Tips Aman dan Cerdas Belanja Online

Tips Aman dan Cerdas Belanja Online

Di zaman yang serba praktis  dan serba internet ini belanja online juga sangat digemari oleh masyarakat, karena tak perlu lagi repot kesana-kemari untuk mencari barang yang diinginkan, dari barang-barang kebutuhan sehari-hari hingga mobil sakalipun tersedia. Cukup dengan tetap  duduk di sofa empuk rumah lalu klik mouse atau menyentuh layar, barang yang dibeli pun siap sampai rumah. Dengan adanya beragam pilihan pembayaran dari mulai kartu kredit hingga transfer, juga membuatnya semakin digemari.

Tips Aman dan Cerdas Belanja Online

Meskipun menjanjikan berbagai fasilitas dan kenyamanan, tapi perlu ketelitian saat berbelanja. Karena ada oknum-oknum nakal yang sengaja memanfaatkan layanan online ini untuk meraup keuntungan pribadi. Namun tak perlu khawatir, anda bisa menyimak tips belanja online dengan aman dan pintar berikut ini!

  • Cek terlebih dahulu toko online tersebut

Pastikan mengecek toko oline tersebut sebelum anda membeli barangnya. Cek reputasi  toko tersebut dari testimoninya, apakah banyak yang positif atau negatif. Jangan hanya asal tertarik dengan foto-foto barang yang ditampilkan lalu memutuskan untuk membeli. Jika toko online tersebut sering melakukan penipuan maka pasti mendapatkan banyak komentar negatif dari konsumen. Jika menemukan banyak komentar negatif, maka ada baiknya anda mencari toko yang lainnya saja.

  • Jangan tergiur harga dengan harga murah

Penting untuk diingat bahwa jangan terburu-buru membeli barang dengan harga yang terlampau murah apalagi yang jauh dari harga pasaran. Bisa jadi ini hanya untuk bahan jebakanatau hanya untuk mengelabuhi  saja untuk menarik banyak calon pembeli. Oleh karena itu jangan mudah percaya dan cek kembali barang yang ingin dibeli secara online.

  • Cek produk yang dijual

Jangan lupa untuk mengecek dengan teliti barang saat akan belanja online. Cari tahu keaslian barang yang akan dibeli, jangan sampai setelah barang datang ternyata palsu. Pastikan juga anda meneliti spesifikasi dari barang tersebut karena tidak bisa melihat barang secara langsung.

  • Cek fasilitas kenyamanan belanja

Toko online terpercaya pasti akan melampirkan alamat fisik. Mereka juga menyediakan nomor customer service untuk memberikan layanan informasi barang serta komplen atau penegembalian barang.

  • Cek kembali pesanan

Sebelum konfirmasi pembayaran, luangkan waktu sebentar untuk mengecek kembali pesanan yang sudah dibuat mulai dari ukuran, harga, kualitas dan kuantitasnya. Jangan smapai ketika barang sudah tiba namun tak sesuai harapan.

Baca juga: Cek Keuntungan Dan Kekurangan Dari Belanja Online Berikut Ini!

  • Jaga password dengan baik

Ada beberapa situs belanja online yang mengharuskan untuk loggin terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Buatlah password yang sulit dan jangan menunjukkan kepada orang lain.

  • Simpan bukti transaksi

Jangan lupa simpanlah bukti transaksi yang telah dilakukan dan jangan sampai tececer atau bahkan hilang. Karena jika barang yang dibeli tidak sesuai dengan pesanan maka anda bisa meminta ganti rugi atau komplen dengan mudah dengan bukti tesebut.

Itulah beberapa tips yang bisa dijadikan acuan menjadi konsumen pintar agar tidak mudah tertipu saat melakukan belanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *