Perbedaan Seorang Introvert dan Anti sosial

Perbedaan Seorang Introvert dan Anti sosial

Tak jarang yang mengartikan bahwasannya seorang introvert itu sama dengan seorang anti sosial. Namun perlu Anda ketahui bahwasannya seorang introvert itu pada dasarnya memiliki perbedaan dengan seorang antisosial. Dimana jika dilihat-lihat introvert itu merupakan sikap nyaman dalam kesendirian namun juga tidak akan terganggu apabila ada interaksi dengan orang lain.

Perbedaan Seorang Introvert dan Anti sosial

Jadi introvert sendiri merupakan semacam sikap lebih suka menyendiri namun juga tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini tentu berbeda dengan seorang anti sosial, dimana mereka biasanya justru tidak bisa bergaul dengan orang lain dan cenderung menutup diri dari orang lain. Memang bisa dikatakan bahwa ansos merupakan sebuah penyakit yang tentunya akan tidak baik jika dibiarkan.

Jadi memang pada dasarnya introvert dan ansos sendiri memiliki perbedaan yang jelas, oleh sebab itu jangan sampai salah paham yah. Nah untuk Anda yang masih bingung dalam membedakan antara introvert dan juga ansos, cobalah untuk mencermati perbedaan antara keduanya berikut ini:

  1. Introvert merupakan sebuah kepribadian dimana seseorang lebih suka menyendiri ketimbang beramai-ramai dengan orang banyak meskipun ia juga bisa memiliki hubungan baik dengan orang lain. Sedangkan ansos merupakan suatu penyakit mental yang mana mentalnya menolak untuk berinteraksi dengan orang lain.
  2. Seorang introvert tentunya memiliki rasa nyaman ketika sendiri namun tetap dapat menjaga hubungan baik dengan orang lain, sedangkan seorang ansos yaitu sulit berinteraksi dengan orang lain dalam cara yang sehat. Jadi kesimpulannya seorang introvert hanya saja suka melakukan semua hal-halnya dengan sendiri, sedangkan ansos memang tidak mau berinteraksi dengan orang lain, sepertinya ansos merupakan masalah mental pada seseorang.
  3. Seorang ansos bisa berubah menjadi ekstrovert, sedangkan introvert tidak bisa berubah menjadi ekstrovert. Mengapa demikian? Sebab ansos sendiri merupakan suatu penyakit mental, oleh karena itu jika ia telah sembuh dari panyakitnya maka ia bisa menjadi seseorang yang sangat terbuka dengan siapapun atau bersifat ekstrovert. Nah sedangkan introvert sendiri merupakan sebuah kepribadian yang sepertinya sudah menjadi bawaan sejak lahir, untuk itu seorang introvert akan sulit untuk berubah menjadi ekstrovert.
  4. Seorang introvert bisa menikmati interaksi dengan orang-orang dekatnya, sedangkan ansor merupakan kepribadian yang tidak memiliki empati. Jadi seorang introvert akan mempunyai rasa empati terhadap orang-orang dekatnya yaitu tentang perasaan orang lain. Sedangkan seorang ansos hidupnya cukup acuh dengan orang lain dan hanya memikirkan kepentingannya sendiri.
  5. Introvert tidak perlu disembuhkan, karena ia merupakan sebuah kepribadian. Sedangkan ansos tentunya perlu diubah, sebab hal ini merupakan hal yang tidak baik untuk keberlangsungan hidupnya sebagai makhluk sosial.

Baca juga: Inilah Penyebab Gangguan Anti Sosial Pada Diri Seseorang

Nah itu dia beberapa perbedaan dari introvert dan juga anti sosial, sekarang sudah faham kan? Oke deh semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *