Tips Menabung Untuk Anda yang Berusia 20 Tahunan

Tips Menabung Untuk Anda yang Berusia 20 Tahunan

Menabung memang merupakan hal yang sulit-sulit mudah, artinya bisa saja di suatu saat kita akan mudah menyisihkan uang untuk ditabung, dan bisa saja suatu saat juga kita kesulitan untuk menabung. Pasalnya kebutuhan yang begitu banyak terkadang membuat kita lupa untuk menyisihkan uang untuk ditabung. Iya dengan rajin menabung maka Anda pun tidak akan kebingungan jika suatu saat membutuhkan uang dengan jumlah yang besar. Untuk itu mungkin Anda perlu membaca seputar tips menabung di bawah ini.

Tips Menabung Untuk Anda yang Berusia 20 Tahunan

Iya, apalagi untuk Anda yang berusia 20 an, dimana saat itulah kebutuhan-kebutuhan pengeluaran cukup banyak. Apalagi jika Anda hanya memiliki pemasukan yang pas-pasan, pastinya akan kesulitan untuk menabung. Sebab disaat kita mau menabung, pasti ada aja alasannya entah itu uang sudah pas-pasan, nunggu gaji besar dulu, ataupun belum ada rencana nabung buat apaan. Nah hal-hal yang demikian ini yang akan selalu membuatmu menunda untuk menabung. Oke deh kalau begitu, ane akan share beberapa tips menabung yang bisa Anda coba:

  • Cobalah untuk menambah pemasukan dan mengurangi pengeluaran

Jika alasan kamu malas nabung adalah gaji minim, maka mulai hari ini cobalah untuk menambah gaji Anda dan mengurangi pengeluaran Anda. Cobalah untuk mulai mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pemasukan Anda, dan hal itu tentu harus diimbangi juga dengan biaya pengeluaran yang seminimal mungkin untuk Anda bisa menyisihkan uang ditabung. Cobalah untuk merilis daftar barang-barang penting yang Anda butuhkan saja, dan hindari membeli barang-barang yang kurang bermanfaat, sebab hal ini akan membuat uangmu terhambur sia-sia. Untuk  mencari kerja sampingan, Anda bisa mencoba untuk mencari-cari informasi website penyalur jasa freelance, atau bisa juga mencari blogger atau youtuber, tak salah juga kok jika Anda ingin mencoba di bidang olshop untuk menambah penghasilan Anda.

Baca juga: Terapkan Gaya Hidup Hemat Berikut Ini Agar Kantong Sehat

  • Jangan menunggu ada uang sisa, lalu ditabung, tapi mulailah untuk memprioritaskan menabung

Jika kamu menunggu sisa, maka otomatis akan kesulitan untuk menabung. Sebab jika dikatakan sisa atau uang tak terpakai, tentunya akan sulit ditemukan sebab manusia sendiri adalah manusia yang tak pernah puas yang pastinya muncul keinginan untuk membeli ini itu dan lain sebagainya. Nah dengan demikian tentu Anda memerlukan komitmen untuk menabung. Jika diawal bulan Anda telah mendapatkan gaji, dari situlah Anda harus mulai membagi antara uang untuk kebutuhan, dan uang yang dimasukkan ke dalam tabungan.

  • Belajar investasi

Nah tau nggak kalau investasi itu secara tidak langsung adalah bagian dari tabung menabung? Iya secara tidak langsung investasi merupakakn tabungan Anda yang bisa Anda nikmati setiap bulan atau setiap tahunnya, tergantung kesepakatan Anda sih. Untuk itu Anda bisa belajar berinvestasi kepada pihak-pihak yang dapat dipercaya.

Nah itu dia beberapa tips menabung, untuk itu selamat mencoba ya semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *