Penyebab Gaya Hidup Yang Konsumtif Pada Masyarakat

Penyebab Gaya Hidup Yang Konsumtif Pada Masyarakat

Gaya hidup zaman sekarang sering kali telah merusak akhlak dan etika. salah satunya hidup konsumtif,masyarakat yang konsumtif bukanlah sesuatu yang aneh lagi. Dan sudah menjadi suatu kebiasaan yang umum serta merata pada setiap diri orang dari berbagai kalangan,bahkan perilaku ini sudah mulai juga terlihat pada remaja yang seharusnya lebih fokus pada belajar untuk masa depannya.

Penyebab Gaya Hidup Yang Konsumtif Pada Masyarakat

Peilaku konsumtif pada masyarakat makin tampak jelas dengan banyaknya online shop yang telah menjadi trend ditanah air, hal ini terlihat dari tingginya minat masyarakat dalam berbelanja berbagai produk yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Gaya hidup yang konsumtif mulai terasa seiring perkembangan canggihnya teknologi dan makin banyaknya generasi milineal.

Berikut ini beberapa penyebab gaya hidup konsumtif yang berasal dari berbagai faktor internal dan eksternal :

  • Mengikuti hidup serba mewah

Kebiasaan sesorang yang konsumtif dapat diakibatkan dengan adanya keinginan untuk hidup serba mewah dan ingin dimanjakan oleh berbagai fasilitas yang serba ada.

  • Mengikuti trend

Banyak orang yang ingin bahkan tergila-gila dalam mengikuti setiap perkembangan trend yang selalu berganti setiap musim. Dengan keinginan untuk memiliki koleksi baru dari setiap produk membuat gaya hidup dengan mengubah penampilan sesuai dengan mode terbaru. Sebaiknya kita melakukan pengendalian diri atas semua keinginan yang menggebu.

  • Meningkatkan status sosial

Hidup yang berlebihan dan banyak fasilitas adalah salah satu ciri orang yang memiliki hidup konsumtif. Dengan hidup yang demikian orang akan berpikir bahwa seseorang memiliki kelas sosial yang tinggi. Hal seperti inilah yang memicu diri seseorang untuk berlaku konsumtif agar bisa meningkatkan status sosial.

  • Pengaruh budaya dan lingkungan

Pengaruh faktor internal sangat kuat menjadi penyebab gaya hidup konsumtif pada seseorang. Perkembangan budaya serta pengaruh lingkungan sangat sulit dielakkan karena bersifat global.

  • Pengaruh rasa gengsi yang tinggi

Dalam diri seseorang rasa gengsi mampu menjadi pendorong bagi dirinya dalam bersikap konsumtif. Untuk memenuhi kebutuhan hidup agar ia terlihat mampu dalam segala hal terutama dalam segi finansial.

  • Rasa bangga jika mampu membeli barang yang terbaru dan terupdate

Dengan bersikap konsumtif seseorang dapat membelanjakan uang bisa jadi karena ia memiliki rasa bangga bila membeli produk terbaru dan merasa puas dengan memiliki barang-barang yang mungkin ia beli hanya karena dasar keinginan bukan kebutuhan

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

Demikianlah beberapa penyebab munculnya gaya hidup konsumtif pada masyarakat dalam menjalani dan memenuhi kebutuhan hidup yang pada dasarnya dilandasi oleh hasrat keinginan untuk bersikap mewah serta mengikuti perkembangan tren. Hal tersebut sebaiknya lebih dihindari sebaiknya jalani saja gaya hidup sehat yang jauh lebih bermanfaat. Kasadaran akan mengurangi hidup konsmtif diperlukan agar anda tidak membuang-buang uang demi membeli barang yang tidak berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *