Dampak Perilaku Religius Dalam Penumbuhan Etika

Dampak Perilaku Religius Dalam Penumbuhan Etika

Perilaku religius  adalah perlaku yang dekat dengan hal spiritual yang merupakan usaha manusia untuk mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa. Nilai –nilai religiositas dapat diajarkan melalui beberapa kegiatan yang sifatnya religi. Yang mana dapat mengembangkan dan menuntun diri kita untuk bertindak sesuai moral dan etika. Moral dan etika yang baik akan menjadikan suatu kebiasan untuk melakukan hal-hal baik.

Dampak Perilaku Religius Dalam Penumbuhan Etika

Perlu anda ketahui beberapa kegiatan religius yang dapat diajarkan kepada diri kita :

  1. Selalu berdoa dan bersykur
  2. Melaksanakan kewajiban ibadah
  3. Merayakan hari raya agama
  4. Melaksanakan keawajiban keagamaan yang lainnya

Dampak pembiasaaan berperilaku religius berpengaruh dalam beberapa hal seperti:

  • Berpikir positif

Hal ini dapat dilihat dari perilaku seseorang dimana mereka selalu mau mengakui semua kesalahannya sendiri dan dapat saling memaafkan orang lain. Dan seseorang juga mulai menghilangkan prasangka buruk terhadap orang lain. dapat selalu terbuka dan dapat diajak kerjasama dengan siapa saja tanpa memandang suatu perbedaan agama,suku maupun ras.

  • Cara pengucapan yang sesuai etika

Tutur kata yang sopan contohnya mengucapkan salam saat menemui seseorang ataupun hendak pergi, mengucapkan terimakasih, mengucapkan permintaan maaf bila bersalah,berkata dengan jujur dan masih banyak lagi. Hal yang seperti itu apabila dibiasakan sejak dini akan menumbuhkan sikap yang positif.

  • Bertingkah laku

Tingkah laku terbentuk dari perilaku religius tentunya tingkah laku yang benar, yang sesuai dengan etika dan nilai moral. Tingkah laku tersebut meliputi empat macam yaitu empati, hormat, kasih sayang,dan kebersamaan.

  • Tumbuhnya  sikap sopan santun

Perilaku religius bisa menumbuhkan sikap sopan santun dalam diri kita. Kita bisa mengontrol diri sendiri dengan baik, selalu bersikap menghargai orang lain dimanapun kita berada.

  • Lebih mengenal moral dan etika

Nilai religiositas dapat menjadikan diri kita memahami betul yang dimaksud dengan norma dan etika. Moral sebagimana menyatakan mengenai kita hidup dan etika yang menyatakan untuk memiliki akal budi dan daya pikiran dalam memecahkan masalah bagaimana ia harus hidup menjadi lebih baik. Moral dan etika tumbuh melalui kegiatan religius yang kita kerjakan.

Baca juga: Mengulas Tentang Tarian Religius Sufi Yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat Indonesia

Apabila seseorang sudah terbiasa hidup dalam sebuah lingkungan yang penuh dengan kebiasaan rohani,kebiasaan tersebut akan melekat dalam dirinya dan diterapkan dimanapun mereka berada. Begitu juga sikapnya dalam berucap,bertingkah laku yang sesuai agama,moral dan etika yang berlaku. Untuk membiasakan diri sendiri berperilaku baik dan sesuai etika memang tidak mudah ,dalam hal ini perlu usaha yang kontinu, dan diperlukan kerjasama antara pribadi dan lingkungan. Jika ini diterapkan maka semua generasi muda akan menjadi generasi yang hebat,bermoral dan beretika.

Demikian beberapa uraian mengenai dampak bersikap religius dalam menumbuhkan etika. Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk berperilaku lebih baik lagi dan mengutamakan etika serta moral dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *