Jauhi Gaya Hidup Bermain Ponsel Sembari Tiduran Karena Dapat Menyebabkan Kerugian Ini!

Jauhi Gaya Hidup Bermain Ponsel Sembari Tiduran Karena Dapat Menyebabkan Kerugian Ini!

Hampir seluruh individu di dunia pastinya sudah menggunakan ponsel atau setidaknya memiliki sendiri satu buah ponsel pintar yang diketahui memiliki fungsi yang sangat beragam. Karena fungsinya tersebutlah yang membuat para pemakainya menjadi ketergantungan serta tidak bisa lepas dari alat berukuran kecil tersebut. Memang dengan kehadirannya ponsel pintar, segala aktivitas dan juga pekerjaan masyarakat Indonesia menjadi lebih ringan dan mudah, namun jika dipergunakan setiap saat bahkan hingga Anda tidur pun merupakan hal yang tidak baik. Kebanyakan dari masyarakat Indonesia pasti memainkan ponsel sembari tiduran di malam hari dan hal tersebut nyatanya sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakatnya. Tentu hal tersebut memberikan dampak yang negatif tanpa Anda sadari, terutama jika dilakukan setiap hari. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa bahaya yang mengancam Anda jika kegiatan tersebut kerap dilakukan dan tidak diubah:

Jauhi Gaya Hidup Bermain Ponsel Sembari Tiduran Karena Dapat Menyebabkan Kerugian Ini!

  • Resiko Kanker

Resiko pertama yang siap mengancam kesehatan Anda jika kerap bermain ponsel sembari tiduran adalah dapat terkena kanker. Bahaya ini memang tidak disebabkan oleh posisi penggunaan ponsel, namun ketika tiduran, biasanya ponsel akan diletakkan dekat dengan kepala. Terutama jika Anda membiarkannya tetap hidup dan menaruhnya di samping kepala. Tentunya kebiasaan yang satu ini mampu meningkatkan resiko terkenanya kanker yang sangat membahayakan karena terganggunya proses pembelahan sel yang ada pada tubuh.

  • Serangan Jantung

Selanjutnya, jika Anda tetap melanjutkan gaya hidup yang tidak sehat ini, maka siap-siap saja Anda akan terkena serangan jantung. Hal ini sangat berkaitan dengan radiasi yang dipancarkan dari ponsel dan mengganggu tekanan dalam darah. Selain itu, radiasi yang dipancarkan juga dapat mempengaruhi terjadinya perubahan pada sel yang ada di dalam tubuh sehingga proses dan kinerjanya pun menjadi tidak normal. Anda pun pastinya akan langsung merasakan gangguan tersebut dan terkena resiko serangan jantung tersebut.

  • Gangguan Mata

Yang paling jelas dari menggunakan ponsel terlalu lama terutama sembari tiduran adalah munculnya gangguan pada mata. Jika dipergunakan terus menerus terutama sembari tiduran dengan pencahayaan yang kurang dapat membuat mata mengalami beberapa masalah, misalnya seperti mata merasa lelah, mengeluarkan air, dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala, merasa letih, serta mampu memberikan penyakit insomnia atau gangguan tidur. Hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas dan juga performa Anda dalam bekerja.

Baca juga: Tips Gaya Hidup Sehat Yang Cocok Dilakukan Untuk Para Wanita Pemalas

  • Metabolisme Terhambat

Sebenarnya masih banyak dampak negatif dari gaya hidup masyarakat Indonesia yang suka bermain ponsel sambil tiduran, salah satunya adalah metabolisme tubuh menjadi terhambat. Hal ini dikarenakan saat kita tertidur, inilah waktunya proses metabolisme di dalam tubuh bekerja. Namun jika Anda tidak tidur dan memilih untuk bermain ponsel, maka radiasi yang dipancarkan akan mengganggu proses tersebut dan akan membuat prosesnya tetap berjalan namun tidak sesuai dengan jalurnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *