Menjaga Tubuh Dengan Gaya Hidup Sehat

Menjaga Tubuh Dengan Gaya Hidup Sehat

Siapa yang tidak ingin mempunyai badan yang sehat, tapi jika diminta untuk bergaya hidup sehat, belum tentu semua orang mau menjalankanya.  Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untu hidup sehat yang bisa diikuti oleh siapapun. asal ada kemauan dan komitmen yang tinggi. Setelah menjalankan gaya hidup sehat, bisa dipastikan akan mendapati kualitas kesehatan yang baik pula. Hanya saja masyarakat sekarang lebih menyukai gaya hidup yang praktis sehingga sering melupakan kesehatan mereka.

Menjaga Tubuh Dengan Gaya Hidup Sehat

Lalu apa saja sih gaya hidup sehat yang mudah dilakukan sehari-hari dan baik untuk tubuh? Ini dia!

  • Hindari begadangan dan tidur larut malam

Agar badan mendapatkan waktu istirahat yang cukup, anda  diminta untuk menghindari kebiasaan tidur yang terlalu larut malam. Kurang tidur seperti halnya mengkonsumsi racun atau menjalani pola makan yang kurang baik. Kegiatan tidur yang cukup selain menghindarkan resiko terkena penyakit yang berbahaya juga mampu menghindarkan diri dari stress, merangsang kreativitas, dan juga meningkatkan ingatan.

  • Konsumsi banyak air putih

Air putih tidak mengandung glukosa yang bisa meningkatkan kadar gula pada tubuh, dan pada air putih mengandung molekul-molekul netral yang sesuai dengn cairan tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Normalnya manusia dianjurkan untuk minum air putih delapan hingga sepuluh gelas perhari. Bila tubuh kekurangan cairan maka akan mengalamai dehidrasi sehingga proses pembungan racun pada tubuh menjadi tidak lancar.

  • Hindari stress

 Gaya hidup sehat  selanjutnya yaitu hindari stress. Untuk meminimalisir stress alihkan sebentar pikiran ke dalam kegiatan yang ringan dan menyenangkan seperti mendengarkan musik favorit, melakukan kegiatan yang digemari, berlibur bersama kerabat atau keluarga.

Cobalah pergi ke tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota seperti ke pedesaan, gunung ataupun pantai untuk mendapatkan kualitas udara yang mampu membuat  membuat lebih fresh.

  • Jangan merokok dan hindari minuman soda dan beralkohol

Sebagian besar orang sudah mengetahui bahaya dari rokok seperti menyebabkan hipertensi, kanker, serangan jantung, dan sebagainya. Baik perokok pasif maupun aktif semuanya beresiko terkena penyakit. Jadi stop merokok.

Minuman bersoda dan beralkohol mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi. Dimana jika kadar gula dalam tubuh menumpuk akan membawa dampak buruk bagi tubuh yaitu beresikonya terkena penyakit diabetes dan obesitas.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

  • Konsumsi makanan sehat dan berimbang

Selain memperbanyak minum air, mengkonsumsi makanan yang sehat dan begizi juga harus dilakukan. Makanan yang sehat tak harus mahal, tapi harus memenuhi cakupan gizi yang cukup seperti mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Konsumsi juga asupan fermentasi rutin untuk pertumbuhan bakteri baik pada tubuh.

Itulah beberapa tips gaya hidup sehat sederhana yang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Ingat, kesehatan seseorang mahal harganya jadi cobalah memulai hidup sehat dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *