Tips Hidup Hemat Anak Kuliah di Perantauan yang Bisa Dicoba

Tips Hidup Hemat Anak Kuliah di Perantauan yang Bisa Dicoba

Ada anekdot yang sudah menjadi rahasia umum bahwa mie instan adalah teman setia anak kosan ketika akhir bulan. Dan hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena mie instan adalah satu-satunya makanan yang terjangkau dan murah sehingga masih terjangkau untuk kantong anak kosan ketika akhir bulan. Akan tetapi sebenarnya anak kuliah yang hidup di kos tidak harus untuk mengalami hal tersebut apabila bisa untuk melakukan hidup hemat. Sehingga tetap bisa makan enak dan lebih sehat ketika akhir bulan tidak hanya awal bulan saja. Dan beberapa tips hidup hemat yang bisa dilakukan anak kuliah yang tinggal di kosan adalah:

 Tips Hidup Hemat Anak Kuliah di Perantauan yang Bisa DicobaTips Hidup Hemat Anak Kuliah di Perantauan yang Bisa DicobaTips Hidup Hemat Anak Kuliah di Perantauan yang Bisa DicobaTips Hidup Hemat Anak Kuliah di Perantauan yang Bisa Dicoba

  • Mengatur anggaran dengan tepat

Tips mudah pertama untuk dapat hidup hemat adalah dengan mengatur anggaran yang dimiliki. Anak kos biasanya mempunyai pola mendapatkan kiriman yang berbeda tetapi pada umumnya adalah awal bulan dengan jumlah tertentu. Dengan sudah mengetahui dengan pasti anggaran yang dimiliki setiap bulannya tersebut tentu saja akan lebih mudah untuk mengatur pengeluaran. Seperti Anda bisa untuk memperhitungkan setiap harinya menghabiskan maksimal berapa banyak. Sehingga dengan mengetahui maksimal budget perhari Anda akan tetap mempunyai uang yang cukup hingga kiriman selanjutnya datang. 

  • Mencari promo ketika membeli barang

Tips hidup hemat hemat selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencari promo ketika akan membeli barang. Hal tersebut akan sangat membantu untuk meminialisir budget yang akan dikeluarkan apabila bisa mendapatkan harga barang lebih murah. Oleh karena itulah ketika akan membeli barang bisa mencari promo seperti dengan memilih tempat yang menawarkan banyak diskon. Selain itu ketika membeli barang juga bisa menggunakan voucher, kartu kredit, atau menunjukkan member card agar harganya lebih murah. 

  • Memasak sendiri

Salah satu hal yang akan membedakan anak kuliah yang kos dan tinggal di rumah sendiri adalah dari makanannya. Walaupun mempunyai banyak tempat makan yang bisa dipilih, tetapi untuk lebih hemat akan lebih baik untuk memasak sendiri. Hal tersebut akan membuat pengeluaran menjadi lebih murah karena setidaknya uang makan tiga hari bisa digunakan untuk memasak selama 1 minggu. Sehingga Anda perlu untuk membeli rice cooker dan juga memasak menu makanan yang sederhana. 

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

  • Mengontrak daripada tinggal di kosan

Dan tips hidup hemat terakhir untuk anak kuliah di perantuan adalah memilih mengontrak daripada ngekos. Keduanya mempunyai keuntungan sendiri seperti apabila memilih tinggal di kos bisa lebih mudah pindah, sedangkan apabila mengontrak rumah akan membutuhkan komitmen lebih. Tetapi apabila tinggal di kontrakan Anda akan lebih hemat setidaknya lebih murah separuh harga daripada harus tinggal di kosan dengan waktu yang sama. Oleh karena itulah kumpulkan teman dan bisa untuk mengontrak rumah selama di perantauan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *