Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Meningkatkan Kualitas Udara Perkotaan

Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Meningkatkan Kualitas Udara Perkotaan

Suasana perkotaan merupakan suasana yang memang penuh dengan kebisingan dan identik dengan adanya pencemaran udara didalamnya. Pencemaran udara yang muncul dikawasan perkotaan memang lebih banyak disebabkan karena adanya polusi dari asap kendaraan bermotor yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat perkotaan sendiri. Adanya bangunan pabrik-pabrik yang melakukan proses produksi dan meninggalkan sisa asap pada produksinya, secara langsung juga menyumbang angka yang cukup tinggi dalam kerusakan udara di wilayah perkotaan. Adanya polusi udara inilah yang kemudian mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit pernafasan pada sebagian penduduk kota yang memang secara langsung terkena paparan. Bagi kita masyarakat perkotaan, ada baiknya kita memulai untuk dapat hidup dengan sehat dengan cara menjaga kualitas udara perkotaan dari lingkungan tempat tinggal kita.

 Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Meningkatkan Kualitas Udara Perkotaan

Untuk dapat menjaga kualitas udara di lingkungan tempat tinggal kita, cara yang mudah sebetulnya dapat kita lakukan. Salah satunya adalah menghiasi rumah kita dengan berbagai tanaman dan tumbuhan hijau didalamnya. Jika rumah yang kita miliki merupakan rumah yang identik dengan bangunan perkotaan yang sempit, maka kita dapat memanfaatkan lahan kecil yang kita miliki didepan rumah, untuk dapat menanam berbagai tanaman hijau dalam pot ataupun media lain yang memang memiliki ukuran yang tidak besar. Dengan tanaman hijau inilah, nantinya oksigen dan udara segar dapat dihasilkan dalam kualitas yang lebih baik. 

Cara lain yang mungkin dapat kita lakukan untuk meningkatkan kualitas udara perkotaan, melalui lingkungan tempat tinggal kita, antara lain adalah:

  • Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan mulai beralih pada penggunaan kendaraan ataupun angkutan umum. Langsung ataupun tidak langsung jumlah penggunaan kendaraan pribadilah yang menyumbang angka tertinggi pada polusi udara yang terjadi saat ini.
  • Selain menggunakan kendaraan umum, mungkin kita dapat untuk membiasakan diri menggunakan kendaraan bertenaga listrik, dimana kendaraan ini tidak memiliki emisi gas buang sama sekali sehingga tingkat polusi pun dapat dikendalikan.

Cara paling efektif yang mungkin dapat kita lakukan untuk dapat meningkatkan kualitas udara di lingkungan kita adalah dengan tidak melakukan kegiatan membakar sampah secara sembarang. Biasakanlah diri untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, dan tidak meninggalkan bekas sampah pada tempat dimana kita berada. Kuburlah sampah-sampah yang memang dapat menimbulkan genangan air dan menjadi sarang nyamuk. 

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

Melakukan pemeriksaan uji emisi secara berkala dan teratur juga dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas udara perkotaan, ditempat kita tinggal. Dengan uji kelayakan emisi kendaraan bermotor yang kita miliki inilah, nantinya kita dapat mengetahui apakah gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor yang kita gunakan dapat menimbulkan kerusakan udara dan pencemaran lingkungan lainnya. Cegahlah pencemaran udara mulai dari diri sendiri, untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *