Inilah Adab Berdiskusi yang Harus Anda Ketahui dan Terapkan

Inilah Adab Berdiskusi yang Harus Anda Ketahui dan Terapkan

Berkomunikasi menjadi kegiatan yang pasti dilakukan oleh seluruh manusia di dunia ini. Cara untuk berkomunikasi pun dan tujuannya ada begitu banyak, salah satu yang paling sering dilakukan di Indonesia adalah berdiskusi. Diskusi ini dilakukan demi mendapatkan suatu hasil yang sama-sama disetujui oleh masing-masing pihaknya. Kegiatan ini pun tidak hanya dilakukan dalam lembaga yang resmi saja, namun di dalam keluarga, lingkungan sekolah, bahkan pertemanan pun hal ini sangat sering ditemukan. Topic yang dibahas pun sebenarnya tergantung dari masing-masing individunya, namun memiliki tujuan yang sama, yakni mendapatkan kesepakatan. Namun dalam berdiskusi dimana pun Anda berada, Anda tidak boleh sampai melupakan adab berdiskusi yang sangat penting ini. Pasalnya, dengan menerapkan adab tersebut, diskusi pasti dapat berjalan dengan lancar serta kesepakatan pun akan lebih cepat didapatkan. Untuk itu, ketahuilah beberapa adab yang harus diterapkan saat sedang berdiskusi dimana pun:

 Inilah Adab Berdiskusi yang Harus Anda Ketahui dan Terapkan

  • Jujur

Hal paling pertama dan dinilai begitu penting dalam berdiskusi adalah selalu berkata jujur. Setiap pernyataan yang diberikan haruslah sesuai dengan fakta dan sesuai dengan kebenarannya. Jika dialog yang dilontarkan sesuai dengan fakta, maka kesepakatan pun akan jauh lebih mudah untuk didapatkan, tidak seperti yang berdialog atas dasar isu atau yang kebenarannya pun masih dipertanyakan. Selalu berkata jujur dan terbuka menjadi kunci berdiskusi yang sukses.

  •  Masalah yang Bermanfaat

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui adab berdiskusi yang bersifat penting ini. Jangan pernah melakukan diskusi jika topic yang diangkat tidak memiliki manfaat atau kepentingannya sendiri. Pastikan untuk mendiskusikan topic yang penting dan bermanfaat saja. Lebih baik tinggalkan beberapa diskusi yang hasilnya tidak jelas dan tidak memiliki dampak positif bagi Anda dan juga lingkungan karena seperti membuang waktu atau menyia-nyiakan waktu yang Anda miliki saja.

  •  Tidak Emosi

Sering kali ketika sedang berdiskusi, masyarakat Indonesia mengikutsertakan emosi mereka didalamnya sehingga diskusi pun menjadi tidak efektif. Sering kali emosi tersebut terjadi karena adanya perkara yang dimana keduanya tidak ingin mengalah atau tidak dapat menerima pendapat orang lain. Pastikan untuk selalu tenang dan tidak melibatkan emosi meski keadaan sudah membuat stress dan membuat kesabaran habis. Selalu gunakan kalimat yang baik selama sedang berdiskusi maka suasana pun akan jauh lebih kondusif.

 Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

  • Lembut dan Sabar

Ketika menyampaikan pendapat Anda, jangan pernah menyampaikannya dengan nada tinggi, seperti berteriak atau dalam bentuk negatif lainnya. Hal ini nyatanya dapat membuat orang lain tersulut emosi dan tidak sesuai dengan adab berdiskusi. Akan lebih baik jika Anda menyampaikan secara sesuatu dengan lembut. Jika ada yang keberatan, selalu hadapi dengan sabar dan tidak menggunakan emosi. Dengan begini, diskusi pun akan berjalan dengan lebih baik dan juga lancar sehingga jalan keluar atau kesepakatan akan jauh lebih mudah untuk didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *