Tips Hidup Hemat yang Mengubah Kebiasaan Boros

Tips Hidup Hemat yang Mengubah Kebiasaan Boros

Siapa yang tak menyukai belanja? Kegiatan yang satu menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Tak hanya wanita dan kaum muda saja, namun pria dan  orang dewasa juga menggemari belanja. Belanja mampu membuat rasa bahagia jika menikmati kegiatan terseut dengan gembira. Untuk mencegah pengeluaran yang membengkak, maka saat berbelanja haruslah menerapkan sejumlah aturan. Karena jika tidak, akan menimbulkan pemborosan keuangan, dimana kita membeli barang-barang yang sebenarnya tidak begitu kita butuhkan. Ada orang yang tak menyadari bahwa kegiatan yang dilakukan adalah bentuk pemborosan, kebiasaan ini bisa dihilangkan dengan kemauan dan komitmen yang kuat.  Berikut adalah tips hidup hemat mengubah kebiasaan boros!

Tips Hidup Hemat yang Mengubah Kebiasaan Boros

  • Susun anggaran

Susun ulang anggaran dan terapkan bebarapa kebijakan untuk menghentikan hidup boros. Dalam hal ini membutuhkan perhitungan yang tepat dan cermat. Susunlah anggaran secara masuk akal jauh dari penghematan yang mustahil. Lakukanlah penghematan anggaran secara perlahan dan bertahap agar tidak berpengaruh besar pada kehidupan.

  • Prioritaskan yang dibutuhkan bukan yang diinginkan

Belanjalah dengan mengggunakan daftar belanja yang sudah dibuat, jangan memasukkan daftar barang yang tidak  terlalu dibutuhkan ke dalam daftar belanja anda. Belilah barang yang menjadi prioritas saja.

  • Menjaga kesehatan

Tips hidup hemat selanjutnya yaitu dengan selalu menjaga kesehatan badan. Karena jika sehat maka minim terkena penyakit yang mana mengaharuskan kita untuk pergi berobat dan mengeluarkan biaya yang relatif tak sedikit. Hal ini pun bisa membuat pengeluaran lebih tinggi dari pada pemasukan.

  • Go Green

Kegiatan ramah lingkungan mampu membuat kita hidup lebih hemat. Terapkan pada kehidupan sehari-hari  seperti menghemat listrik, menghemat penggunaan air dan mulailah mencoba menggunakan sepeda atau berjalan kaki saat ketempat yang jaraknya kurang dari 5 meter.

  • Membawa bekal

Kebiasaan membawa bekal dari rumah ini adalah kebiasaan efektif yang  mampu menghemat pengeluaran anda, dan past sudah terjaga kebersihan serta gizinya.

  • Jangan remehkan uang receh

Alangkah baiknya kumpulkan uang receh yang diterima dari kembalian belanja ke dalam wadah atau toples, dan setelah terkumpul cukup  banyak anda bisa menukarkannya dengan uang kertas. Hal ini bisa saja menyelamatkan anda saat ada kebutuhan-kebutuhan yang sangat mendesak.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

  • Disiplin dalam menabung

Tips hidup hemat lainya yaitu harus rajin-rajin untuk menyisihkan sedikit uang untuk ditabung. Jika memiliki dana lebih, sebaiknya investasikan ke property yang menjanjikan seperti rumah, tanah, sawah ataupun perhiasan. Barang –barang tersebut memiliki kemungkinan rugi yang sangat kecil  dan jarang mengalami penurunan nilai atau harga. Hal ini mampu memperkecil jumlah dana cair yang berpotensi untuk dibelanjakan.

Mempersiapkan masa depan yang lebi cerah harus dilakukan sedini mungkin, termasuk menerapkan tips hidup hemat seperti yang dipapaarkan diatas. Bagaimana sudah siap hidup hemat bulan depan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *