Waspada, Sering Dianggap Sepele Ternyata Bullying Penyebab 5 Hal Buruk Berikut Ini!

Waspada, Sering Dianggap Sepele Ternyata Bullying Penyebab 5 Hal Buruk Berikut Ini!

Bullying merupakan sebuah perilaku buruk yang biasanya dilakukan dengan cara menghina, mengolok-olok atau mencela keburukan orang lain di depan orang banyak dan secara berulang-ulang. Akan tetapi, sebenarnya terkadang hal buruk yang menjadi bahan hinaan tersebut belum terbukti benar dan masih sebatas pendapat. Selain itu, meskipun keburukan orang lain tersebut memang benar adanya, tidak ada sedikitpun manfaat atau keuntungan yang akan didapatkan ketika seseorang melakukan sikap menghina terhadap orang lain.

 Waspada, Sering Dianggap Sepele Ternyata Bullying Penyebab 5 Hal Buruk Berikut Ini!

Ada banyak alasan atau hal penting yang membuat sikap mengolok-olok secara berulang ini sangat dilarang dan di tentang oleh banyak orang. Seperti 5 hal buruk di bawah ini yang sangat mungkin terjadi pada orang yang terkena olokan atau hinaan orang lain secara terus-menerus, antara lain: 

  1. Pengaruh setiap kata atau kalimat yang diucapkan untuk menghina seseorang secara terus-menerus akan memicu terjadinya hormon stress, sehingga korban akan terlihat selalu bingung dan dapat menderita stress ringan sampai parah.
  2. Hal paling umum yang akan terjadi ketika seseorang menerima hinaan secara berulang-ulang adalah merasa benci dan memunculkan sebuah permusuhan. Bahkan, ketika emosi orang tersebut sudah tidak terkendali dapat berujung pada rasa dendam.
  3. Umumnya seseorang yang sering mendapat perlakuan bullying akan menjadi kehilangan rasa percaya diri dan minder di depan orang lain, hal ini akan sangat berdampak buruk untuk masa depan orang tersebut.
  4. Bahkan, pada beberapa kasus seseorang yang terus di hina tentang kebutuhan atau kekurangannya akan memiliki rasa takut yang berlebihan dan dapat berujung pada trauma terhadap orang lain yang terbilang sulit untuk disembuhkan.
  5. Dan hal buruk terakhir yang paling mengkhawatirkan dan menakutkan dari tindakan mengolok-olok atau menghina secara terus-menerus tersebut adalah dapat menimbulkan perasaan ingin bunuh diri pada korbannya.

Selain kelima dampak buruk seperti di atas, masih ada banyak dampak atau efek buruk yang ditimbulkan oleh perilaku buruk menghina orang lain secara berulang-ulang. Oleh sebab itu, sikap seperti ini sangat di tentang secara keras dan dibenci oleh setiap orang yang memiliki pemikiran jernih. 

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

Itulah ulasan mengenai 5 dampak buruk yang sangat mungkin terjadi terhadap korban bullying. Anda dapat menjadikannya sebagai referensi agar jangan pernah mencoba untuk melakukan sikap menghina terhadap orang lain karena sebenarnya orang yang Anda hina belum tentu lebih buruk daripada Anda. Selain itu, budaya menghargai dan bersikap baik terhadap orang lain akan selalu menjadi perilaku terpuji dan Anda akan dipandang sebagai orang yang bijak. Tidak ada salahnya memiliki keinginan untuk bercanda terhadap orang lain, akan tetapi, usahakan untuk mencari tema lelucon yang jauh dari kata hinaan agar tidak mengecilkan hati orang lain yang justru dapat berujung pada dampak buruk seperti ulasan di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *