Menghindari Polusi Udara Perkotaan

Menghindari Polusi Udara Perkotaan

Polusi udara perkotaan memang merupakan suatu permasalahan yang cukup serius, terlebih hal ini akan berdampak secara langsung terhadap kesehatan. Jika terlalu lama terpapar dalam udara yang kotor sudah dipastikan hal itu akan mengakibatkan gangguan terhadap kesehatan. Yang lebih menakutkan adalah jika berlangsung secara terus menerus bisa mengakibatkan kematian.

Menghindari Polusi Udara Perkotaan

Permasalahan udara perkotaan yang menjadi polusi tentu bukan sesuatu yang diatasi dengan secepatnya. Namun ada beberapa tindakan yang bisa kita terapkan agar dampak yang dirasakan bisa diminimalisir. Nah untuk itu simaklah beberapa cara berikut ini untuk menghindari polusi udara.

Untuk menghindari polusi dalam ruangan maka bisa dengan membeli alat penyaring udara. Alat ini berfungsi untuk menghilangkan polutan dari udara tersebut atau istilahnya sebagai filter. Untuk jenis filter ini sendiri terbagi menjadi 4 kategori yaitu filter batu bara yang menggunakan lapisan karbon tebal. Fungsinya adalah untuk menghilangkan polutan dari udara tersebut secara paksa. Filter ini sendiri biasanya digunakan untuk memurnikan air, untuk harganya cukup ramah di kantong.

Selain itu ada juga filter elektrostatik yang bisa digunakan sebagai penyaring udara perkotaan. Alat ini difungsikan dengan mengandalkan listrik statis dan menarik partikel dari udara seperti penggaris listrik yang bisa menarik rambut pada percobaan IPA. Filter ini memanfaatkan medan listrik untuk bisa menangkap polutan dan tidak perlu lagi mengalirkan udara melalui filter lain. Itulah mengapa alat ini lebih hening dan juga hemat.

Filter selanjutnya yang bisa digunakan adalah filter hepa, merupakan alat yang sangat populer karena memiliki metode panyaring yang efektif. Filter ini bisa menyaring partikel berukuran 0,3 mikrometer bahkan bisa mencapai 99,7%. Filter yang terakhir adalah ionisasi yang menggunakan listrik untuk bisa mengionisasi polutan yang dihasilkan oleh udara perkotaan. Polutan tersebut nantinya akan lengket pada permukaan dan tidak lagi mengapung di udara.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meminimalisirdampak dari polusi udara adalah dengan membiasakan diri menggunakan trasnportasi umum. Dengan menggunakan kendaraan umum tentu akan bisa mengurangi emisi karbon. Atau jika ingin lebih sehat maka bisa dengan mempertimbangkan berjalan kaki ataupun menggunakan sepeda.

Misalpun anda dalam kondisi terpaksa harus menggunakan kendaran bermotor pribadi maka usahakan untuk berkendara dengan bijak. Tepatkan waktu pada saat berkendara dan lakukan perjalanan dalam satu waktu. Sebaiknya sebelum berpergian pastikan untuk merencanakannya terlebih dahulu. Dan usahakan untuk pergi menjauh dari kota untuk bisa menghirup udara yang masih bersih.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

Demikian tadi beberapa langkah yang bisa kalian coba terapkan untuk bisa meminimalisir dampak dari polusi udara perkotaan. Yang paling mudah dilakukan adalah yang ada di sekitar kita jadi pastikan untuk memulainya dari diri sendiri. Misal saja mulai dengan menghemat penggunaan energi yang tidak diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *