Ulasan Seputar Sejarah dan Ciri Gaya Hidup Hedon

Ulasan Seputar Sejarah dan Ciri Gaya Hidup Hedon

Gaya hidup hedon dikenal sebagai salah satu cara hidup masyarakat modern dimana konsumerisme merupakan hal utama dari gaya hidup tersebut. Apabila dilihat dari sejarahnya, hedonisme memang akan terkait dengan hal tersebut. Hedonisme merupakan pandangan hidup yang menganggap agar menjadi bahagia sesungguhnya maka dapat tercapai dengan mencari kesenangan dan menghindari hal yang menyakitkan. Ajaran untuk mencari kesenangan dan kenikmatan inilah yang menjadi tujuan hidup dan dasar dari gaya hidup hedonisme. Para pemikir dari gaya hidup ini adalah cyrenaics, epikureanisme, dan juga utilitarianisme. Gaya hidup ini sendiri mempunyai beberapa ciri yang bisa dikenali seperti berikut ini:

 Ulasan Seputar Sejarah dan Ciri Gaya Hidup Hedon

  • Mencari kemewahan

Ciri pertama dari gaya hidup yang satu ini adalah hidup dengan mencari dan juga dalam kemewahan. Orang yang hedon ingin semuanya serba mewah karena beranggapan bahwa hal utama dalam hidup mereka adalah kesenangan yang didapatkan dari kemewahan. Oleh karena itulah orang yang hedon akan membeli barang yang serba mewah walaupun sebagian besar mereka tidak mampu untuk membelinya. Mereka akan melakukan banyak cara agar dapat mencapai tujuan membeli barang mewah tersebut untuk dapat hidup mewah seperti yang diinginkannya. 

  • Memilih teman dari kekayaan

Ciri gaya hidup hedon selanjutnya adalah mereka cenderung akan selektif ketika memilih teman. Kategori ketika memilih teman adalah dari kekayaan atau apakah mereka dapat menguntungkan bagi mereka. Orang yang hedon tidak mau untuk berteman dengan orang yang kurang mampu secara materi. Sehingga mereka akan mencari teman yang suka untuk hidup hedon dengan bersenang-senang seperti mereka. Contoh mudahnya adalah ketika memilih mereka akan melihat kendaraan yang dipunyai, baju yang dikenakan, dan tempat tinggal yang ia tinggali bukan dari hal yang tidak tampak seperti kesetiaan, kepercayaan, dan rasa tulus ketika berteman. 

  • Konsumerisme

Konsumerisme telah dijelaskan sebelumnya yang merupakan bagian hidup dari gaya hidup ini. Dimana sifat konsumtif adalah ciri seorang hedon yang tidak mempunyai skala prioritas. Mereka akan membeli berbagai barang bukan karena dibutuhkan tetapi yang disukai dan nantinya tidak digunakan atau bahkan diabaikan. Untuk memenuhi gaya hidup yang satu ini mereka juga tidak segan untuk meminjam uang apabila sedang tidak mempunyai dana sendiri. 

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

  • Jauh dari agama dan tidak peka sosial

Dan ciri lain dari gaya hidup hedon adalah cenderung jauh dari agama dan anti sosial. Orang yang anti sosial tidak mempunyai kepekaan sosial sehingga kurang peduli pada apa yang terjadi di lingkungan, teman, keluarga, dan bahkan negara serta dunia. Mereka juga jauh dari agama karena menganggap materi lebih penting dan yang membuat bahagia mereka selama di dunia adalah apa yang mereka miliki dan tampak baik dari diri sendiri maupun orang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *