7 Sopan Santun yang Wajib Diterapkan kepada Anak

7 Sopan Santun yang Wajib Diterapkan kepada Anak

Pastinya setiap orang ingin memiliki anak yang sopan dan mengerti tata krama. Tugas Andalah sebagai orangtua untuk memberi contoh dan mengajarkan mereka mengenai hal ini. Sopan santun sebaiknya diajarkan sejak si anak masih kecil karena mereka lebih mudah dibentuk dan lebih suka mencontoh perlikau orang disekitar mereka terutama orangtua.

7 Sopan Santun yang Wajib Diterapkan kepada Anak

Mulailah mengajarkan dari hal sederhana sesuai dengan tingkat pemahaman anak Anda. Jangan lupa menjelaskan kepada mereka alasan mengapa ia harus berlaku sopan dan menghargai orang lain sehingga mereka lebih mengerti dan termotivasi. Berikut ini beberapa cara menerapkan sopan santun terhadap anak.

  • Menghormati Orangtua dan Orang yang Lebih Tua

Menghormati orangtua dan orang yang lebih tua merupakan salah satu norma kesopanan penting yang berlaku di masyarakat. Ajarkan anak-anak untuk selalu berbicara dan berlaku sopan kepada orang lain, terutama orang yang lebih tua. Misalnya bertemu dengan seorang guru, lalu menyapanya atau berjabat tangan.

  • Meminta Maaf

Banyak orang beranggapan bahwa meminta maaf berarti menunjukkan kelemahan seseorang. Tetapi sebaliknya, minta maaf sebenarnya menunjukkan kekuatan dan kelapangan hati, maka dari itu ajarkan sopan santun ini terhadap anak Anda agar untuk selalu meminta maaf ketika ia melakukan kesalahan.

  • Table Manner

Jangan anggep remeh mengenai table manner. Anak-anak yang mengerti masalah table manner di rumah biasanya akan menjadi lebih sopan sata mereka makan diluar rumah. Anda tidak ingi ketika diajak makan direstoran, anak berlarian dan memaikan alat makannya. Cara mengajarkan yang terbaik yaitu memberi contoh secara nyata terhadap anak.

  • Ajarkan untuk Tak Menjawab Ulang

Terkadang ketika marag Anda mungkin saja mengucapkan kata-kata yang tidak seharusnya diucapkan kepada anak. Tidak jarang anak juga merespon balik kata-kata tersebut. Tetapi sangat penting untuk mengajarkan anak bahwa hal ini tidak baik karena menunjukkan ketidakhormatan terhadap orangtuanya.

  • Mengucapkan Kata Tolong dan Terima Kasih

Ada banyak anak yang tidak mengerti bagaimana caranya meminta tolong dan berterima kasih. Ini sebenarnya merupakan masalah kebiasaan, maka biasakan anak-anak memiliki sopan santun untuk mengucapkan kata-kata ini setiap hari. Berilah contoh kepada mereka dalam kehidupan sehari-hari misalnya dengan mengucapkan terima kasih kepada setiap orang yang telah membantunya.

  • Menghormati Sesama

Ajarkan anak untuk sellau dapat memahami dan juga menghormati sesamanya. Dengan seperti itu anak akan paham bahwa ia dan teman-temannya memiliki hak yang sama. Norma kesopanan ini aka membantu mencegah timbulnya bullying pada anak-anak.

  • Kesamaan Derajat Antarsesama

Ajarkan pada anak untuk tidak mendiskriminasikan orang berdasarkan warna kulit, kekayaan, ras, pekerjaan, agama atau gender. Ajarkan sopan santun ini untuk mereka bahwa setiap orang berhak diperlakukan sama derajatnya.

Baca juga: Jangan Sungkan Untuk Menunjukan Sopan Santun, Ini Dia Manfaatnya Yang Bisa Didapatkan!

Nah, itulah beberapa cara mengajarkan sopan santun kepada anak-anak yang mudah untuk Anda terapkan sebagai orangtua. Ajarkan berbagai tindakan tersebut agar anak Anda menghargai dan menghormati orang lain secara baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *