Tips Hidup Hemat Ala Anak Kos yang Membuat Anda Lebih Banyak Uang

Tips Hidup Hemat Ala Anak Kos yang Membuat Anda Lebih Banyak Uang

Memasuki bangku perkuliahan tentunya membuat Anda harus lebih dewasa, itu merupakan sebuah tuntutan. Apalagi jika kampus yang Anda pilih bertempat diluar kota yang membuat Anda harus menjadi anak kos dan jauh dari orang tua. Menjadi mandiri merupakan salah satu yang harus Anda lakukan, termasuk dalam mengatur keuangan yang biasanya diatur oleh orang tua. Saat tersebut tentu tips hidup hemat harus digunakan sebaik mungkin supaya tetap bisa menggunakan pemasukan dari orang tua secara bijak.

Tips Hidup Hemat Ala Anak Kos yang Membuat Anda Lebih Banyak Uang

Meskipun semua pemasukan selama kuliah dari orang tua, hal itu bukan berarti Anda harus berpangku tangan dan terus meminta. Dengan belajar berhemat sendiri itu akan memberikan dampak terhadap orang tua yang merasa terbantu. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk belajar hemat selama menjadi anak kos yaitu:

  • Buat rencana pengeluaran secara rutin.

Begitu Anda mendapatkan transferan pada awal bulan dari orang tua jangan langsung gunakan untuk berhura-hura. Apalagi sebagai mahasiswa tentunya mempunyai keinginan untuk membeli ini itu, belum lagi masalah fashion atau penampilan yang tidak ada habisnya. Anda perlu mencatat terlebih dahulu apa saja yang diperlukan seperti biasa sewa kos, makan, perlengkapan mandi, bayar kuliah dan transportasi.

  • Isi dompet secukupnya.

Uang yang telah diterima dari orang tua jangan langsung disimpan di dompet dan selalu dibawa kemana-mana. Ini merupakan salah satu kesempatan untuk dapat menggunakan tanpa pengontrolan yang baik. tips hidup hemat ala anak kos bisa dimulai dengan bawa uang secukupnya selama kuliah untuk menghindari pemborosan.

  • Menabung.

Jangan pernah lupa untuk membiasakan diri Anda untuk menabung, hal ini penting sekali meskipun hanya kecil. Karena umumnya memang menabung dalam nominal besar akan lebih menyulitkan Anda. Dengan kebiasaan tersebut Anda akan merasa sedikit terbantu ketika uang yang dipegang sudah menipis di akhir bulan.

Baca juga: Tips Hidup Hemat Yang Mengubah Kebiasaan Boros

  • Hindari kebiasaan buruk teman.

Belanja di mall, makan ke tempat ini itu, beli barang ini itu merupakan salah satu kebiasaan para perempuan yang sangat susah sekali dihilangkan. Tetapi pada kenyataannya itu bukan hanya perempuan saja yang mengalami. Nah, salah satu usaha yang bisa Anda lakukan supaya tidak terjerat dalam kebiasaan tersebut adalah memilih teman. Ya, hindari teman yang mempunyai kebiasaan buruk tersebut.

Dengan 4 poin yang telah Anda lakukan seperti diatas bukan tidak mungkin Anda akan lebih mudah mengatur keuangan meskipun terbatas. Lebih baiknya lagi Anda memanfaatkan waktu luang untuk mencari tambahan uang. Dengan pekerjaan sampingan dan tips hidup hemat yang tepat akan membuat Anda mempunyai uang yang lebih banyak. Hal itu memang tidak mudah untuk dilakukan, tetapi jika ada niatan dan usaha bukan tidak mungkin menjadi lebih mudah dan lancar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *