Memotivasi Anak untuk Belajar Agama

Memotivasi Anak untuk Belajar Agama

Memulai mengajar anak untuk belajar agama tentu merupakan kewajiban tersendiri bagi orang tua selain dari melindungi serta mengasuhnya. Apabila orang tua tidak mampu mengajarkan ilmu agama maka bisa menyerahkan atau mempercayakan anak kepada ustadz. Belajar mengenai agama memang perlu dimulai sejak kecil agar si anak menjadi terbiasa dan terlatih.

Memotivasi Anak untuk Belajar Agama

Anak-anak dalam perkembangannya tentu akan sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungannya. Jadi dengan belajar agama tentu bisa dijadikan sebagai bekal dalam memilih mana yang baik untuk diikuti atau mana yang seharusnya ditinggalkan. Karena anak biasanya meniru apa yang paling dekat dengannya maka sebaiknya berikan contoh yang baik terhadap anak.

Orang tua yang terbiasa hidup sesuai dengan ajaran agama tentu akan melaksanka segala perintah dan meninggalkan larangannya. Seperti misal orang tua terbiasa untuk sholat dan mengaji maka secara tidak sadar anak anda akan tergerak untuk mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya. Dan yang tak kalah penting adalah mencitptakan suasana yang menyenangkan dalam menjalankan agar si kecil tidak merasa terbebani dalam proses belajar agama.

Cara terbaik dan termudah yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung anak belajar adalah dengan cara memberikannya motivasi. Motivasi yang baik dan komunikatif inilah yang dipercaya mampu meningkatkan kepercayaan diri anak agar semakin giat dalam belajar. Simaklah beberapa motivasi dibawah ini yang bisa kalian terapkan untuk anak tercinta :

  • Memberikan Pujian

Jika si kecil bisa memberikan hasil yang baik jangan segan untuk memberikannya pujian agar ia semakin semangat dan memberikan kemajuan. Dengan adanya pujian positif sang anak akan merasa bahagia dan bisa dijadikan sebagai penguatan motivasi belajar lebih.

  • Pepatah

Memberikan pepatah atau kata mutiara sebagai contoh bagi anak juga merupakan hal yang baik. Pilihlah kata-kata yang berhubungan dengan semangat belajar dan katakan hal tersebut atau bisa juga dengan memberikannya dalam bentuk tulisan.

  • Bersyukur

Ajari anak untuk mensyukuri apapun yang ada di hidupnya seperti rasa syukur atas kehatan, kelengkapan anggota tubuh. Kemudian ajarkan mereka cara mensyukuri nikmat tersebut dengan menjalankan perintah Tuhan agar nikmat bisa ditambahkan.

  • Memberikan Contoh

Bagi orang tua tidak ada masalah untuk menceritakan atau memberikan contoh melalui orang lain. Seperti menceritakan tentang kisah hidup dari orang yang telah sukses karena mereka dekat dengan Tuhannya. Mereka mampu mendapatkan keberhasilan karena patuh terhadap perintah dan larangan. Dengan adanya contoh nyata tentu anak akan menjadi lebih termotivasi dalam belajar agama.

Baca juga: Ternyata Inilah Beragam Manfaat Belajar Agama Sejak Dini Bagi Kehidupan

Itulah tadi beberapa motivasi yang bisa kalian berikan terhadap anak untuk bisa memberikannya motivasi. Karena lingkungan yang paling dekat adalah keluarga maka sebisa mungkin berikan contoh yang positif. Dari sanalah mereka akan sangat cepat dalam meniru dan belajar hal-hal baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *