Beberapa Kegiatan Positif yang Baik untuk Anak Muda

Beberapa Kegiatan Positif yang Baik untuk Anak Muda

Masa muda dimana seseorang sedang dalam masa pubertas merupakan masa-masa dimana seseorang mencari jati diri, membuktikan eksistensi diri, dan masa dimana semangat meluap-luap dan ingin diperhatikan. Terkadang karena tidak diarahkan dengan baik, ada beberapa pemuda yang terlibat aksi yang tidak sehat. Seperti yang sering kita lihat di berita bahkan lihat sendiri, tak sedikit anak muda yang terlibat aksi tawuran, mabuk-mabukan, mewarnai rambut, merokok, dan aksi-aksi lain yang dinilai kurang bermanfaat. Padahal jika mereka mau banyak sekali kegiatan positif yang lebih bermanfaat untuk dilakukan.

 Beberapa Kegiatan Positif yang Baik untuk Anak Muda

Ketika mengalami kekosongan waktu, biasanya anak muda akan mencari-cari kegiatan untuk dilakukan. Terlebih di masa ini rasa ingin tahu akan hal di luaran sana sangat tinggi. Namun karena kurangnya perhatian dari orang tua yang mengarahkan didukung lingkungan pertemanan yang tidak sehat membuat seorang anak cenderung melakukan kegiatan yang negatif. Hal ini tentu memprihatinkan mengingat generasi muda merupakan generasi penerus bangsa. 

Nah, daripada nongkrong-nongkrong tidak jelas dan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat, sebaiknya masa muda digunakan untuk melakukan kegiatan positif. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti:

  • Belajar keterampilan baru.

Biasanya anak muda memiliki rasa ingin tahu serta semangat yang menggebu-gebu. Hal ini akan sia-sia jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Sebaiknya pergunakan waktu luang yang ada untuk menambah keterampilan baru. Beruntungnya banyak sekali informasi yang bisa didapatkan di sekitar kita, seperti dari internet, buku-buku, maupun media cetak. Selama hal itu positif maka tidak ada salahnya untuk dipelajari. Siapa tahu keterampilan yang dimiliki akan berguna suatu hari nanti.

  • Menekuni hobi atau kesukaan.

Hobi yang positif jika diasah atau dilatih dengan baik bisa jadi merupakan kunci kesuksesan di kemudian hari. Jika Anda hobi bermain musik, maka pergunakan waktu luang untuk berlatih atau ikut kursus pada ahlinya. Nantinya jika ditekuni, tak menutup kemungkinan akan ada peluang untuk mengukir prestasi dengan hobi yang ditekuni tersebut.

  • Bergabung dengan komunitas yang bermanfaat.

Banyak sekali komunitas yang bisa digunakan sebagai wadah untuk mengembangkan diri dan menambah pengetahuan. Ikutlah bergabung dengan komunitas yang positif tersebut. Karena dari tempat itulah nantinya akan bertemu banyak orang dengan berbagai pengalaman dan ilmu yang berguna. Selain itu tak sedikit juga komunitas bisa menjadi sarana bertukar pikiran dengan mereka yang memiliki minat atau passion yang sama.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

  • Les pelajaran gratis secara online.

Penggunaan smartphone terkadang tidak bernilai sama sekali jika hanya untuk sekedar hiburan saja, seperti bermain game, sosial media, menonton video, dll. Mulailah berpikir untuk masa depan dengan belajar yang giat. Sebaiknya pergunakan smartphone untuk kegiatan positif seperti belajar gratis dari aplikasi online yang bisa didownload gratis. Ini akan lebih bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *