Introvert dan Anti Sosial Apakah Sama ?

Introvert dan Anti Sosial Apakah Sama ?

Banyak dari kita yang mengartikan bahwa orang yang introvert adalah mereka yang anti sosial begitupun dengan sebaliknya. Namun yang perlu diketahui bahwa keduanya ternyata memiliki pengertian yang berbeda dan ada ciri tersendiri yang menjadi pembeda.

Introvert dan Anti Sosial Apakah Sama ?

Untuk menentukan seseorang itu termasuk dalam kategori introvert atau anti sosial maka simakalah beberapa daftar perbedaa yang menjadi dasar pembedanya. Hal ini bisa menjadi wawasan bagi kalian untuk bisa mengenali ciri yang mungkin dimiliki oleh kalian ataupun orang yang berada d lingkungan.

Berikut adalah daftarnya :

  • Interaksi

Seorang yang introvert memang memiliki kenyamanan jika sendiri namun mereka tetap bisa untuk berinteraksi dengan orang lain dan mampu menjalin hubungan yang cukup baik. Hal ini akan berbeda dengan orang yang ansos karena mereka tidak bisa menajlin hubungan dengan orang lain dengan cara yang sehat. Kecenderungan untuk menjauhkan diri dari sebuah hubungan yang membuat semakin asing dan kemudian menjauh.

  • Penyebab

Jika ingin mengetahui perbedaan dari keduanya mungkin bisa didapatkan dari penyebabnya jika seorang penyendiri maka itu berasal dari kepribadian yang bisa diubah dengan merubah kebiasaan sedangkan orang yang anti sosial biasanya dipengaruhi oleh mentalnya, mereka cenderung tidak mau mencoba untuk merubah kebiasaan dan memberi kesempatan untuk membuka diri bahkan tidak sedikit yang memang membenci orang lain.

  • Sifat

Jika dilihat dari sifatnya seorang introvert akan memiliki hati yang hangat hanya saja ia sulit untuk mengungkapkan hal itu secara jelas. Berbeda dengan orang yang ansos mereka cenderung memiliki sifat yang egois dan tidak memiliki rasa empati terhadap orang lain, hal itulah yang membuatnya menjadi seseorang yang masa bodoh dan tidak mau bersosialiasi dengan baik.

Baca juga: Mengenal Anti Sosial Bagi Kalian Yang Awam

  • Sikap

Mengenai sikap seorang penyendiri mereka masih bisa ramah dengan semua orang yang memang terkadang memikiki gaya yang tersendiri tetapi ini akan berbeda dengan orang yang memang membenci lingkungan mereka menganggap orang lain sebagai seorang musuh yang tidak bisa untuk dipercaya dan juga memiliki niat yang buruk terhadapnya.

  • Penanganan

Kedua jenis orang dengan kategori ini juga perlu untuk mendapatkan penanganan yang tepat, meskipun sebenarnya seorang introvert tidak perlu terlalu untuk dianggap serius karena memang itu hanya bereda cara pengungkapan diri dengan orang lain. Sedangkan seorang yang termasuk dalam kategori anti sosial maka sebisa mungkin ditangani dan dirubah sedini mungkin. Mereka harus diajari untuk memulai membuka diri dan bersosialisasi dengan masyarakat pada umumnya.

Bagaimana sudah mengetahui perbedaan di antara keduanya kan? Semoga dengan informasi ini bisa membuat kalian bisa mengenali diri secara lebih mendalam lagi. Usahakanlah untuk bersosialisi dengan baik karena memang manusia merupakan makhluk sosial yang butuh beradapatasi dengan orang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *