Terapkan Gaya Hidup Hemat Berikut Ini Agar Kantong Sehat

Terapkan Gaya Hidup Hemat Berikut Ini Agar Kantong Sehat

Saat ini hampir sebagian besar kebutuhan hidup manusia bisa didapatkan dengan mengeluarkan sejumlah uang. Mulai dari biaya untuk makan, minum, listrik, hiburan, pendidikan, dan masih banyak lagi. Agar tidak besar pasak daripada tiang, kemampuan mengelola keuangan sangat diperlukan. Sehingga semua kebutuhan tercukupi namun kantong tidak jebol. Selain itu cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup hemat. Hidup hemat adalah gaya hidup dimana seseorang menerapkan kebiasaan untuk tidak boros atau berlebih-lebihan dalam menggunakan uang untuk mencukupi kebutuhan serta keinginannya.

 Terapkan Gaya Hidup Hemat Berikut Ini Agar Kantong Sehat

Dengan berhemat, seseorang tidak hanya akan mendapatkan manfaat untuk masa sekarang saja, bahkan bisa bermanfaat untuk masa depan. Seperti pada slogan yang mengatakan bahwa ‘Hemat Pangkal Kaya’. Karena saat seseorang berhemat, maka secara tidak langsung akan menggunakan uang yang dimiliki dengan lebih efektif dan terarah. Memang untuk menjalankan kebiasaan untuk berhemat terbilang sangat susah. Terlebih saat di awal-awal mencoba. Rasanya akan sangat menyakitkan, namun jika sudah dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama, manfaat yang didapatkan akan sangat terasa. 

Untuk menerapkan gaya hidup hemat bisa Anda mulai dengan melakukan kebiasaan sederhana berikut ini, yaitu:

  • Menerapkan gaya hidup sehat.

Kesehatan itu sangat mahal harganya. Terbukti jika kita sakit, setidaknya kita harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk pengobatan. Menerapkan gaya hidup sehat turut menjadi kunci bagi yang ingin hidup berhemat. Anda bisa melakukan olahraga dengan rutin, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan menerapkan kebiasaan sehat seperti tidur teratur, dlsb.

  • Membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Saat memiliki uang terkadang kita ingin segera membeli barang-barang tertentu. Namun yang tidak pernah kita sadari, barang tersebut termasuk dalam kategori kebutuhan ataukah hanya sekedar keinginan saja. Untuk itu penting mempertimbangkan hal ini saat akan membeli sesuatu. Prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan Anda dan kesampingkan dulu keinginan yang tidak wajib harus dipenuhi saat itu juga.

  • Menggunakan transportasi umum.

Untuk menghemat pengeluaran, Anda juga bisa menggunakan jasa transportasi umum seperti bus way untuk bepergian kemanapun. Cara ini dinilai lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi yang harus memikirkan biaya bensin, service bulanan, dlsb.

  • Menggunakan kartu kredit untuk pembelian tertentu.

Untuk berhemat, Anda juga bisa memanfaatkan promo pembelian dengan kartu kredit yang seringkali dikenakan bunga sampai 0 %. Bahkan tak sedikit juga supermarket atau toko online yang sering menawarkan diskon untuk pembelian dengan kartu kredit dari bank tertentu. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan kebutuhan Anda dengan harga yang lebih miring.

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

  • Membawa bekal makan dari rumah.

Cara ini akan menghemat pengeluaran dibandingkan harus jajan di luaran sana, baik di warung ataupun restoran. Bagi wanita, ini juga bisa digunakan untuk melatih skill memasak.

  • Menabung uang recehan sisa belanja.

Penerapan gaya hidup hemat yang lain juga bisa Anda lakukan dengan menabung. Tidak perlu memaksakan harus menabung di bank atau dengan jumlah yang besar. Uang recehan dari sisa belanjaan pun tidak mengapa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *