Resep Kue Bolu Pelangi Simpel

Happy rainbow day! Hari ini cukup cerah ya readers. Sekarang sedang musim apa yah? Musim pelangi! Loh emang ada musim pelangi? Ada dong musim kue bolu pelangi. Ini sudah mau akhir tahun ni readers sudah menyiapkan apa saja untuk perayaan akhir tahun yang meriah nanti? Kudapan-kudapan ringan, petasan dan kumpul-kumpul kecil bersama kerabat dan sahabat-sahabat dekat pasti sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Atau jangan-jangan readers sudah menyiapkan perayaan akhir tahun di tempat-tempat pariwisata dan sudah booking tiket serta penginapan? Jangan lupa untuk siapkan kudapan selama perjalanan ya readers. Bisa sih kita pesan atau beli makanan di jalan. Tapi kalau bikin sendiri akan lebih banyak hal positif yang kita dapat. Seperti mendapat kuantitas yang lebih banyak juga menjamin makanan kita tidak ditambah dengan bahan-bahan pengawet yang kurang baik. Kali ini mimin ingin share resep kue lapis pelangi. Atau kalau sebutan kerennya rainbow cake. Kue bolu pelangi yang ingin mimin share ini simpel banget deh cara bikinnya, selain itu proses memasaknya dikukus readers. Jadi bisa lebih sehat dong.

Kue pelangi mulai populer sejak tahun 2009. Seorang wanita berkebangsaan Amerika bernama Kaithlin Planery merancang dan membuat kue untuk diberikan kepada sahabatnya yang berencana untuk pindah rumah. Kaithlin membuat rainbow cake dalam rangka farewell party. Teman dari Kaithlin adalah seorang yang menyukai pelangi dan sangat periang sehingga Kaithlin ingin membuat sebuah kue yang berwarna-warni dan memiliki rasa yang segar. Kemudian, dia mencoba membuat makanan yang dapat menggambarkan hal tersebut ke dalam sebuah kue. Kaithlin seorang yang menyukain menulis, fotografi, dan memasak sehingga, setelah membuat rainbow cake tersebut. Kaithlin membagikan resep dan pengalamannya pada blog pribadinya. Ia banyak menerima tanggapan positif. Banyak komentar dan pertanyaan sehingga rainbow cake menjadi topik yang hangat diantara para pencinta kuliner. Hingga seorang host dalam acara memasak di salah satu TV Amerika bernama Martha Stewart mendengar informasi tersebut. Kemudian, diundanglah Kaithlin ke acara Martha dan menjelaskan bagaimana cara membuat Rainbow Cake ini.

Informasi mengenai rainbow cake ini tidak hanya tersebar di Amerika saja, pada akhirnya menyebar ke berbagai belahan dunia lain termasuk Indonesia. Karena resepnya sudah sampai di Indonesia. Mimin akan share bagaimana cara membuat kue bolu pelangi ini. Dijamin nagih deh, selain itu tidak akan gosong-gosongan. Karena kita akan membuat bolunya dengan dikukus. Pertama-tama siapkan alat dan bahanya terlebih dahulu, seperti:

  • Tepung Terigu (125 Gram)
  • Telur Ayam (4 Butir)
  • Gula Pasir (150 Gram)
  • Santan Kental (50 Ml)
  • Mentega (50 Ml) Yang Di Cairkan
  • Emulsifier (1 Sendok Makan)
  • Baking Powder (1/2 Sendok Teh)
  • Garam (1/2 Sendok Teh)
  • Pewarna Makanan (Merah, Jingga, Kuning, Hijau sesuaikan dengan selera reders ya)

Langkah untuk membuatnya adalah:

  1. Kocok bahan-bahan dasar seperti telur, gula pasir, dan emulsifier menggunakan mixer hingga mengembang dan warnanya memucat.
  2. Masukan tepung terigu, baking powder, dan garam ke dalam adonan bahan-bahan dasar. Tambahkan sedikit-sedikit hingga tercampur rata. Selama menambahkan tepung adonan tetap diaduk menggunakan spatula.
  3. Masukan santan. Aduk hingga rata.
  4. Bagi adonan ke dalam tiga wadah berbeda. Kemudian warnai setiap adonan menggunakan pewarna yang sudah disiapkan.
  5. Didihkan air untuk mengukus.
  6. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan minyak.
  7. Tunggu air hingga mendidih.
  8. Masukan adonan warna pertama ke dalam loyang yang telah diolesi minyak tadi kemudian tunggu 5 menit.
  9. Ulang langkah ke 8 pada warna kedua dan ketiga.
  10. Setelah seluruh adonan masuk ke dalam kukusan kukus kue bolu pelangi selama 25-30 menit.
  11. Angkat bolu dan dinginkan sebentar.

Paling enak kalau makan kue bolu gandengan dengan teh atau susu pasti mancap banget. Silakan mencoba readers.

https://review.bukalapak.com/amp/food/perlu-trik-ini-untuk-bisa-bikin-resep-kue-lapis-yang-cantik-27610

Gambar oleh: resepaneka99.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *