Inilah Cara Menanggapi Gaya Hidup Modern yang Harus Anda Pahami

Inilah Cara Menanggapi Gaya Hidup Modern yang Harus Anda Pahami

Saat ini gaya hidup sehat menjadi banyak hal yang perlu dicontohkan. Namun perkembangan gaya hidup modern membuat orang tidak menanggapinya dengan baik. Adanya dampak gaya hidup yang salah membuat orang nyaman dan aman padahal banyak hal buruk di belakangnya. Untuk itu sebagai orang yang hidup dalam era teknologi maka perlu menyiasatinya supaya gaya hidup tidak merusak kebiasaan yang baik.

 Inilah Cara Menanggapi Gaya Hidup Modern yang Harus Anda Pahami

Berikut adalah beberapa gaya hidup yang membuat kecerdasan otak menurun diantaranya: 

  • Kurang tidur, terjadi penurunan sel darah putih pada tubuh sehingga membuat sistem imun atau daya tahan tubuh menjadi lemah sehingga menyebabkan seseorang menjadi sakit, terganggunya pertumbuhan dan sulit fokus pada apa yang dikerjakan.
  • Kelebihan tidur, jam tidur berlebih akan menyebabkan berbagai macam medis seperti diabetes, jantung, sakit kepala hingga meningkatkan resiko kematian.
  • Mengonsumsi alkohol, menyebabkan masalah kesehatan berhubungan kognisi dan memori dan dikonsumsi dalam jangka panjang dan menyebabkan rusaknya sel-sel otak, saat dalam aliran darah alkohol mencapai tak dan mengganggu komunikasi antara sel-sel tak dan sel lain dalam tubuh.
  • Kebiasaan merokok, nikotin dalam rokok menyebabkan terjadi kerusakan pada otak sehingga neuron dalam otak yang bertugas menyalurkan informasi ke seluruh saraf terganggu sehingga juga menurunkan kualitas memori otak.

Gaya hidup modern yang membuat kecerdasan otak menurun adalah dengan memakai narkoba karena menghambat kerja tak dan menurunnya timbul kantuk dan halusinasi. Stress yang terjadi akan melepaskan hormon glukokortikoid di otak yang secara bertahap melemahkan sel dalam otak menyebabkan kepikunan. Jarang berolahraga juga membuat kecerdasan otak menurun karena terhambatnya aliran darah ke otak. Jika otak tidak dilatih berpikir akan membuat seseorang malas dan kecerdasan otak menurun. 

Berikut adalah beberapa cara menanggapi gaya hidup diantaranya: 

  • Identik dengan hal baru, hal baru merupakan hal yang menarik dan memancing rasa penasaran dan banyak orang menggali tanpa peduli takut atau khawatir yang membahayakan dan tidak semua hal baru bersifat baik.
  • Menghargai waktu, seharusnya perkembangan teknologi membuat segala sesuatu selesai dengan cepat dan mudah tetapi yang terjadi sebaliknya dengan membuang-buang waktu dengan gaya hidup tersebut.
  • Perencanaan matang, untuk membuat seseorang berjaga-jaga akan masalah yang dihadapi dan membuat orang di sekitar menjadi aman dan terkendali.
  • Percaya pada IPTEK, tetap mengaplikasikan kembali budaya dan kebiasaan kepercayaan yang ada namun hal ini tergantung pada orangnya.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

Untuk menanggapi gaya hidup modern lainnya adalah menghindari segala sesuatu yang instan dengan dampak buruk sehingga pola hidup perlu diperbaiki. Sebaiknya memiliki mobilitas tinggi dan berdampak bagi orang sekitar karena gaya hidup tidak bertujuan untuk menghabiskan waktu begitu saja. Jangan terbebani gengsi dan status yang membuat semua hal menjadi kepura-puraan semata hanya untuk diakui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *