Cara Mencegah Bulliying Pada Anak

Cara Mencegah Bulliying Pada Anak

Bulliying adalah tindakan yang menyakiti dengan kekerasan fisik maupun psikis, yang meyebabkan korban putus asa hingga stress berat dan dapat berpotensi untuk melakukan bunuh diri. Tindakan yang termasuk kategori kriminal ini ternyata tidak hanya bisa dilakukan secara langsung,dapat dilakukan melalui dunia maya juga.

Perlu anda ketahui tindakan ini merupakan permasalahan yang serius, bagi anda yang memiliki anak tentu memiliki rasa khawawtir akan terkena dampak kriminal tersebut . Oleh karena itu, ini ada beberapa ulasan cara mencegah bullying pada anak :

Cara Mencegah Bulliying Pada Anak

  • Komunikasi yang baik

Ketika anak menjadi korban biasanya mereka akan diam dan takut untuk mengatakan kepada orang tua dan keluarganya. Paksakan ia untuk bercerita kepada anda mengenai masalahnya,apabila ia telah bercerita kepada anda bahwa ia menjadi korban bulliying segera ambil tindakan dengan membicarakannya kepada guru atau orang tua pelaku. Pastikan selalu berkomunikasi secara terbuka dengan anak anda.

  • Perhatian orang tua

Agar terhindar dari korban semacam ini, orang tua harus selalu memberikan perhatian kepada anak. Dengan banyaknya kegiatan orang tua mengenai pekerjaannya kadang membuat mereka lupa bahwa anak juga perlu untuk diperhatikan. Oleh karena itu,pihak orang tua diwajibkan memberikan waktunya setiap hari kepada anak.

  • Membela diri

Saat anak anda menjadi korban bulliying dalam sekolah maupun lingkungan. Setidaknya,ajarkan anak tersebut tidak diam dan dapat membela dirinya. Dengan keberaniannya dalam bertindak dan tidak tidak tinggal diam,akan membuat para pelaku menyerah dengan sendirinya.

  • Membangun karakter anak

Sedari dini anda haruslah mengajarkan sosialisasi pada anak-anak agar mereka mudah bergaul. Biasanya anak yang dengan sosok tertutup,pemalu, dan tidak pandai bergaul dapat menjadi korban bulliying dengan mudah.

  • Ajari untuk tidak melakukan kekerasan

Terkadang orang tua lupa bahwa perkataan dan tindakannya dapat menyakiti secara psikis maupun fisik sang anak. Mencontohkan hal yang baik sangat diperlukan sebagai bentuk dari kepribadian anak. Jika anak anda bersalah tegur dia dengan baik jangan melakukan tindakan seperti berteriak ataupun memukulnya.

  • Pembelajaran mengenai bulliying

Cara mencegah anak dari hal ini selanjutnya adalah berikan pengertian mengenai bulliying. Beritahukan penjelasan,bahaya yang dihadapi dan dampaknya berikan pengertian bahwa tindakan ini hanya dilakukan oleh seorang pecundang.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

Mendidik anak sejak dini memang diperlukan,agar mereka dapat berani dan percaya diri terhadap kemampuannya mulailah membiasakan anak berani dengan tampil didepan banyak orang. berani mengemukakan pendapat dan berani berkomunikasi secara terbuka. Dengan demikian anak dapat melawan tindakan tersebut dan tidak ikut membantu pelaku karna sudah mnegetahui bahwa tindakan tersebut salah. Beberapa uraian diatas mungkin bisa menjadi referensi untuk anda terapkan kepada anak anda,supaya terhindar dari hal bulliying yang dapat merusak mental anak kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *