Langkah Untuk Menjadi Kolektor Action Figure

Langkah Untuk Menjadi Kolektor Action Figure

Action Figure memang bagi sebagian orang yang tidak menyukainya hanya di anggap sebagai mainan biasa. Namun pada saat ini banyak lo yang menjadikannya sebagai koleksi menarik dan rela untuk mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk mendapatkannya. Kolektor action figure biasanya juga menjadikan barang tersebut menjadi salah satu barang investasinya.

Langkah Untuk Menjadi Kolektor Action Figure

Seperti menurut Bellarminus yang merupakan ketua dari Komunitas Action Figure Indonesia (KAFI). Ia menyebutkan bahwa kolektor action figure yang bisa menyimpan figure tetap dalam keadaan yang baik yaitu masih dalam kemasan akan memiliki nilai jual yang tinggi. Jika kemasan tersebut dilepas maka biasanya nilai jual akan bisa jatuh mencapai 40-50% dari harga belinya.

Jika kalian ingin mencoba untuk menjadi seorang kolektor action figure maka simaklah langkah-langkahnya terlebih dahulu seperti dibawah ini :

  • Tentukan Tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menjadi kolektor adalah menentukan tujuannya terlebih dahulu. Hal ini karena memang ada beberapa jenis tujuan dari seseorang memutuskan menjadi kolektor. Ada yang hanya ingin memainkan, mengkoleksi atau justru sebagai tabungan atau investasi masa depan.

Dari tujuan itulah kalian bisa menentukan bagaimana akan merawatnya, jika ingin menjadikannnnya sebagai mainan tentu biasanya kondisi tidak terlalu dipentingkan. Namun hal itu akan berbeda dengan orang yang mengkoleksi untuk tujuan investasi. Mereka akan cenderung merawat action figure dengan sangat baik agar tetap memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca juga: Cara Menghadapi Gaya Hidup Modern

  • Menjaga Action Figure

Untuk seorang kolektor action figure maka diperlukan komitmen yang tinggi dalam merawatnya. Pastikan untuk merawat dengan baik dan memastikan kondisinya tetap sempurna. Untuk langkah yang bisa dilakukan dalam merawat adalah jangan merusak kemasan pada saat membukanya. Dan pastikan juga kalian membeli yang memiliki kemasan yang tidak cacat. Selain itu simpan juga action figure tersebut di ruangan yang terbebas dari asap dan kering. Catatan tambahan yaitu pastikan tersimpan di tempat yang tidak terpapar matahari secara langsung.

  • Fokus

Karena banyak produsen action figure yang memproduksi dengan banyak seri maka pastikan untuk fokus terhadap jenis yang ingin dikoleksi. Ini bertujuan agar kalian bisa sedikit menghemat pengeluaran yang dibutuhkan.

  • Tentukan Pilihan

Untuk menekan pengeluaran hal lain yang bisa dilakukan adalah mennetukan akan mengkoleksi barang baru atau lama. Jika barang baru memiliki kondisi yang lebih baik namun tentu harga yang ditawarkan akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan produk lama.

Demikian tadi beberapa langah yang bisa kalian terapkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjadi seorang kolektor action figure. Catatan tambahan nya adalah pastikan untuk membersihkan secara rutin dan juga memperbaiki action figure jika mengalami kerusakan. Karena memang jika ingin dijadikan sebagai investasi maka kondisinya harus tidak boleh ada cacatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *