Tips Belajar Agama Islam

Tips Belajar Agama Islam

Belajar agama memang menjadi salah satu hal yang wajib bagi setiap orang, sebab setiap orang memiliki naluri bertuhan dan tentunya untuk memenuhi hal tersebut perlu belajar ilmu-ilmu agama. Dengan ilmu agama, kita akan mengetahui siapa kita sebenarnya, dan juga bagaimana kita harus bertindak. Bahkan bisa dikatakan bahwa dengan belajar ilmu agama maka seseorang akan menemukan rasa ketuhanan-nya.

Tips Belajar Agama Islam

Jadi memang benar bahwa setiap orang harus belajar agama, sebab jika tak mengerti agama maka tak akan kenal Tuhan. Orang-orang yang tak kenal tuhan maka hidupnya akan semrawut layaknya orang memiliki rambut yang tak kenal dengan tukang cukur. Nah oleh karena itu tentu belajar ilmu agama menjadi salah satu hal yang wajib.

Dalam belajar beragama tentunya seseorang harus berhati-hati, apalagi di zaman saat ini dimana banyak orang-orang yang memanfaatkan agama sebagai alat untuk menunjang kepentingannya. Seperti halnya kelompok-kelompok yang memanfaatkan Islam untuk menebar teror yang mana tentunya itu merupakan hal yang sangat membahayakan. Oleh sebab itu perlu ada beberapa tips dalam belajar agama, diantaranya sebagai berikut:

  • Memilih guru yang sanad ilmunya jelas

Nah salah satu hal yang paling penting dalam belajar adalah memiliki guru. Dalam belajar apalagi belajar ilmu agama, tentu seseorang harus pandai-pandai dalam memilih guru, sebab guru merupakan orang yang menuntun kita dalam belajar. Nah oleh sebab itu kita harus berhati-hati, sebab jika kita salah pilih guru maka yang ada malah akan membahayakan karena bisa-bisa menjerumuskan kita ke jalan yang sesat. Adapun salah satu guru agama yang baik adalah guru-guru yang sanad ilmunya jelas tembus sampai ke Rosulullah SAW. Dalam memilih guru tentunya jangan sampai Anda salah pilih, sebab saat ini banyak orang-orang yang keliatan alim entah itu di perguruan tinggi ataupun di media sosial, namun justru menjerumuskan ke dalam islam yang berbahaya atau islam radikal radikal yang ujung-ujungnya menjadi teroris.

Baca juga: Terapkan 5 Perilaku Gaya Hidup Agamis Ini Untuk Mencapai Kehidupan Yang Damai

  • Pilihlah tempat belajar yang benar-benar meyakinkan

Tempat belajar yang meyakinkan  untuk belajar ilmu agama tentunya adalah di pondok pesantren. Dimana pondok pesantren sendiri merupakan lembaga pendidikan yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, dan biasanya pengasuh pondok pesantren sendiri juga merupakan orang-orang yang belajar ilmu agama dari para ahlinya. Nah untuk memilih tempat belajar ilmu agama yang meyakinkan, Anda bisa melihat rekam jejak dari lembaga tersebut. Pilihlah tempat belajar ilmu agama yang mana tempat tersebut memiliki latar belakang yang bagus dan output yang bagus pula.

  • Harus sabar dan teliti

Dalam belajar ilmu agama, tentunya Anda harus sabar. Sebab yang namanya belajar ilmu agama itu susah – susah gampang dan harus benar-benar teliti. Jangan sampai salah paham, sebab jika terjadi demikian maka urusan Anda dengan sesama manusia dan juga Tuhan pun akan semakin semrawut.

Nah itu dia tips belajar agama untuk Anda semua, semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *