya. Selain berkewajiban menyediakan tempat untuk mengadakan acara, tuan rumah biasanya juga akan menyediakan aneka kue, baik untuk dihidangkan selama acara maupun dibungkus untuk dibawa pulang, atau bahkan keduanya. Urusan menyiapkan hidangan ini kadang memusingkan. Menjelang hari H tiba, kamu mulai sibuk mencari bagaimana cara membuat kue sus, lemper, atau bolu yang enak. Nah, untuk membantumu menyediakan kudapan yang enak dan pastinya cocok disajikan saat arisan, berikut ini akan disajikan aneka resep kue yang dapat kamu buat sendiri di rumah.

Kue Sus

Bahan kulit kue sus (Choux Pastry):
100 gr margarin/mentega
200 ml air
1/4 sdt garam
1 sdm gula pasir
75 gr terigu protein sedang
50 gr terigu protein tinggi
3 butir telur (pilih yang berukuran besar), kocok lepas

Cara membuat kulit kue sus:
1. Campur margarin/mentega, air, garam, dan gula pasir. Didihkan di atas api kecil.
2. Matikan api, tambahkan tepung terigu yang sudah diayak. Aduk rata menggunakan sendok kayu hingga tercampur rata. Nyalakan kembali api (kecil saja), masak adonan sambil diaduk-aduk sampai kalis. Angkat, lalu dinginkan.
3. Tambahkan telur sedikit demi sedikit ke adonan sambil dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.
4. Tampatkan adonan dalam kantong segitiga. Cetak dengan arah melingkar di atas loyang yang telah dioles margarin tipis.5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 200°C selama 30 menit. Jika kue sus sudah mengembang, berwarna kuning kecokelatan dan busa pada adonan sudah hilang berarti kue sudah matang. Diamkan agar dingin. Sambil menunggu kue di oven dan dingin, mari membuat vla untuk isian sus.

Bahan Vla Kue Sus:
500 ml susu cair
130 gr gula pasir
1/2 sdt garam
70 gr tepung maizena
2 butir kuning telur, kocok lepas
1 sdt margarin/mentega
1 sdt ekstrak vanila

Cara Membuat Vla Kue Sus:

1. Panaskan susu cair, gula pasir, dan garam dengan api kecil hingga pinggirannya mulai mendidih. Masukkan larutan tepung maizena, lalu aduk hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api.
2. Masukkan kuning telur, lalu aduk rata. Nyalakan kembali api (kecil saja). Masak hingga meletup-letup. Angkat lalu matikan api.
3. Masukkan margarin/mentega serta vanila. Aduk hingga licin. Selagi didinginkan, vla harus sering diaduk agar tidak berkulit (keras di bagian permukaannya) dan agar teksturnya licin mengkilat.
4. Ambil kulit sus yang telah dingin, belah menjadi dua (jangan sampai putus). Semprotkan vla secukupnya, tutup kembali kulit sus. Lakukan sampai habis.
Referensi resep kue sus >> https://review.bukalapak.com/food/cuma-butuh-6-bahan-saja-membuat-resep-kue-sus-enak-ini-26389

Pie Susu

Bahan Pie Susu (Kulit):
150 gr mentega
250 gr tepung terigu
2 butir kuning telur
30 gr gula pasir halus
Bahan Pie Susu (Filling/Isian):
200 gr susu kental manis
200 ml air
20 gr tepung custard
4 butir kuning telur
1/2 sdt esens vanila
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kulit, aduk menggunakan spatula hingga berbutir, kemudian padatkan hingga warnanya senada dan adonan bisa dipulung. Sisihkan
2. Campur semua bahan filling, aduk rata lalu saring. Sisihkan.
3. Ambil adonan secukupnya, padatkan ke dalam cetakan pie. Ulangi hingga adonan habis.
4. Tuang isian/filling ke atas kulit pie. Oven di suhu 170°C selama kurang lebih 50 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing.
Referensi resep pie susu 

Kue Lumpur

Bahan-bahan:
• 600 gr kentang
• 250 gr gula pasir
• 3 butir kuning telur
• 2 butir putih telur
• 1 sdt garam Vanili bubuk secukupnya
• 500 ml santan
• 250 gr tepung terigu
• 100 gr margarin
• Kenari bubuk secukupnya untuk taburan

Cara membuat:
1. Kukus kentang, kupas kulitnya, lalu haluskan.
2. Kocok gula, telur, garam, dan vanili hingga putih dan mengembang. Tuang santan, aduk rata.
3. Masukkan kentang dan terigu secara bertahap dan bergantian sambil terus diaduk rata.
4. Lelehkan margarin, tuang ke adonan.
Lelehkan mentega di atas cetakan kue lumpur, tuang adonan hingga 3/4 cetakan. Tutup dan biarkan hingga 1/2 matang. Taburi kenari, dan diamkan hingga matang.

Bagaimana readers, tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *