Cek Keuntungan dan Kekurangan dari Belanja Online Berikut Ini!

Cek Keuntungan dan Kekurangan dari Belanja Online Berikut Ini!

Belanja online memang menjadi suatu kegiatan belanja yang sangatlah menarik dan menyenangkan. Hal yang Anda butuhkan untuk berbelanja online adalah komputer, tablet, atau smartphone yang telah terhubung dengan internet. Sebagian besar transaksi melibatkan penggunaan kartu debit atau kredit, tetapi ada banyak metode pembayaran lainnya yang dapat disesuaikan antara penjual dan pembelinya.

 Cek Keuntungan dan Kekurangan dari Belanja Online Berikut Ini!

Dengan melakukan pembelian barang secara online, maka Anda pun bisa mendapatkan penawaran hebat.

Hal ini dikarenakan pengecer besar sering kali memberi harga produk lebih murah secara online daripada di toko offline. Banyak barang juga dapat dibeli dengan harga murah melalui situs lelang online, selain itu juga ada banyak kupon, dan jenis penawaran khusus lainnya yang sangat mudah untuk Anda jumpai. 

Sedangkan untuk keuntungan dari melakukan belanja online yaitu sebagai berikut:

  • Lebih mudah.

Anda dapat belanja kapan pun dan dimana pun dengan mengandalkan smartphone, laptop atau komputer untuk mencari dan melihat produk yang Anda minati.

  • Tidak ada batasan.

Anda tidak akan terbatas pada apa yang dijual atau disimpan oleh masing-masing toko. Jika suatu produk ada, maka Anda dapat membelinya sehingga hal ini akan membuat para pembeli merasa lebih nyaman.

  • Dapat menemukan barang impor dengan mudah.

Selain pasar internal, berbelanja online memberi Anda akses ke barang internasional. Jika Anda tidak dapat menemukan produk yang tepat di negara asal Anda, maka Anda dapat melihat dan menemukan barang dari luar negeri.

  • Mendapatkan informasi dengan mudah.

Anda memiliki akses mudah ke perbandingan harga dan ulasan produk yang Anda tertarik untuk membeli. Anda juga dapat dengan mudah membandingkan harga di vendor yang berbeda.

  • Mudah untuk melakukan pencatatan keluar masuknya uang.

Lebih mudah menyimpan catatan tentang apa yang telah Anda beli. Tanda terima yang dikirim lewat email seringkali lebih sulit hilang daripada versi kertas. 

Baca juga artikel menarik lainnya di gayahidupmu.com

Untuk kekurangan belanja secara online yaitu:

  1. Selalu ada penundaan waktu saat menerima pembelian Anda saat Anda harus menunggu pengirimannya.
  2. Mungkin ada potensi masalah dengan penjual saat Anda membeli secara online. Mereka dapat mendeskripsikan suatu produk dengan salah.
  3. Pengecer juga dapat menggunakan metode terkait penetapan harga produk yang dapat ditemukan oleh banyak pembeli. Misalnya, suatu produk dapat ditampilkan dengan harga tertentu secara online, hanya untuk pengiriman yang berlebihan, atau biaya lainnya, yang akan ditambahkan kemudian dalam proses pembelian.
  4. Rawan terhadap tindakan penipuan, sehingga mengharuskan Anda untuk lebih teliti dalam melakukan pembeliannya.

Itulah keuntungan dan kerugian yang dapat Anda rasakan pada saat Anda melakukan pembelian barang secara online. Namun tidak semua belanja online memberikan kerugian bagi para pembelinya, karena masih ada banyak keuntungan yang dapat diraih oleh para pembelinya. Sehingga untuk Anda yang belum pernah belanja secara online, maka jangan takut untuk mencobanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *